4 Resolusi Tahun Baru ala Milenial

SekolahNews — Salah satu cara yang umum dilakukan menjelang tahun baru atau pada awal tahun adalah membuat resolusi. Jika dirancang dengan tepat dan dilaksanakan dengan penuh komitmen, sebuah resolusi pasti akan terwujud. Bukan hanya bermanfaat bagi diri dan orang lain, terwujudnya resolusi juga akan menciptakan rasa puas.

Nah, khusus untuk generasi milenial, setidaknya ada 4 resolusi tahun baru yang menarik buat kamu lakukan. Apa aja tuh? Yuk cek di bawah sini ya gens!

Baca juga: Inspirasi 7 Milenial Sukses Bangun Startup
Berwirausaha
foto by tricastservices

Sekarang udah bukan zamannya lagi anak muda selalu menggantungkan diri pada pihak lain, terutama dalam mencari pekerjaan. Anak muda milenial cenderung lebih aktif dan partisipatif untuk menyediakan lapangan kerja. Caranya adalah dengan membangun bisnis, baik usaha rumahan maupun bisnis kreatif.

Membangun bisnis memang nggak mudah. Diperlukan sejumlah strategi marketing yang jitu serta sumber daya mumpuni untuk membuat sebuah usaha lebih berkembang. Namun, jika dilakukan dengan penuh kesungguhan, impian untuk menjadi wirausaha tentu bukan hal yang mustahil lagi.

Berinvestasi
Ilustrasi by Pixabay

Resolusi Tahun Baru ala generasi milenial adalah mulai berinvestasi. Investasi bukan hanya terkait materi, seperti uang, emas, atau properti, tetapi juga pada keahlian, pengalaman, dan waktu. Memiliki investasi jauh lebih penting dan berguna untuk jangka panjang daripada hanya sekadar menjalani hidup yang konsumtif.

Anak muda zaman sekarang sudah waktunya melek investasi, mulai dari yang paling sederhana hingga yang berisiko tinggi. Namun, ada baiknya investasi dimulai dengan penuh pertimbangan dan nggak terburu-buru.

Zero Waste
(doc: canyonchoes.org)

Saat ini, gempuran iklan konsumtif semakin ramai. Berbanding lurus dengan keadaan itu, tingkat produksi sampah, baik pribadi maupun rumah tangga, pun semakin tinggi. Sadar nggak sadar, lingkungan sekitar sudah mulai tercemar karena manusia abai dalam mengelola sampah yang dihasilkan setiap hari.

Nah, anak muda milenial yang peduli lingkungan tentu perlu turun tangan, ya nggak Joyfriends? Mulailah dengan melakukan proyek-proyek pribadi yang berhubungan dengan konsep zero waste. Resolusi yang satu ini mengedepankan prinsip hidup sederhana, minim sampah, dan konsep recycle.

Lebih Mandiri
Ilustrasi by Pixabay

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang sangat patuh pada otoritas di dalam keluarga, generasi milenial lebih bebas dalam mengekspresikan diri. Orang tua juga semakin terbuka dengan perbedaan pendapat dan prinsip seiring semakin mandirinya anak-anak, baik dari sisi mental maupun finansial.

Baca juga: 10 Profesi Impian Milenial, Gaji Oke Tingkat Stres Rendah

Nah, resolusi Tahun Baru yang bisa menjadi ide bagi generasi milenial adalah melakukan sebuah aksi yang menunjukkan kemandirian. Salah satu contohnya, mandiri secara finansial.

Ada juga yang melakukannya dengan mulai berani hidup tanpa dukungan orang tua, misalnya memutuskan untuk sewa kost atau rumah sendiri. Supaya aman dan praktis, Kamu dapat mencari pilihan rumah sewaan di Orento, platform sewa-menyewa properti dalam jangka panjang.

Nah, itulahlah 4 resolusi tahun baru yang menarik untuk dicoba oleh generasi milenial. Resolusi kamu sendiri apa nih di tahun 2020 ini?

Sumber: Joy Pixel