Kuliah dengan Biaya Sendiri? Bisa kok

SekolahNews — Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan sebuah cara untuk meraih masa depan yang lebih baik. Belum lagi kalau kamu memilih untuk kuliah dengan biaya sendiri. Bukan cuma menimbulkan rasa bangga, tapi di saat yang sama kamu juga jadi belajar mengatur keuangan.

Sebenarnya merupakan hal yang lumrah kalau seorang mahasiswa mengandalkan pembiayaan kuliah dari orang tua. Namun, ada kalanya dalam keadaan tertentu kita harus berupaya membiayai kuliah sendiri. Hal ini tidak mudah dilakukan, tapi tidak juga mustahil untuk dijalani.

Baca juga: Daftar kampus kedinasan dibawah Kementerian dan Lembaga

Harus diakui bahwa biaya kuliah relatif mahal. Ini yang membuat banyak orang kesulitan menjalaninya. Dana pembiayaan kuliah bisa dicari asalkan mau serius memburunya. Setiap orang bisa kuliah dengan biaya sendiri dengan menjalani beberapa hal berikut ini:

MELAKUKAN PERENCANAAN

Kuliah dengan biaya sendiri tentunya membutuhkan perencanaan matang. Persiapan ini bisa diawali dengan menentukan kampus dan jurusan yang dituju. Hal ini penting supaya mahasiswa bisa segera mencari informasi biaya yang dibutuhkan dan menyusun anggarannya.

Biaya kuliah di setiap kampus bisa berbeda. Begitu pula ketika dipersempit ke setiap jurusan. Dana yang diperlukan tidak sama karena terkait dengan berbagai hal seperti jenis tugas atau laboratorium praktik.

Kalau sudah tahu persis perguruan tinggi beserta jurusannya, kamu jadi bisa menghitung biaya yang diperlukan. Cari informasi sedetail mungkin. Pertimbangkan juga biaya hidup jika memilih kuliah di luar area domisili saat ini.

Perencanaan membuat kamu mengetahui langkah yang diperlukan. Jadi, apabila merasa keberatan membiayai perkuliahan di suatu perguruan tinggi, kamu dapat segera mencari alternatifnya.

Selain perguruan tinggi negeri dan swasta, kamu juga bisa memilih kampus dengan ikatan dinas. Perguruan tinggi ini biasanya didirikan oleh lembaga pemerintah. Nanti setelah lulus mahasiswa akan langsung bekerja di instansi yang mendirikannya.

Biasanya kuliah dengan ikatan dinas ini membutuhkan biaya yang lebih rendah dari perkuliahan biasa. Bahkan, tak jarang kuliahnya gratis. Dengan begitu, kamu bisa menjamin pendanaannya secara mandiri.

MEMPERSIAPKAN PENDANAAN

Mahalnya biaya masuk perguruan tinggi di Indonesia membuat banyak calon mahasiswa ketar-ketir mencari sumber dana. Apalagi jika mereka harus kuliah dengan biaya sendiri.

Baca juga: Mau Kuliah Online? Ini yang Perlu Diketahui

Sebagai solusinya, kamu bisa memilih atau memadukan langkah-langkah berikut ini:

1. Mencari beasiswa

Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang ingin kuliah dengan biaya sendiri adalah mencari beasiswa. Dengan memperoleh beasiswa, diasumsikan mahasiswa akan mendapat dukungan pendanaan kuliah, baik beasiswa penuh, sebagian, maupun mencakup biaya hidup.

Banyak sekali pilihan beasiswa yang bisa diperoleh. Perguruan tinggi, lembaga pemerintah, hingga berbagai organisasi swasta sering menyediakannya. Kamu hanya perlu giat mencari informasi.

Kalau informasi sudah diperoleh, kamu bisa mulai bersiap-siap untuk mendaftarkan diri. Tentu saja ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa. Inilah manfaatnya mempersiapkan kuliah sejak jauh-jauh hari. Kamu jadi punya kesempatan untuk mematangkan persiapan, termasuk dalam meraih beasiswa.

2. Bekerja part-time atau freelance

Beasiswa bisa menjadi solusi bagi mahasiswa yang ingin kuliah dengan biaya sendiri. Namun, tidak banyak jenis beasiswa yang mencakup pembiayaan kuliah seratus persen sehingga kamu dituntut untuk mencari sumber pendanaan lain. Salah satu caranya adalah mencari pekerjaan.

Ada banyak kesempatan kerja yang sifatnya part-time atau freelance sehingga tidak mengganggu kuliahSedikit atau banyak, gaji yang didapat akan bermanfaat untuk membiayai kuliah yang dijalani. Kamu juga jadi belajar caranya bertanggung jawab sebagai seorang pekerja sekaligus mahasiswa, serta terlatih untuk mengelola waktu dengan baik.

3. Berwirausaha

Sumber penghasilan tidak hanya dari gaji. Kamu juga bisa mendapat penghasilan untuk membantu pembiayaan kuliah dengan cara menjalankan wirausaha.

Jenis wirausaha yang dapat dilakukan beragam. Kamu bisa memilih yang bermodal rendah atau yang tidak memerlukan permodalan sama sekali. Perkembangan teknologi memungkinkan hal tersebut dilakukan.

Jika kamu merasa ragu karena belum punya pengalaman, kamu bisa memanfaatkan koneksi atau kenalan untuk berkolaborasi menjalankan usaha pertamamu.

Baca juga: Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Sesuai Minat dan Bakat

Kunci penting dalam menjalankan bisnis adalah jeli untuk melihat peluang dan memilih jenis usaha yang tepat. Kamu dapat menentukannya dengan melihat kondisi sekitar dan apa yang dibutuhkan. Dari pengamatan tersebut kamu akan mengetahui bisnis yang cocok dijalani sembari kuliah.

4. Memanfaatkan pinjaman pendidikan

Masih ada solusi lain bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah dengan biaya sendiri. Pinjaman pendidikan yang kini hadir sebagai cara baru pembiayaan kuliah dapat kamu manfaatkan. Dengan pinjaman pendidikan, mahasiswa bisa memperoleh dana pembiayaan kuliah seratus persen.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk kuliah dengan biaya sendiri. Dengan begitu, tak ada lagi alasan untuk mengubur cita-cita berkuliah di kampus impian!