Mengenal Eating Clean, Gaya Hidup Sehat untuk Milenial

SekolahNews — Gaya hidup sehat semakin digandrungi masyarakat, terutama generasi milenial. Salah satunya memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat serta memanfaatkan kandungan didalamnya secara alami atau di kenal dengan istilah Eating Clean.

Dikutip dari Okezone, (15/11/2019), Istilah eating clean yang diterapkan oleh penulis buku Eating Clean, Inge Tumiwa Bachrens misalnya.

Eating clean atau pola makan bersih merupakan pola makan yang mengonsumsi makanan alami tanpa bahan tambahan dan tidak banyak diproses seperti sayuran, buah, protein nabati, kacang-kacangan serta minyak sehat.

Baca juga: Jika Milenial Dipaksa Diet, Ini Resikonya

“Pola makan eating clean itu prinsipnya alami kaya zaman dulu. Tetap makan 3 kali utama. Prinsip eating clean itu dasar. Eating clean lebih banyak bersinggungan paleo dan mediterania,” kata Inge.

Dalam menerapkan eating clean, penting untuk mengetahui asal bahan pangan tersebut. Misalnya, bagaimana ayam diternak atau bagaimana sayur tersebut ditanam.

Buah yang ditanam secara organik (Image by lumix2004 from Pixabay)

Pasalnya, mengonsumsi sayuran yang ditanam dengan bahan tambahan seperti pestisida tentunya akan mempengaruhi kesehatan.

“Saya belajar lebih dalam bahan pangan asalnya dari mana, biar saya nggak salah pilih bahan makanan. Pertaniannya seperti apa, diternaknya seperti apa. Jadi penting untuk mengetahui ada pestisidanya apa nggak, apa itu pestisida, kita harus tahu efeknya apa,” ujar Inge.

Inge menjelaskan, makanan sehat merupakan makanan organik. Sebab dengan mengonsumsi makanan dalam bentuk paling alami, otomatis asupan vitamin, mineral dan zat-zat penting yang terkandung dalam makanan tersebut tidak akan hilang dan tetap bisa dikonsumsi tubuh.

“Pilihan terbaik makanan sehat itu memang ada di makanan organik. Sekarang banyak ko petani organik tanpa suplay ke supermarket. Kita sekarang bisa cari itu dengan mudah. Kalo kita bilang harga kangkung organik mahal, itu wajar karena bandingkan dengan penyakit tentunya sangat mahal. Jadi ini investasi untuk masa depan,” jelasnya.

Baca juga: Ini Alasan Remaja Zaman Now Rentan Alami Rambut Rontok
Rajin Olahraga dan Hindari Rokok
Olahraga yang teratur (dok. Tarq Cup)

Selain menerapkan eating clean, Ingi juga mengingatkan untuk rajin berolahraga dan hindari rokok. Sementara hasil dari menerapkan eating clean, Inge dan keluarganya bisa kembali hidup sehat dan terbebas dari berbagai penyakit mematikan yang sebelumnya pernah diderita tanpa obat-obatan.

“Saat kita milih pola makan yang benar, kita berhenti merokok. Kalo kita dinas diluar kota dan cari saja makanan yang lumayan sehat. Misal ada soto ayam kampung, pilih soto ayam kampung dengan banyakin tauge dan kol dan sedikit nasi. Pas dirumah, saya kembali lagi makan makanan masakan saya,” paparnya.

Sedangkan hasil dari eating clean tergantung dari kondisi tubuh masing-masing. “Berbeda-beda. Perubahan kita nggak 100 derajat berbalik tapi pelan-pelan. Tubuh perlu waktu lama untuk perbaiki yang rusak,” tandasnya.