Pelajar Asal Bandung Raih Perak di Olimpiade Matematika Internasional

SekolahNews — Pelajar Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dikancah internasional. Adalah Aufan Ahmad Mumtaza, siswa kelas VI Al Irsyad Satya Islamic School, Padalarang, Bandung Barat berhasil meraih prestasi silver medal bidang matematika pada ajang Olimpiade Matematika dan Sains Internasional, The 16 th International Mathematics and Science Olympiade (IMSO) 2019 di Hanoi, Vietnam.

Dikutip dari ayobandung.com, Ajang bergengsi bagi siswa berprestasi ini berlangsung dari tanggal 26 November sampai 1 Desember 2019. Aufan berhasil mengungguli peserta dari 24 negara, sseperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, Singapura, China, India, Laos, Filipina, Iran, Malaysia juga tuan rumah Vietnam.

Baca juga: Juarai Kompetisi Pangan Internasional Berkat Es Puter

Aufan terbang ke Hanoi menjadi duta Indonesia setelah meraih medali emas bidang matematika pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 tingkat Sekolah Dasar di Yogyakarta, Agustus 2019 lalu.

Prestasinya berlanjut di ajang Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI) se-Indonesia ke-4 yang digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Aufan sukses mempersembahkan medali emas dan 1 Trophy Best Overall di Auditorium Toyib Hadiwijaya, Fakultas Pertanian, IPB Dramaga Bogor, 1 September 2019.

“Alhamdulillah, pelajar asal Kabupaten Bandung Barat meraih prestasi membanggakan di tingkat internasional. Diharapkan ke depan ada potensi potensi lain di Bandung Barat yang bisa berprestasi seperti ananda Aufan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin melalui sambungan telepon, Minggu (1/12/2019).

Baca juga: Juara Olimpiade karena Obat Kanker dari Kayu Khas Tanah Dayak

Menurutnya, prestasi yang diraih Aufan dapat menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya bahwa prestasi dapat diraih oleh siapa saja yang berupaya dengan gigih dengan tetap mengedepankan nilai-nilai pendidikan karakter seperti nasionalisme, kemandirian dan sportivitas.

“Saya berharap prestasi Aufan dapat menginspirasi teman-temannya untuk berprestasi di bidangnya masing-masing,” tukasnya.

Selamat Aufan!

sumber: ayobandung.com