Penting Nggak Sih Ikut Organisasi Sekolah?

Sumber:sman1pagelaran.sch.id

SekolahNews – Organisasi siswa resmi di sekolah seperti OSIS, MPK, dan ekstrakulikuler memegang peranan penting dalam menggerakan roda kegiatan siswa dan kemajuan sekolah. Banyak sekolah menjadi terkenal karena kegiatan organisasi, seperti menjuarai kompetisi, berhasil membuat event, dan lain-lain.

Tapi kenapa banyak teman-teman kita yang tidak mau ikut kegiatan ini (kecuali wajib) ? Alasannya macam-macam, seperti malas, buang waktu, capek, dan sebagainya.

Menjadi anggota organisasi memang cukup melelahkan karena biasanya ada rapat berkala, rapat perencanaan kegiatan, rapat evaluasi kegiatan, latihan bersama dan kesibukan lainnya yang akan membuat capek.

Baca juga: Sekolah ini Gunakan E-Voting pada Pemilihan Pengurus OSIS

Beberapa hal penting  ikut kegiatan organisasi di sekolah:

1.Pembentuk karakter

Berorganisasi berarti kita berinteraksi dengan anggota lainnya dan perbedaan pendapat pun sering terjadi terutama dalam rapat. Perbedaan pendapat atau perkara lainnya terkadang tak dapat terhindarkan menjadi sebuah ‘permasalahan internal’. Sifat masing – masing orang pun dapat menimbulkan masalah dalam organisasi. Ego yang tinggi, emosional, manja, angkuh/sombong, keras kepala, dan sifat lainnya yang masih ‘terbawa’ dari lingkungan diluar,

Disinilah kita ditempa sebagai anggota organisasi profesional. Oleh berbagai tuntutan yang ada, kita belajar mengesampingkan ego kita, belajar memahami, saling menghormati, memperbaiki penampilan agar lebih rapi, memperbaiki cara bertutur kata, belajar memegang tanggung jawab dan disiplin, belajar menjalankan kewajiban dan hak dengan benar, belajar menerima kritik, dan bagaimana bersikap bijak dan kritis.

2. Belajar berorganisasi

“Pengalaman adalah guru terbaik” dapat menggambarkan mengapa pentingnya masuk organisasi. Secara teori mungkin kita mengetahui apa saja kewajiban dan hak tiap – tiap keanggotaan organisasi, tapi tanpa ‘terjun’ ke lapangan semua itu kurang begitu berarti. Bekal dari pengalaman berorganisasi adalah hal yang penting entah dalam kehidupan sehari – hari, dunia pekerjaan, politik, maupun untuk berwirausaha. Dalam berorganisasi kita memiliki identitas baru sebagai seorang keanggotaan organisasi dengan jabatan tertentu. Kita belajar bagaimana menjadi seorang yang profesional pada bidang kita.

3. Mengembangkan kreatifitas

Menjadi keanggotaan organisasi berarti kita dipacu dan belajar menjadi seorang yang kreatif dan inovatif. Banyak hal yang dalam organisasi yang akan mengembangkan kreatifitas kita, salah satunya adalah menyelenggarakan sebuah event. Dalam hal ini kita belajar bagaimana caranya agar event tersebut dapat menarik perhatian siswa dan juga bermanfaat. Kita belajar untuk menciptakan inovasi – inovasi program acara macam apa yang harus dibuat agar terlihat menarik, bagaimana memancing antusiasme peserta dan lainnya.

Baca juga: Sobat OSIS, Bikin Kegiatan Kece Kuys!
4. Memperluas jaringan sosial

Ikut organisasi berarti kita akan banyak mengenal orang lain. Memiliki banyak teman, berarti kita meningkatkan kualitas dan luas lingkup sosial kita. Semakin luas lingkup sosial kita, kita semakin memiliki kualitas hidup yang lebih baik, lebih mudah mencari bantuan, menambah wawasan, meningkatkan popularitas, dan mendapat pengalaman dari teman – teman berbagai latar belakang, karakter, kekurangan/kelebihan, dan rentang umur yang berbeda – beda.

5. Pertimbangan untuk mendaftar kuliah, beasiswa, dan melamar kerja

Pengalaman anda dalam berorganisasi akan membuat anda lebih unggul dari yang lain, karena dalam berorganisasi bukan sekedar mengenai tugas dan kewajiban, tapi banyak hal lain yang lebih kompleks seperti karakter dan profesionalitas. Begitu juga di dunia pekerjaan. Melamar menjadi salah satu posisi pada perusahaan artinya kamu juga siap untuk menjadi bagian dari organisasi perusahaan itu. Oleh karena kamu telah memiliki pengalaman berorganisasi, maka kamu tidak akan kaget mengahapi kegiatan organisasi.Selain itu, saat interview dengan HRD akan ditanya beberapa pertanyaan umum mengenai pengalaman kerja dan pengalaman berorganisasi. Disitu lah anda akan menjelaskan kegiatan organisasi apa yang telah anda geluti dan seberapa lama anda telah berorganisasi. Disitu lah anda mendapat nilai lebih dari pelamar lainnya ketika mereka tidak memiliki pengalaman berorganisasi.

6. Membuka wawasan dan pengalaman

Beragam kegiatan yang dilakukan di organisasi akan membuat wawasan kita terbuka terhadap hal-hal yang mungkin sebelumnya belum pernah kita ketahui.

Karena selalu dihadapkan dengan sesuatu yang baru, hal tersebut juga tentunya akan menambah pengalaman kita dalam menangani hal yang sama di waktu yang akan datang.

Jadi, masih ragu menjadi anggota organisasi ? banyak ruginya lho kalau nggak ikut.