Pertandingan Natal NBA 2019

SekolahNews — Tahun ini menandai edisi ke-72 pertandingan Natal NBA. NBA memulai pertandingan Natal pada 1947, bertepatan dengan musim kedua liga.

NBA akan menyelenggarakan lima pertandingan Natal untuk ke-12 kali, secara berturut-turut.

ESPN dan ABC bekerja sama untuk menayangkan kelima pertandingan tersebut. Kedua saluran TV tersebut akan menampilkan laga antara LA Clippers dan Los Angeles Lakers. Penggemar Indonesia dapat menyaksikan pertandingan ini di Vidio.com.

Baca juga: 2020 DKI Jakarta Terapkan Kurikulum Basket di Sekolah

Radio ESPN akan menyiarkan dua pertandingan: Houston Rockets saat bertandang ke Golden State Warriors dan LA Clippers saat berkunjung ke Los Angeles Lakers.

Empat dari lima pertandingan tersebut akan menjadi pertemuan perdana para tim pada hari Natal, kecuali laga antara LA Clippers dan Los Angeles Lakers. Ini adalah pertandingan Natal keempat untuk keduanya.

Toronto Raptors akan menjadi tuan rumah pertandingan Natal untuk kali pertama dan bermain selama musim liburan untuk kali kedua. Raptors pertama kali bermain pada hari Natal pada 2001 saat bertandang ke New York Knicks.

Philadelphia 76ers akan menjadi tuan rumah pertandingan Natal untuk kali pertama sejak 1988.

Denver Nuggets akan menjadi tuan rumah pertandingan Natal untuk kali pertama sejak 1994.

Los Angeles Lakers (23-22) menjadi tim dengan kemenangan terbanyak pada hari Natal.

Los Angeles Lakers akan bermain pada hari Natal untuk ke-21 kali, secara berturut-turut.

Daftar nama pemain untuk pertandingan Natal menampilkan 28 pemain yang pernah meraih gelar All-Stars. Mereka tergabung dalam daftar 109 pemain untuk seleksi All-Star.

Tahun ini, tiga pemain “NBA All-Stars 2019” akan tampil untuk pertandingan Natal pertama mereka: Nikola Jokić dari Denver Nuggets, Kyle Lowry dari Toronto Raptors dan Kemba Walker dari Boston Celtics. 

LeBron James dari Los Angeles Lakers akan bermain untuk kali ke-14 pada hari Natal, membawanya ke posisi kedua dalam sejarah NBA. Kobe Bryant memegang rekor bermain di pertandingan Natal terbanyak dengan 16 pertandingan.

LeBron James berada di peringkat ketiga dalam daftar pencetak angka (scoring) pertandingan Natal dengan 338 poin, di bawah Kobe Bryant, yang berada di peringkat pertama dengan 395 poin, dan Oscar Robertson, yang berada di peringkat kedua dengan 377 poin. Sementara itu, James berada di peringkat kedua dalam hal assist dengan total angka 87, di bawah Robertson, yang mencetak angka 145.

Dwyane Wade menjadi pemain pertama dengan jumlah kemenangan terbanyak (10) sepanjang masa pada pertandingan Natal, unggul satu angka dari LeBron James.

Tahun ini merupakan perayaan ke-35 rekor 60 poin yang diciptakan Bernard King di pertandingan Natal bersama New York Knicks di New Jersey Nets pada 1984.

Bernard King adalah satu dari tiga pemain yang mencetak sedikitnya 50 poin pada pertandingan Natal. Dua pemain lain adalah Wilt Chamberlain, yang mencetak 59 poin bersama Philadelphia Warriors di New York Knicks pada 1961, dan Rick Barry, yang mencetak 50 poin bersama San Francisco Warriors di Cincinnati Royals pada 1966.

Baca juga: NBA dan Pemerintah Jawa Tengah Kolaborasi Kembangkan Basket

Enam pemain mencetak triple-double pada pertandingan Natal. Mereka adalah Draymond Green pada 2017, Russell Westbrook pada 2013, LeBron James pada 2010, Billy Cunningham pada 1970, John Havlicek pada 1967 and Oscar Robertson pada 1960, 1961, 1963 dan 1967. 

Eric Gordon dari Houston Rockets merayakan ulang tahun ke-31 pada hari Natal.

Tracy McGrady, yang masuk dalam jajaran Hall of Fame, memiliki rata-rata 43,3 poin pada pertandingan Natal, rata-rata tertinggi bagi pemain yang telah ikut dalam dua atau lebih pertandingan yang berlangsung pada 25 Desember. McGrady mencetak sedikitnya 40 poin dalam tiga pertandingan.  

Alur Pertandingan
Boston Celtics melawan Toronto Raptors (26 Desember, 00.00 WIB; NBA League Pass)
  • Toronto akan menjadi tuan rumah pertandingan Natal untuk kali pertama. Raptors hanya pernah tampil satu kali pada pertandingan Natal, yaitu pada 2001 di New York.
  • Ini adalah pertandingan Natal pertama untuk pemain Toronto Raptors, Pascal Siakam, yang secara terus-menerus menunjukkan kemajuan dan gaya permainan sekelas MVP pada musim ini.  Ia siap dipilih sebagai pemain All-Star untuk kali pertama untuk musim ini.
  • Pemain Boston Jayson Tatum, 21 tahun, dan Jaylen Brown, 23 tahun, akan bersaing untuk menjadi pemain yang pertama kali mengikuti seleksi All-Star
  • Pemain Toronto Fred VanVleet juga mulai menghasilkan beberapa sensasi All-Star – indikasi lain bagaimana guard lepas setinggi 1,8 meter itu telah mematahkan berbagai ekspektasi. VanVleet memimpin NBA dalam hitungan menit per pertandingan hingga 3 Desember 2019.
  • Pertandingan Natal pertama untuk dua point guard All-Star, pemain Toronto Kyle Lowry dan pemain Boston Kemba Walker.
  • Raptors (Kawhi Leonard) dan Celtics (Kyrie Irving) berhasil mengatasi dampak dari kepergian pencetak angka terbanyak All-Star mereka di luar musim pertandingan untuk tetap menjadi pesaing di Wilayah Timur.  
  • Ini adalah dua dari tim dengan pertahanan terbaik di NBA, sebuah prestasi yang telah mereka pertahankan selama beberapa tahun.
  • Raptors, seperti tim NBA lain, telah memetik banyak manfaat dari NBA G League. Nick Nurse adalah satu-satunya orang yang menjadi kepala pelatih untuk tim yang meraih gelar juara di NBA dan NBA G League. Pascal Siakam dan Fred VanVleet telah mengembangkan permainan mereka di liga minor resmi NBA. Chris Boucher, peraih gelar MVP NBA G League 2018-2019 dan Defensive Player of the Year, menampilkan permainan mengesankan bersama Toronto musim ini.
Milwaukee Bucks melawan Philadelphia 76ers (26 Desember, 02:30 WIB; NBA League Pass)
  • Philadelphia akan menjadi tuan rumah pertandingan Natal untuk kali pertama sejak tahun 1988.
  • Pertemuan pertama musim ini. Kedua tim bertemu empat kali di TV nasional pada musim ini.
  • Persaingan semakin ketat di antara dua pesaing Wilayah Timur. Beberapa pertandingan sudah mulai memanas.
  • Berdasarkan hasil awal musim Milwaukee Bucks (termasuk 12 kemenangan berturut-turut hingga 3 Desember 2019), sebuah musim reguler terbaik bagi tim tersebut. Bucks memenangkan 66 pertandingan (66-16), yang merupakan rekor tim pada 1970-71.
  • Pemegang gelar MVP NBA saat ini, Giannis Antetokounmpo, bahkan bermain dengan lebih baik dari musim lalu. Dia diprediksikan akan bergabung dengan Wilt Chamberlain dan Elgin Baylor sebagai pemain yang memiliki rata-rata 30 ppg/13 rpg/5 apg dalam semusim. Selain itu, tembakan tiga angkanya pun kini semakin baik.
  • Musim lalu, Giannis Antetokounmpo memiliki rata-rata 43,0 ppg/15,7 rpg/7,7 apg dalam tiga pertandingan melawan Philadelphia. Dia mencetak angka tertinggi dengan 52 poin saat melawan 76ers pada 17 Maret 2019.
  • Musim lalu, pemain Philadelphia Joel Embiid memiliki rata-rata 34,7 ppg/15,7 rpg/8,3 apg dalam tiga pertandingan melawan Milwaukee. Dia mencetak triple-double luar biasa dengan 34p/13r/13a melawan Bucks pada 4 April 2019.
  • Pemain Philadelphia Tobias Harris memulai karirnya dengan Milwaukee sebagai pemain terpilih urutan (pick) ke-19 dalam NBA Draft 2011. Dia kemudian dikirim (mengalami trade) ke Orlando saat musim keduanya. 
  • Pemain Milwaukee Kyle Korver memulai karirnya di Philadelphia sebagai pemain terpilih urutan (pick) ke-51 dalam NBA Draft 2003 dan menghabiskan empat musim lebih bersama 76ers. Korver adalah satu dari tiga pemain aktif dari seleksi angkatannya, bersama LeBron James dan Carmelo Anthony. Dia adalah pencetak tiga angka terbanyak ke-4 dalam sejarah NBA.
  • Philadelphia tidak terkalahkan di kandang hingga 3 Desember 2019
Houston Rockets melawan Golden State Warriors (26 Desember, 05.00 WIB; NBA League Pass)
  • Ini adalah pertemuan Natal pertama di antara pesaing Wilayah Barat.
  • Houston dan Golden State pernah bertemu di babak playoff  dalam empat dari lima tahun terakhir.
  • James Harden mencetak rata-rata sekitar 40 poin. Wilt Chamberlain adalah satu-satunya pemain dalam sejarah NBA yang memiliki sedikitnya rata-rata 40 ppg dalam semusim. (Wilt adalah satu-satunya pemain dengan rata-rata lebih dari 38,25 ppg).
  • Pemain Houston Clint Capela menikmati musim sekaliber All-Star. Pemain center Swiss ini mencetak setidaknya 19 rebound dalam delapan pertandingan berturut-turut hingga 3 Desember 2019.
  • Pemain Golden State Draymond Green dan pemain Houston Russell Westbrook adalah dua dari enam pemain yang mencatatkan triple-double saat Natal. Mereka mencetak triple-double Natal terbanyak – Green pada tahun 2017 dan Westbrook pada tahun 2013.
  • Pemain Houston Eric Gordon merayakan ulang tahun ke-31 pada hari Natal. (Dia kemungkinan akan melewatkan pertandingan karena sedang dalam pemulihan dari cedera lutut.) Dia adalah satu-satunya pemain dalam daftar pemain NBA yang merayakan ulang tahun saat Natal.
  • Pemain Golden State Eric Paschall adalah salah satu pemain rookie terbaik NBA meski tidak terpilih hingga urutan ke-41 dalam NBA Draft 2019. Hingga 3 Desember 2019, dia telah mencetak lebih banyak poin dibandingkan dengan pemain lain di kelasnya.
LA Clippers melawan Los Angeles Lakers (26 Desember, 08.00 WIB; Vidio.com)
  • Diprediksi menjadi pertemuan pertama antara LeBron James, Anthony Davis, Kawhi Leonard dan Paul George (George melewatkan pertandingan Clippers di musim pembukaan, yang menang melawan Lakers).
  • Persaingan antarkota semakin memanas karena ini adalah kali pertama sejak Clippers bertandang ke Los Angeles pada 35 tahun lalu, dimana keduanya bermain dengan baik pada musim sama. 
  • Clippers unggul 24-5 melawan Lakers dalam 29 pertemuan terakhir sejak musim 2012-13.
  • LeBron James dan Paul George sudah tidak bertanding melawan satu sama lain sejak musim 2017-18.
  • Lakers adalah tim NBA dengan kemenangan terbanyak pada hari Natal (rekor 23-22)
  • Lakers akan bermain pada hari Natal untuk ke-21 kali, secara berturut-turut.
  • Ini akan menjadi pertandingan Natal ke-14 untuk LeBron James. Satu-satunya pemain yang unggul darinya dengan lebih banyak pertandingan adalah Kobe Bryant (16).
  • Pada Natal, LeBron James bisa memiliki selisih 12 pertandingan untuk mengalahkan Kobe Bryant dari posisi ketiga dalam daftar skor NBA sepanjang masa. Dia diprediksi untuk mengalahkan Kobe sejak pertengahan hingga akhir Januari.
  • Jika dia bermain di setiap pertandingan pra-Natal dan mempertahankan rata-ratanya saat ini, LeBron James bisa mencatatkan assist sebanyak 9.000 selama karirnya pada Natal. Dia akan menjadi pemain kesembilan dengan pencapaian tersebut.
  • LeBron James telah memenangkan sembilan pertandingan Natal, satu angka di bawah rekor Dwyane Wade (10). 
  • Lou Williams dari Clippers bermain hampir selama dua musim penuh dengan Lakers sebelum dijual ke Houston pada Februari 2017. Dia kemudian dijual ke Clippers dalam kesepakatan Chris Paul. Dia meraih penghargaan “Sixth Man Award” dalam dua musim pertamanya dengan Clippers dan bersaing untuk gelar ketiga berturut-turut musim ini.
  • Ivica Zubac menikmati salah satu permainan terbaik dalam karirnya pada Natal musim lalu dengan mencetak 18 poin dan 11 rebound, membantu Lakers mengalahkan Warriors. Lakers menjual pemain center Kroasia itu ke Clippers beberapa minggu kemudian. Zubac sekarang menjadi pemain tengah inti Clippers.
New Orleans Pelicans melawan Denver Nuggets (26 Desember 10:30 WIB; NBA League Pass)
  • Denver menjadi tuan rumah pertandingan Natal untuk kali pertama sejak 1994
  • Pertandingan Natal pertama bagi pemain inti muda Nuggets dalam All-Star 2019 Nikola Jokic serta guard Jamal Murray dan Gary Harris. Pemain All-Star empat kali, Paul Millsap, juga tidak pernah bertanding saat Natal. 
  • Status Zion Williamson yang dipilih oleh Pelicans dengan nomor urut pertama, diragukan untuk hadir selama All-Star akibat cedera lutut, yang membuatnya absen bertanding sepanjang musim ini.
  • Pemain rookie Zion Williamson dari New Orleans dan Michael Porter Jr dari Denver sama-sama menempati peringkat kedua secara nasional di kelas rekrutmen masing-masing (Williamson pada 2018 dan Porter pada 2017). Cedera yang dialami Porter membuatnya absen dari NBA sepanjang musim 2018-19 dan membuat Williamson terpinggir pada awal musim ini. Keduanya merupakan prospek menarik.
  • Pemain Denver Jamal Murray dan pemain New Orleans Brandon Ingram, keduanya berusia 22 tahun, sedang berada di puncak ketenaran pada musim keempat mereka setelah masuk tujuh besar dalam NBA Draft 2016. 
  • Denver adalah contoh baik bagi New Orleans. Nuggets membentuk tim dengan merekrut dan mengembangkan Nikola Jokic, Jamal Murray dan Gary Harris. Pelicans juga akan melakukan hal sama, seperti pada putaran pertama tahun 2019, dengan memilih Zion Williamson, Jaxson Hayes dan Nickeil Alexander-Walker (bersama dengan pemain yang diperoleh dari pertukaran (trade) dengan Anthony Davis).
  • Jamal Murray dan rookie New Orleans Nickeil Alexander-Walker sama-sama berasal dari Ontario, Kanada. 
  • Pemain New Orleans JJ Redick telah bertanding sebanyak sembilan kali pada pertandingan Natal, membuatnya menjadi salah satu dari tiga pemain paling aktif. Dua pemain aktif lain adalah LeBron James (13) dan Udonis Haslem (9).