PPJ: Ciptakan Suasana Sekolah di Rumah

SekolahNews — Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi virus corona menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Kreativitas dan inovasi orang tua sangat diperlukan.

Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang panjang ini seringkali membuat sang anak merasa sedang liburan.

Kepala Sekolah Sampoerna Academy, Frida Dwiyanti, menyarankan para orang tua berinovasi dalam memfasilitasi belajar anak. Misalnya, dengan cara menciptakan suasana sekolah di dalam rumah.

Baca juga: 5 Cara Mempersiapkan Generasi Gerdas Digital

“Kita tetap minta disiplin untuk bangun, kita siapkan sarapannya,” kata Frida dalam konferensi video di Jakarta seperti dilaporkan Medcom.id.

Frida menuturkan orang tua juga harus mengubah cara pandang anak agar tak beranggapan masa belajar di rumah sebagai liburan. Caranya, bisa dilakukan dengan meminta anak tidak melakukan aktivitas belajar virtual di atas tempat tidur.

“Saya sarankan virtual school jangan dilakukan di tempat tidur. Karena mereka bisa tidak fokus dan malah tertidur,” ujarnya.

Penyediaan akses seperti internet, komputer jinjing, maupun gawai juga tak boleh luput. Bahkan, tempat belajar anak belajar pun bisa diatur sedemikian rupa.

Baca: 4 Langkah Mudah Memupuk Kreativitas Anak

“Kita siapkan tempat belajarnya, meja yang nyaman, dan juga terang,” kata dia.

Frida meyakini pengaturan suasana belajar ini akan membuat anak terbiasa dengan kelas yang dia ikuti. Anak akan paham belajar di rumah serupa dengan sekolah.

“Jadi tidak lagi merasa liburan, dan kita bisa lihat terus perkembangannya dan dia mulai mengerti. Apa lagi ini sudah masuk minggu ke lima ya,” ucap Frida.