Siap-Siap! Pendaftaran MAN IC dan Madrasah Kejuruan Dibuka Pekan Depan

SekolahNews — Buat kamu yang ingin sekolah di Madrasah, mulai pekan depan Kementerian Agama membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruaan Negeri (MAKN) untuk tahun pelajaran 2020.

Direktur Kurikulum Saranan Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A. Umar pmengatakan, pendaftaran akan dibuka secara online. Ada dua tahap pendaftaran, yakni jalur reguler dan jalur prestasi.

Baca juga: Sistem Zonasi Tetap Diberlakukan di PPDB 2020, Tapi…

Jalur reguler yang akan dibuka 13 Januari hingga 4 Februari 2020. Adapun jalur prestasi dibuka lebih singkat yaitu mulai 13 Januari hingga 1 Februari 2020.

“ Untuk mewujudkan madrasah hebat dengan seleksi benar, yang dikelola secara baik dan jujur dengan penilaiannya yang apa adanya,” kata Umar, di Jakarta, Selasa, 7 Januari 2020.

Tahapan selanjutnya dari pendaftaran ini yaitu seleksi berkas di 20 Januari hingga 8 Februari 2020. Seleksi berkas pengumuman jalur prestasi akan dilakukan 10 Februari 2020. Nantinya, peserta tes berbasis komputer (CBS) diumumkan 15 Februari 2020 dan pelaksanaan tes CBT digelar pada 22-23 Februari 2020.

Tes seleksi meliputi potensi akademik yang menjadi instrumen kemampuan verbal, logika, dan kepribadian peserta. Sementara itu, tes akademik meliputi mata pelajaran Matematika, IPA, Fisika dan Biologi, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Baca juga: 4 Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”

Pengumuman peserta yang lolos akan diumumkan pada 7 Maret 2020. Peserta yang lulus bisa melakukan daftar ulang di MAN IC pada 16 hingga 23 Maret 2020. Sampai dengan masuk asrama di tanggal 11 juli 2020.

Menurut Umar, seleksi ini sangat ketat. Dengan menerapkan tes berbasis komputer, dia meyakini sistem tersebut terintegritas dan memiliki akurasi sangat tinggi.

jadi tunggu apalagi, yang berminat persiapkan diri ya gens!

Sumber: Dream dan Kemenag RI