1 Juni : Hari Anak Internasional

SekolahNews — Hari Anak adalah acara yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November.

Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Hari Anak yang diperingati setiap tanggal 1 Juni disebut “Hari Anak Internasional” atau tepatnya “Hari Perlindungan Anak Internasional” (The International Day for Protection of Children).

Baca juga: 4 Langkah Mudah Memupuk Kreativitas Anak

Hari Anak versi inilah yang paling banyak diperingati oleh negara-negara di seluruh dunia mulai tahun 1950. Penetapan ini berdasarkan hasil kongres Women’s International Democratic Federation di Moskow, Rusia pada tanggal 4 November 1949.

Beberapa tahun sebelumnya, pada tahun 1925 di Jenewa, Swiss telah diselenggarakan Konferensi Kesejahteraan Anak (World Conference for the Wellbeing of Children).

Saat itu dibahas mengenai banyaknya anak-anak yang terlantar dan diperlakukan tidak semestinya.

Baca juga: Mau Bermain Sambil Belajar, Ajak Anak ke Sini!

Pertemuan tersebut menghasilkan Deklarasi Jenewa yang secara garis besar menyatakan bahwa anak harus dicukupi kebutuhan material dan spiritualnya untuk tumbuh kembang dengan pemberian makanan yang bergizi, pelayanan kesehatan jasmani dan rohani, jaminan perlindungan fisik dan mental, serta pemahaman kepada anak untuk memiliki jiwa sosial dan kemanusiaan.