10 Film Biografi Indonesia yang Layak Ditonton

SekolahNews –– Film biografi adalah film yang menceritakan kehidupan seseorang, terutama tokoh-tokoh besar atau orang yang memiliki pengaruh kuat pada orang lain, memberikan inspirasi, nilai-nilai luhur. Ada banyak film biografi yang sudah di Indonesia, mulai dari tokoh perjuangan, tokoh muda, hingga atlet. Beberapa diantaranya mampu membawa emosi penonton seolah-oleh mereka ada dalam kehidupan tokoh tersebut.

Berikut ini 10 film biografi Indonesia yang layak untuk ditonton :

1. Sang Pencerah (2010)

Film ini memberikan sebuah pelajaran tentang toleransi dan konsistensi. Sang Pencerah menampilkan sosok pahlawan nasional dari sisi yang masih belum banyak diketahui publik. Selain sebagai pendiri organisasi Muhammadiyah, Ahmad Dahlan juga merupakan pembaharu Islam di Indonesia.

Baca juga: Kisah Emosional Dibalik Layar Film “Susi Susanti: Love All”

Sang Pencerah mengisahkan tokoh nasional Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri organisasi Muhammadiyah. Film buatan Hanung Bramntyo ini dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan dan Zaskia Adya Mecca sebagai Nyai Ahmad Dahlan. Selain itu Slamet Rahardjo, Sujiwo Tejo, Giring Ganesha, Dennis Adhiswara, dan Agus Kuncoro turut membintang film ini.

Ahmad Dahlan memperkenalkan Islam yang modern, terbuka, serta rasional. Versi novel kisah ini ditulis oleh Akmal Nasery Basral dan mendapat predikat Fiksi Terbaik Islamic Book Fair Award 2011.

2. Jenderal Soedirman (2015)

Seperti judulnya film ini menceritakan tokoh nasional, Jenderal Soedirman. Seorang jenderal yang menderita penyakit paru-paru dan hanya memiliki satu paru-paru. Pada suatu saat Soedirman yang sedang sakit berat melakukan perjalanan kea rah selatan dan memimpin perang gerilya selama 7 bulan.

Adipati Dolken yang memerankan beliau di film ini. Melalui film ini, penonton dibawa masuk ke latar cerita yang terjadi tahun 1948. Jenderal Soedirman yang sedang sakit tetap aktif memimpin perang gerilya selama tujuh bulan lamanya. Kegigihannya itu sangat menginspirasi generasi muda penerus bangsa.

Semangat Jenderal Soedirman yang tak kenal gentar ini diperankan oleh Adipati Dolken. Film ini juga dibintangi oleh Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, Nugie, dan Lukman Sardi.

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Tjokro berjuang membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi pertama terbesar kala itu. Dari organisasi tersebut banyak peristiwa yang dialami oleh Tjokro dan juga menjadi sejarah perjuangan Indonesia.

Beliau yang lahir dari kaum bangsawan, berani meninggalkan status kebangsawanannya dan merasakan penderitaan sebagai rakyat jelata.

Film ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan diproduseri Christine Hakim. Film yang menceritakan biografi tokoh pahlawan nasional, yaitu Tjokroaminoto. Bintang popular yang terlibat dalam film ini antara lain: Reza Rahadian, Chelsea Islan, Christoffer Nelwan, Ibnu Jamil, Tanta Ginting, Putri Ayudya, Deva Mahenra, Sujiwo Tedjo, Maia Estianty, dan lain-lain.

4. Soegija (2012)

Soegija adalah film drama epik tentang sejarah di Indonesia yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Film ini juga dibintangi oleh Nirwan Dewanto, Olga Lydia, Hengky Soelaiman, dan Butet Kartaredjasa. Film ini dibuat dengan format film perjuangan yang diadopsi dari catatan harian Mgr. Soegijapranata, SJ seorang tokoh Pahlawan Nasional dengan mengambil latar belakang Perang Kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat.

Dalam film ini turut menampilkan tokoh-tokoh nasional lain, seperti Soekarno, Fatmawati, Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Sri Sultan Hamengkubuwana IX, Jenderal Soedirman, Soeharto, dll.

5. Soekarno (2013)
Baca juga: Mengenal Griselda Sastrawinata, Desainer Kostum Frozen 2

Soekarno adalah film drama Indonesia yang mengisahkan Sang Proklamator, Ir. Soekarno. Film ini menceritakan awal mula Soekarno berganti nama sampai peristiwa pembacaan proklamasi pada hari kemerdekaan Indonesia.

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan  Ario Bayu yang memerankan beliau untuk film ini, kita bisa melihat bagaimana perjuangan, pemikiran, dan pengorbanan beliau semasa hidupnya melalui film ini.

Film ini juga dibintangi oleh Maudy Koesnaedi, Tika Bravani, Lukman Sardi, Ferry Salim, Tanta Ginting, Agus Kuncoro, Sujiwo Tedjo, dll.

6. Kartini (2017)

Film ini merupakan biografi dari tokoh wanita Indonesia, Kartini. Ia wanita Indonesia yang dengan gigih memperjuangkan hak bagi wanita Indonesia atau lebih sering disebut emansipasi wanita. Perjuangan seorang R.A Kartini dalam menyetarakan hak bagi semua orang, ningrat atau bukan melalui film ini. Sepanjang hidupnya Kartini memperjuangkan itu, terutama hak pendidikan untuk perempuan. Ia berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jepara.

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo dan Dian Sastro berperan sebagai Kartini, beradu acting dengan bintang lain, seperti Christine Hakim, Reza Rahadian, Acha Septriasa, Ayushita, dll.

7. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Film ini terinspirasi dari kisah Merry Riana, perempuan asal Indonesia yang berhasil meraih satu juta dollar pertamanya di Singapura pada usia 26 tahun. Merry Riana yang terpaksa mengungsi ke Singapura karena kondisi di Indonesia sedang tidak stabil. Ia harus berjuang kuliah dengan betul dan berusaha sukses secepatnya. Film ini dibintangi oleh Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, Ferry Salim, dll.

Diceritakan, seorang lulusan SMA yang harus mengungsi ke Singapura karena kondisi negara sedang tidak stabil, di sanalah dia mulai memupuk mimpinya. Kisah yang menyentuh dan mampu memantik semangat siapapun yang menontonnya.

Film ini cocok untuk menginspirasi anak muda agar tetap berjuang dengan sungguh-sungguh menggapai tujuannya. Meski ada halangan yang menghambat bukanlah jadi penyebab berhenti dalam berusaha.

8. GIE (2005)

Diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran karya Gie sendiri, dengan ditambah beberapa tokoh fiktif agar ceritanya lebih kuat. Tentang seorang anak keturunan Tionghoa yang tidak begitu kaya, Gie tumbuh menjadi sosok yang berani lagi idealis yang memperjuangkan keadilan. Ia adalah seorang aktivis dan penulis yang hidup pada tahun 60an. Gie dalam hidupnya selalu melawan arus zaman. Mulai dari masa sekolah ia kerap berdebat dengan gurunya hingga saat menjadi aktivis di kampus ia pun sering memiliki pendapat yang berbeda. 

Gie diperankan oleh aktor kenamaan Nicholas Saputra. Serta ada Lukman Sardi, Indra Birowo, Wulan Guritno memerankan teman-teman Gie. Film yang disutradarai oleh Riri Riza layak menjadi tontonan, karena menceritakan pola piker Gie dan kehidupan mahasiswa pada masa setelah kemerdekaan.

9. Habibie & Ainun (2012)

Film yang dibintangi oleh Reza Rahadia dan Bunga Citra Lestari ini mencertitakan kisah Presiden RI ke-3, BJ Habibie dengan istrinya, Hasri Ainun Habibie. Awalnya berbentuk sebuah buku yang berjudul Habibie dan Ainun. Perjuangan Habibie dan kisah cintanya bersama Ainun kemudian dikisahkan menjadi sebuah film oleh MD Pictures.

Baca juga: “Perempuan Tanah Jahanam” Karya Terbaru Joko Anwar

Dikisahkan Habibie muda yang ahli dalam bidang pesawat terbang yang ingin berbakti kepada bangsa Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang memiliki jalur karier yang terbuka lebar.

Pada tahun 1962, keduanya bertemu kembali di Bandung. Setelahnya keduanya jatuh cinta dan menikah, lalu tinggal di Jerman. Lika-liku kehidupan keduanya ditampilkan dengan apik. Melalui dinginnya salju di Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa yang mengiringi perjalanan hidup mereka.

10. Wage (2017)

Film Wage menceritakan kisah Wage Rudolf Supratman yang lebih dikenal dengan WR Supratman. Beliau memiliki semangat nasionalis dalam memperjuangkan kemerdekaan. Semangatnya tertuang dalam lagu ciptaanya yaitu, “Indonesia Raya” pada 28 Oktober 1928, yang mana lagu tersebut menjadi lagu kebangsaan Indonesia.