10 Jenis Pohon Peneduh

Sekolahnews – Pohon peneduh adalah tumbuhan yang sengaja ditanam untuk mengurangi terik matahari. Pohon peneduh merupakan salah satu cara yang tepat dalam menghasilkan sirkulasi udara rumah yang baik. Sebab, jenis pohon peneduh merupakan salah satu tanaman yang sangat penting, terlebih jika kamu berada di rumah dengan cuaca yang sangat gersang. Oleh sebab itu, supaya udara rumah menjadi lebih sejuk dan rindang, ada baiknya jika pohon peneduh ditanam pada halaman rumah. Berikut ini rekomendasi jenis pohon peneduh rumah supaya rumah kamu lebih adem:

1. Pohon Pucuk Merah

Pohon pucuk merah memiliki daun yang lebat, rimbun, dan corak daun warna merah yang menarik. Karena kerimbunannya dan batang yg melebar seperti kanopi, pohon ini bisa membuat rumah kamu lebih adem. Menariknya lagi, sesuai namanya, daun pohon pucuk merah akan berubah jadi kemerahan saat musim kemarau. Pohon ini akan membuat halaman rumahmu lebih berwarna.

2. Tabebuya

Tabebuya sendiri merupakan pohon yang berasal dari Brasil. Beberapa tahun lalu, pohon ini sempat viral karena rupanya yang mirip dengan pohon Sakura. Terlebih memang Tabebuya punya beragam warna bunga seperti pink, putih, dan kuning. Sehingga, pohon ini akan terlihat indah meskipun dilihat dari kejauhan sekalipun.

3. Pohon Cemara Pensil

Pohon Cemara Pensil akan sangat cocok untuk digunakan sebagai pohon peneduh rumah minimalis. Hal ini karena, tingginya yang menjulang bisa ikut mempertegas konstruksi hunian. Di samping itu, cemara bukan tipe pohon yang perlu lahan luas. Sehingga, bisa dengan mudah ditaruh pada halaman kecil depan rumah.

4. Pohon Mangga

Selain dikenal akan buahnya yang manis dan berserat, pohon mangga ternyata memiliki manfaat yang baik dalam mengalirkan sirkulasi udara rumah. Kamu pun bisa menanam pohon mangga sampai dengan setinggi rumah tanpa tingkat, sehingga memberi kesejukan dan kerindangan di rumah. Meski demikian, kualitas dan kesehatan pohon mangga perlu diperhatikan lebih dalam, terlebih pohon ini rawan terserang oleh hama.

5. Pohon Angsana

Jenis pohon peneduh ini memiliki tampilan yang cantik dengan bunga-bunga kecil berwarna kuning. Tinggi pohon angsana ini bisa mencapai 40 meter. Selain itu, pohon angsana juga memiliki daun yang rapat, sehingga terlihat rimbun. Rumahmu akan lebih sejuk karena pohon yang rimbun ini akan melindungi dari teriknya sinar matahari.

6. Pohon Peneduh Flamboyan

Pohon Flamboyan adalah jenis tumbuhan selanjutnya yang masuk dalam kategori peneduh sekaligus penghias rumah. Flamboyan punya warna yang mencolok, sehingga orang akan terpusat perhatiannya pada hunian Anda jika tanaman ini tumbuh di depan rumah. Namun sayangnya kamu butuh lahan yang cukup luas untuk menanam Flamboyan, karena sifatnya yang tumbuh melebar.

7. Cemara

Kerap diaplikasikan pada rumah di dataran tinggi menjadikan cemara layak untuk ditanam sebagai salah satu jenis peneduh yang baik. Sebab, kemampuan pohon ini dalam mengalirkan suhu tergolong sangat baik, sehingga sangat pas untuk ditanam pada lokasi yang kering. Untuk kamu yang ingin bercocok tanam di lahan sempit, cemara juga sangat pas menghiasi rumah karena mampu menjulang dengan tinggi.

8. Pohon Kersen

Pohon peneduh yang sering kamu lihat di pinggir jalan ini juga bisa kamu tanam di halaman rumahmu, lho. Batangnya yang mirip kipas serta daun lebar yang menunduk bisa membuat rumah adem. Cara menanam dan merawatnya pun termasuk mudah, sehingga sering jadi favorit. Selain itu, pohon kersen juga menghasilkan buah berwarna merah yang kecil dan aman untuk dimakan.

9. Pohon Kiara Payung

Serupa bahkan sedikit mirip dengan pohon cemara, kiara payung merupakan salah satu jenis peneduh yang memiliki daun dengan kerapatan yang padat. Pohon ini juga memiliki tinggi yang memadai, namun tidak mengganggu pemandangan rumah, sehingga layak ditanam pada sisi halaman rumah. Umumnya, pohon ini memiliki rentang ketinggian antara 4-11 meter yang berfungsi untuk mengalirkan cahaya dengan baik di rumah.

10. Bambu

Tanaman penyejuk rumah tidak harus berupa pohon dengan batang dan daun yang lebat. Kamu juga bisa memilih alternatif tanaman seperti bambu. Bentuknya yang sederhana membuat estetika rumah bertambah. Jenis tanaman ini juga cocok sebagai pohon peneduh rumah minimalis.