10 Negara Yang Masih Bebas Virus Corona

Sekolahnews.com – Sejak virus corona atau lebih akrab disapa Covid-19 dideteksi untuk pertama kalinya, sejak itu kehidupan hampir semua orang di seluruh dunia mengalami perubahan. Tahukah kamu, ternyata ada negara yang masih terbebas dari virus corona lho!

Dulu sebagian dari kita mungkin tidak pernah menyangka, bahwa mengenakan masker kemana-mana akan menjadi begitu lumrah. Bahkan meski kita tidak sedang sakit sekalipun.

Menurut laporan, setidaknya ada 215 negara di dunia yang saat ini harus berjibaku dengan Covid-19. Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus infeksi terbanyak, diikuti India, Brazil, Rusia dan Spanyol.

Baca juga: Fakta-fakta Virus Corona: Terungkap dari 99 Pasien Pertama

Ketika virus corona muncul sekitar akhir Desember 2019 di kota Wuhan, China, sebagian dari kita mungkin tak ada yang pernah menyangka kalu virus ini akan menyebar cepat ke lebih dari 200 negara.

Namun, ada 10 negara disebut PBB masih bebas dari virus corona. Negara mana saja?

1. Korea Utara

Meskipun beberapa analis asing percaya bahwa virus corona telah menyebar ke negara ini pada Maret 2020, namun Korea Utara hingga kini masih tidak mengonfirmasi adanya kasus COVID-19 di negaranya.

Mengutip Yonhap yang melansir laporan situasi mingguan terbaru WHO tentang Covid-19, Korea Utara telah melakukan tes pada 10.462 orang dan mengklaim bahwa tidak ada kasus yang dilaporkan hingga 29 Oktober.

2. Turkmenistan

Tidak ada kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di Turkmenistan. Pemerintah negara ini sendiri dilaporkan terus berupaya untuk mengendalikan informasi terkait virus dan para ahli mencurigai penyebaran COVID-19 di negara itu tidak dilaporkan.

Kedutaan Besar AS di Turkmenistan menyatakan, Turkmenistan belum secara resmi mengakui kasus COVID-19 di dalam perbatasannya dan mungkin enggan melakukannya jika kasus dikonfirmasi.

Untuk diketahui, Turkmenistan adalah negara yang terkenal buram, dan sengaja diisolasi oleh rezim otoriter yang dipimpin oleh Gurbanguly Berdimuhamedow, yang juga digambarkan sebagai totaliter.

3. Kiribati

Negara lainnya yang hingga kini belum melaporkan adanya kasus positif virus corona adalah Kiribati. Warga setempat menyebut kelapa menjadi salah satu rahasia mereka untuk menjaga kesehatan dari virus. Di Kiribati kelapa disebut dan dikenal dengan nama moimoto.

Baca juga: Waspada Virus Corona, 3 Golongan Ini Paling Rentan!

Negara Kiribati terletak di Pasifik Tengah, yang merupakan gugusan pulau, yang memiliki populasi 116.000 dan mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1979.

4. Federated States of Micronesia

Negara Federasi Mikronesia (FSM) adalah salah satu dari sedikit negara di mana tidak ada kasus COVID-19 yang dilaporkan. Sejak awal Januari, WHO telah bekerja sama dengan pemerintah dan mitranya untuk mendukung FSM dalam persiapan menghadapi COVID-19 dengan fokus khusus pada pemberdayaan masyarakat lokal. Letak Micronesia berdekatan dengan Nauru, Kiribati, dan Kepulauan Marshall yang berada di Samudera Pasifik.

5. Tonga

Meski hingga saat ini belum ada konfirmasi kasus positif Covid-19 di Tonga, namun Pemerintah tetap memberlakukan keadaan darurat kesehatan hingga 26 Oktober. Tonga merupakan negara yang tidak berdaulat Polinesia yang berbentuk negara kepulauan yang terdiri dari 177 pulau dengan luas 750 kilometer persegi. Pulau ini terletak di Samudera Pasifik bagian Selatan.

6. Samoa

Seperti Tonga, Samoa yang juga belum melaporkan adanya kasus positif Covid-19 hingga saat ini memilih untuk memperpanjang kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 hingga 26 Oktober. Samoa merupakan negara kepulauan di Samudera Pasifik yang terdiri dari dua pulau utama dan tujuh pulau kecil. Dua pulau utama bernama Sava’i dan Upolu, sedangkan ibu kotanya adalah Apia. Tempat ini terletak di sekitar setengah jarak perjalanan dari Selandia Baru ke Hawaii. Samoa termasuk ke dalam negara yang mempunyai wilayah terkecil di dunia.

7. Marshall Islands

Hingga saat ini, Kepulauan Marshall tetap menjadi salah satu dari sedikit negara tanpa kasus COVID-19 yang dikonfirmasi. Namun, negara tersebut tetap berisiko sedang hingga tinggi. Karena risiko ini, proyek tanggap darurat akan fokus pada dukungan pencegahan dan kesiapsiagaan serta akan mendukung Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan serta Komite Bencana Nasional untuk melaksanakan rencana tanggap virus corona mereka.

8. Palau

Republik Palau atau Palau adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, yang berdekatan dengan wilayah Indonesia dan Filipina. Negara yang merdeka pada tahun 1994 ini juga menjadi salah satu dari sedikit negara yang masih terbebas dari virus corona.

Baca juga: GeNose Buatan UGM, Deteksi Covid-19 dengan Hembusan Nafas

9. Nauru Nauru merupakan sebuah negeri pulau kecil yang terletak di Samudera Pasifik. Negara ini hanya memiliki luas 21 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 10.000 orang. Hingga kini, negara tersebut disebut masih terbebas dari wabah Covid-19.

10. Tuvalu

Hingga saat ini, tidak ada kasus terduga atau terkonfirmasi Covid-19 di Tuvalu. Negara ini sejauh ini masih bebas dari pandemi.

Selain mengadakan Gugus Tugas Kesehatan Covid-19 pada akhir Januari, sebagai keadaan darurat nasional, Pemerintah Tuvalu juga menanggapi ancaman virus ini dengan memperketat perbatasan sejak 3 Maret.

Tuvalu merupakan negara kecil yang terletak di Samudera Pasifik. Sama seperti Kiribia, Nauru, dan Samoa, negara ini belum melaporkan adanya kasus positif virus corona.