10 Top Beasiswa Paling Populer Kuliah Ke luar Negeri

Sekolahnews.com – Banyak orang yang ingin kuliah di luar negeri, apalagi melalui program beasiswa luar negeri yang sangat populer dan mempunyai reputasi yang besar. Umumnya, program beasiswa bergengsi ini sudah memfasilitasi biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, biaya penelitian, hingga tempat tinggal.

Penerima beasiswa nyaris tak mengeluarkan uang sepersen pun untuk kebutuhan studi. Bahkan, sebelum berangkat ke negara tujuan hingga kembali ke negara asal, tiket pesawat sudah ditanggung.

Berikut 10 Top beasiswa paling bergengsi Kuliah Keluar Negeri yang bisa kamu ikuti yang dilansir dari laman ruangmahasiswa.com :

1. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Beasiswa LPDP atau yang disingkat dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kemenkeu dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter pemimpin, profesional, saintis, dan teknokrat.

Beasiswa LPDP ini bisa berlaku bagi kamu yang ingin kuliah di dalam ataupun di luar negeri. Tentunya, kalian harus mendaftarkan diri dulu dengan menyerahkan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Untuk mendaftar, kalian dapat melakukannya secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan kemudian mengunggah semua dokumen kelengkapannya (sesuai persyaratan) pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.

Selain itu, beasiswa ini memiliki tujuan yaitu: mencetak pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang dengan menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi mendatang sebagai pertanggungjawaban antargenerasi.

2. Fulbright Scholarship

Fulbright Scholarship adalah beasiswa terpopuler di dunia. Beasiswa ini sangat bergengsi dan ternama. Fulbright scholarship merupakan beasiswa penuh hingga studi selesai di Amerika serikat.

Program ini disiapkan untuk pelajar Internasional dan juga warga Amerika Serikat.

Ada sekitar 7500 pelajar internasional yang menerima beasiswa ini setiap tahunnya. Fulbright Scholarship bertujuan untuk meningkatkan pemahaman antara warga Amerika Serikat dengan negara lain melalui pertukaran pelajar, pengetahuan, dan kemampuan.

Sebanyak 294 ribu alumni penerima Fulbright Scholarship di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui AMINEF, lembaga yang mengurus kerjasama pertukaran pelajar Amerika Serikat dan Indonesia.

3. Erasmus Mundus Scholarship

Erasmus kepanjangan dari (European Community Action Scheme For The Mobility Of University Students) Scholarship merupakah beasiswa yang paling bergengsi di Uni Eropa.

Program beasiswa ini menyediakan dana penuh untuk mahasiswa-mahasiswa di Uni Eropa dan Asia khususnya Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, China, India, Indonesia, Maldive, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka dan Thailand.

Beberapa jenjang pendidikan yang tersedia dalam program beasiswa ini. Diantaranya: Master (S2) dan PhD (S3). Erasmus Scholarship bertujuan untuk memperkenalkan negara-negara Eropa kepada masyarakat Internasional.

Untuk program studi ada sekitar 116 bidang studi S2 dan 29 bidang studi S3 yang didukung oleh beasiswa ini.

Jadi, jika kamu bercita-cita untuk mengenyam pendidikan di Eropa, maka, Erasmus Scholarship bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi disana.

Apalagi, yang membuat beasiswa ini populer karena dikelola dengan dana besar yang melibatkan konsorsium 27 negara yang ikut serta.

4. Chevening Scholarship

Chevening Scholarship atau The British Chevening Awards merupakan salah satu beasiswa yang paling bergengsi di Inggris. Beasiswa ini ditawarkan Pemerintah Inggris setiap tahunnya bagi pelajar internasional dan didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO).

Sejak 1983, Chevening Scholarship diberikan kepada pelajar Internasional dari berbagai negara, hingga saat ini melayani 116 negara di luar Amerika Serikat dan Uni Eropa. Bahkan beasiswa ini, setiap tahun sekitar 700 beasiswa diberikan dan memiliki lebih 41 ribu alumni.

Chevening Scholarship diberikan kepada individu-individu berbakat yang memiliki potensi kepemimpinan untuk melanjutkan studi S2 di berbagai area studi di Inggris.

5. Australia Awards Scholarship (AAS)

Australia Awards Scholarships yang juga biasanya diketahui sebagai Australian Development Scholarship (ADS) merupakan beasiswa paling bergengsi yang didanai oleh Pemerintah Australia. Beasiswa ini diberikan kepada orang Indonesia dan beberapa negara lain yang ingin belajar S2 atau S3 di Australia

Beasiswa AAS adalah kesempatan bagi para calon pemimpin untuk melakukan studi, penelitian dan pengembangan keprofesian di Australia.

6. Eiffel Excellence Scholarship

Eiffel Scholarship merupakan beasiswa yang paling populer di prancis karena program beasiswa ini dikembangkan oleh Ministry of Foreign Affairs yang disediakan oleh Pemerintah Perancis bagi kandidat Internasional yang berpotensi melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di universitas yang berada di Perancis.

7. DAAD Scholarship

DAAD Scholarship merupakan program beasiswa paling populer di Jerman untuk pelajar internasional yang didanai oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman.

Yang menarik, meskipun pelamar memiliki pendanaan secara mandiri atau menerima beasiswa dari pemerintah atau sumber lain, mereka juga berkesempatan mendaftar program beasiswa DAAD.

Program ini mendukung studi S2 dan S3 di universitas yang ada di Jerman yang memiliki tujuan untuk menyediakan profesional muda dengan pendidikan akademik yang baik.

Beasiswa ini ditawarkan bagi mahasiswa internasional dan profesional muda dari sejumlah negara berkembang, baik di kawasan Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Tengah, serta Eropa Timur.

8. Netherland Fellowship Programmes (NFP)

Selanjutnya, Beasiswa datang dari Negara Belanda yaitu NFP. Beasiswa ini singkatan dari Netherlands Fellowship Programmes, sebuah program yang mendanai pendidikan tinggi dan pelatihan di Belanda bagi kalangan profesional.

Beasiswa NFP ini diadakan oleh Dutch Ministry of Foreign Affairs. NFP juga bekerja sama lebih dari 50 negara termasuk Indonesia. Selain itu, program beasiswa ini sangat populer, terutama bagi pelajar Internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Belanda.

Adapun, beragam jenis beasiswa NFP yang ditawarkan, di antaranya beasiswa program master, beasiswa kursus singkat (short courses), beasiswa studi PhD, dan beasiswa kursus penyegaran (refresher courses). Jumlah serta durasi beasiswa disesuaikan dengan pilihan program yang diambil.

9. StuNed Scholarship

StuNed (Studeren in Nederland)  datang dari Negeri Kincir Angin juga selain beasiswa NFP, merupakan program beasiswa bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia sejak tahun 2000. Beasiswa ini bertujuan untuk membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Program beasiswa ini memberikan kesempatan bagi semua orang baik yang memiliki pengalaman kerja maupun yang baru fresh graduate juga bisa dan berfokus pada calon pelamar yang berasal dari Indonesia saja.

Prioritas diberikan kepada pelamar yaitu:

– Memiliki prestasi akademis dan non akademis yang sangat baik, yang dibuktikan dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional maupun internasional.

– Memiliki keunggulan kompetitif lain seperti kualitas kepemimpinan, kewirausahaan, dan kemampuan berbahasa Inggris.

– Memiliki daya juang dan tingkat resiliensi yang tinggi.

Secara garis besar, syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa StuNed adalah harus memiliki IPK minimal 3,00 dalam skala 4,00 dan kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan bukti hasil tes TOEFL iBT di atas 80 atau IELTS di atas 6,0.

Selain itu, keaktifan dalam berorganisasi maupun kegiatan sosial, dan pengalaman kerja atau magang juga akan menjadi nilai tambah yang bisa memperbesar peluangmu mendapatkan beasiswa ini.

10. Monbukagakusho Scholarship

Terakhir, Beasiswa dari Monbukagakusho Scholarship merupakan program beasiswa paling bergengsi yang menawarkan kesempatan studi di Jepang. Program ini ditawarkan oleh Japanese Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology.

Adapun, sekitar 65 ribu pelajar dari 160 negara di seluruh dunia telah mengenyam pendidikan di Jepang. Program ini telah diadakan sejak tahun 1954 dan memiliki beberapa tipe. Untuk pendaftaran beasiswa ini dibuka setiap tahunnya dengan deadline aplikasi yang bervariasi, kamu bisa cek selengkapnya di webside resmi beasiswa ini, Sobat.

Sekarang, jika kamu ingin lanjut kuliah ke luar negeri tapi terkendala dengan biaya. JANGAN KHAWATIR, karena ada banyak beasiswa bergengsi luar negeri yang bisa kamu manfaatkan untuk mewujudkan cita-citamu.