13 Kesalahan Menggunakan Laptop

Sekolahnews.com – Untuk menunjang produktivitas bekerja, laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang sangat diandalkan. Bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana membuatnya jadi primadona dalam beraktivitas.

Terlebih di masa pandemi saat ini, interaksi kita dengan laptop sangat meningkat. Banyak orang mengandalkannya untuk bekerja maupun mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Namun sayangnya, sering kali para pengguna tak sadar bahwa mereka melakukan kesalahan ketika sedang menggunakan laptop. 

Berikut ini 13 kesalahan yang kita lakukan saat menggunakan laptop :

1. Asal Mengunduh File Gratis

Hampir semua orang senang mendapatkan sesuatu yang gratis, termasuk file komputer seperti film. Benar, bukan? Namun, sembarangan mengunduh aplikasi/ file dan klik tombol “Ok” atau “Setuju” tanpa memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku dapat membuat laptop mudah terserang virus.

Karena itu, sebaiknya baca dengan teliti semua syarat sebelum mengunduh file.

2. Menggunakan laptop tanpa memasang baterai

Ada yang berpikir bahwa menggunakan laptop tanpa memasang baterai dan mengandalkan kabel charging yang tersambung ke listrik bisa bikin baterai laptop makin tahan lama. Wah, salah banget, tuh! Hal itu malah bikin motherboard laptop cepat rusak, soalnya ada loncatan daya tidak teratur yang mampu menyebabkan korsleting.

3. Tidak Mematikan Laptop Dengan Benar

Disadari atau tidak, banyak di antara kita yang hanya menutup laptop setelah digunakan tanpa mematikannya dengan benar. Entah karena lupa atau merasa masih akan digunakan esok hari, kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan.

Laptop yang tidak dimatikan dengan benar hanya akan masuk dalam mode sleep/tertidur dan membuat kinerja baterai jadi lebih boros.

4. Menutup layar sebelum mati

Belum juga layar laptop benar-bena mati, eh sudah ditutup saja layarnya. Ckckck… ternyata ini juga salah, lho. Sebelum menutup layar, pastikan laptop benar-benar sudah mati. Kalau tidak, akan berdampak pada kondisi laptop, yakni munculnya bercak-bercak kotak pada keyboard laptop. Hmmm… tidak mau sampai begitu, kan?

5. Memangku Laptop 

Demi alasan kenyamanan, tidak sedikit dari kita sering bekerja sambil memangku laptop di atas paha. Meskipun terlihat tidak masalah, kebiasaan ini dapat membuat laptop mengalami overheating atau baterai cepat panas.

Pasalnya, ventilasi perangkat terdapat di bawah dan memangkunya akan menghalangi aliran udara yang seharusnya keluar masuk. 

6. Tidak Memperbaharui Sistem Operasi

Notifikasi untuk memperbaharui sistem operasi/software komputer memang kadang mengganggu. Namun, jangan terus diabaikan ya. Kebiasaan Anda yang malas meng-update software dapat berakibat buruk pada laptop.

Selain untuk alasan keamanan, update software juga berguna untuk memperbaiki bug atau error, memperpanjang umur baterai, membuat kinerja lebih cepat, dan memperkenalkan fitur baru pada laptop. 

7. Membuka Terlalu Banyak Tab

Banyaknya tugas kadang membuat kita bisa membuka lebih dari 10 tab atau aplikasi pada laptop. Memang, laptop sangat memudahkan kita untuk melakukan multitasking. Namun, menggunakannya dalam waktu bersamaan hanya akan membuat laptop Anda bekerja terlalu keras. 

Akibatnya? Dalam jangka waktu panjang bukan tidak mungkin laptop menjadi panas dan lemot bahkan rusak.

8. Menggunakan laptop di tempat panas

Buku panduan yang selalu tersedia di dalam kardus saat membeli laptop sering kali hanya menjadi hiasan saja, alias tidak dibaca. Padahal, ada panduan yang menyarankan pengguna supaya tidak memakai laptop di suhu lebih dari 34 derajat celcius, lho. Hmm… sayangnya, hal ini sering diabaikan pengguna.

Namun jangan khawatir, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cooling pad yang bikin laptop lebih adem.

9. Tidak Memasang Antivirus

Kesalahan lain yang dapat merusak laptop adalah tidak memiliki software antivirus. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah laptop terserang malware/virus. Jadi untuk Anda yang senang mengunduh berbagai file gratis dari internet, jangan lupa lindungi laptop dengan antivirus.

10. Memasang kabel charger ke laptop lebih dulu

Biasanya, pengguna memasang kabel charger lebih dulu ke laptop, baru mencoloknya ke stop kontak. Ya, ‘kan? Tahu tidak, hal ini keliru. Yang benar, mencolok ke stop kontak dulu, baru ke laptop. Kalau mau laptop lebih awet, sebaiknya lebih perhatikan lagi hal ini. Sebab, memasang kabel charger ke laptop dulu bisa membuat motherboard mengalami kerusakan, lho.

11. Men-charge Baterai Terlalu Lama

Setelah seharian menggunakan laptop, banyak orang sering kali lupa meninggalkannya dalam kondisi masih mengisi daya baterai. Beberapa orang bahkan membiarkan laptopnya terus ter-charge semalaman.

Kebiasaan ini harus Anda hentikan karena dapat merusak komponen hardware pada laptop. Selain itu, baterai akan cepat panas yang akhirnya mengurangi masa pakai.

12. Mengangkat layar laptop

Pernah memindahkan laptop dengan mengangkat layarnya? Well, lebih baik tidak diulangi lagi. Meski terdengar sepele, mengangkat laptop dengan memegang layarnya malah bikin engsel LCD cepat lepas.

13. Baterai belum habis, tapi masih saja di-charge

Sering merasa parno kalau baterai laptop habis? Yup, mungkin ini sering terjadi pada banyak orang. Sampai-sampai, meski daya baterai masih di atas 30 persen, tapi kamu tetap saja men-charge-nya sampai full. Ternyata hal ini juga harus dihindari. Men-charge baterai laptop yang belum habis malah bikin kemampuan menyuplai daya malah makin berkurang. Tidak heran, deh, kalau baterai jadi cepat drop.