17 Film Tentang Wabah Penyakit

SekolahNews — Kondisi pandemi virus corona yang melanda dunia saat ini mengingatkan kita akan film-film yang pernah dibuat dengan mengangkat kisah seputar wabah penyakit.

Berikut film tentang wabah penyakit yang membuat ngeri untuk ditonton dilansir dari berbagai sumber:

Baca juga: Top 3 Film Horor Lokal Siap Meneror Tahun Depan

1. The Flu

The Flu adalah film besutan sutradara Korea Selatan (Korsel), Kim Sung-su, yang rilis pada 2013. Film ini menceritakan tentang bencana akibat penyebaran virus mematikan yang menjalar lewat udara sehingga menginfeksi warga Bundang, sebuah daerah padat penduduk di wilayah ibu kota Seoul, Korsel.

Diceritakan, seorang pria meninggal akibat virus yang tidak dikenal setelah menyelundupkan imigran gelap ke negara itu. Tidak lama kemudian, gejala yang sama dialami sejumlah warga di Bundang. Orang-orang tidak berdaya melawan penyakit yang ditularkan melalui udara itu. Jumlah korban yang terinfeksi meningkat dengan cepat hingga menyebarkan kekacauan.

Film ini juga menggambarkan tindakan pencegahan dengan melakukan isolasi total wilayah itu, yang berjarak 19 kilometer dari pusat pemerintahan negara di Seoul.

Ketegangan digambarkan saat ahli spesialis penyakit menular In-hye dan Ji-goo pergi ke kota tertutup itu untuk menemukan serum darah dari kasus yang muncul pertama kali. Ini dilakukan sebagai bagian penting dari pengembangan vaksin. Keduanya seakan berlomba dengan waktu di mana puluhan korban jatuh setiap jamnya.

2. I Am Legend

Film I Am Legend adalah film tentang wabah penyakit yang diperankan oleh Will Smith. Film ini diangkat dari sebuah novel tahun 1954 dengan judul yang sama karangan Richard Matheson. Will Smith memerankan seorang virologis Angkatan Darat AS, Robert Neville.

Mulanya virus diciptakan untuk mengobati kanker, namun virus malah menyebabkan kematian banyak orang dan mengubahnya sebagian menjadi vampire. Di sisi lain Neville adalah satu-satunya orang yang kebal terhadap virus.

Ia berencana tidak akan meninggalkan kota dan berusaha menciptakan penangkal virus tersebut. Film tersebut merupakan film terlaris tahun 2007 dan menghasilkan $256 juta di dalam negeri dan $329 juta secara internasional, dengan total $585 juta.

3. Outbreak

Film yang dibuat tahu  1995 ini menceritakan tentang virus mematikan merupakan turunan dari virus ebola atau Motaba. Wabah virus mematikan tersebut berasal dari seekor monyet hingga menginfeksi seseorang.

Para ilmuwan CDC berpacu dengan waktu untuk menghentikan penyebarannya.

Sayangnya, mereka juga harus berurusan dengan seorang jenderal Angkatan Darat yang haus darah yang menginginkan virus untuk dijadikan sebuah bioweapon dan bertekad untuk mencegah penyembuhan.

4. Carriers

Film yang disutradari Alex dan David Pastor ini dirilis pada 2009. Aktor film Star Trek, Chris Pine menjadi bintang dalam film yang mengisahkan empat penyintas yang berjuang dari ancaman sebuah virus yang sangat mengancam jiwa.

Infeksi virus ini telah membunuh banyak orang dan membuat keempat penyintas ini harus segera pergi ke tempat lain untuk memulai hidup baru. Tetapi di tengah perjalanan, mereka harus menghadapi sekelompok orang yang menghambat perjalanan mereka. Bahkan nyawa mereka terancam oleh orang-orang itu. Mereka menyadari ternyata manusia bisa lebih jahat daripada penyakit yang ditimbulkan sebuah virus.

5. Train to Busan

Satu lagi film tentang wabah penyakit dari Korea Selatan, yaitu Train to Busan. Film ini dibintangi oleh aktor papan atas Korea Gong Yoo yang juga membintangi drama populer Goblin. Train to Busan mengisahkan tentang bencana virus yang mengubah manusia yang terinfeksi menjadi zombie.

Seperti judulnya, film ini mengambil latar kereta menuju Busan. Gong Yoo yang berperan sebagai Seok Woo bersama putrinya menjadi salah satu penumpang kereta ke Busan untuk mengunjungi ibunya. Namun, sebelum kereta berangkat, seorang perempuan berlari ke kereta dan berubah menjadi zombie kemudian menyerang penumpang lain.

Film berjalan dengan alur mencekam di dalam kereta dan mempertahankan ketegangan penonton sepanjang pemutaran. Film ini berhasil meraup lebih dari 10 juta penonton, hingga memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi seperti Blue Dragon Award dan Baksang Arts Awards.

6. The Crazies

The Crazies menjadi film selanjut yang ada di daftar film tentang virus mematikan. Film yang disutradarai oleh Breck Eisner ini memiliki latar belakang di kota Ogden Marsh, Iowa, Amerika Serikat.

Kota tersebut pada awalnya merupakan kota yang tenang. Namun, tiba-tiba saja perilaku penduduk di kota tersebut menjadi brutal. Ternyata, penduduk tersebut terserang virus yang disinyalir bernama trixie.

Nah, film ini sendiri menceritakan perjuangan hidup David (Timothy Olyphant), Judy (Radha Michell), dan Russell (Joe Anderson) dalam menyelamatkan diri mereka dari kepungan penduduk yang sudah terinfeksi virus trixie.

7. 28 Days Later

Film karya Danny Boyle ini menceritakan tentang kota London yang terinfeksi virus mematikan dan ikut melumpuhkan kota tersebut.

Enam bulan virus ini mengganas dan membinasakan Inggris. Dibantu Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Inggris berhasil melawan virus ini. Rekonstruksi negara bisa dimulai. Kota London juga kembali aman. Sebagian penduduk yang selamat mulai kembali masuk kota.

Sebagai gelombang pengungsi pertama sebuah keluarga bersatu kembali. Mereka adalah Don (Robert Carlyle), dan teman wanitanya Scarlett (Rose Byrne). Istri Don meninggal setelah terserang virus.

Dua bocah Tammy dan Andy yang bisa bertemu kembali dengan ayahnya. Namun ia tidak menduga bisa bertemu dengan ibunya, bernama Alice yang mereka kira sudah tewas.

Hanya saja Alice masih terifeksi. Saat itu muncul masalah serius. Tim dokter tidak sepakat, apakah Alice harus dibunuh atau diselamatkan. Sementara Alice sendiri mulai menularkan virus itu ke suaminya. Dan, bencana itu kembali terjadi.

8. World War Z

World War Z masuk ke dalam daftar film yang bertemakan virus mematikan. Dibintangi oleh Brad Pitt dan disutradarai oleh Marc Foster, World War Z menceritakan tentang serangan zombi yang menginfeksi banyak orang di dunia.

Film ini sendiri berpusat pada Gerry Lane (Brad Pitt) yang merupakan mantan pegawai Perserikatan Bangsa-Bansa (PBB) yang mendapatkan misi untuk mencari informasi mengenai zombi dan virus yang melanda dunia.

Saat kamu menonton film ini, kamu akan disajikan mengenai perjuangan Gerry Lane dalam menghadapi zombi di seluruh dunia. World War Z ini sendiri merupakan film yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama.

9. Contagion

Pasti kalian tahu, film ini kembali jadi perbincangan banyak orang setelah dunia dinyatakan mengalami pandemi covid-19. Ada sejumlah “kemiripan” situasi dalam film buatan tahun 2011 ini dengan merebaknya virus korona sekarang. Film ini disutradarai oleh Steven Soderbergh dan dibintangi sejumlah nama beken seperti Matt Damon, Kate Winslet, Gwyneth Paltrow, dan Jude Law.

Film diawali dengan kisah kematian Beth Emhoff, diperankan Gwyneth Paltrow, yang baru pulang berbisnis di Hongkong. Kematiannya diakibatkan sebuah virus baru yang tak dikenal. Putranya terkecilnya meninggal kemudian, namun suaminya, Mitch (Matt Damon), tampaknya kebal. Sejurus kemudian, dilaporkan infeksi yang mematikan akibat virus itu semakin menyebar.

Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat (AS) berupaya mengidentifikasi virus mematikan itu. Di tengah upaya mereka, korban terus berjatuhan akibat infeksi virus ini. Saat penularan semakin mewabah ke jutaan orang di seluruh dunia, tatanan masyarakat mulai runtuh. Dunia dilanda kepanikan.

Yang juga jadi menarik, film ini cukup detail menceritakan bagaimana penelusuran (tracing) kasus pertama dilakukan, seperti melihat tayangan CCTV dan sebagainya. Agak mirip dengan pelacakan kasus-kasus awal covid-19 yang terjadi saat ini. Bagaimana selanjutnya? Silakan tonton sendiri ya, biar menarik, daripada jadi spoiler.

10. Deranged

Deranged merupakan satu dari tiga film yang berasal dari Korea Selatan yang masuk ke dalam daftar film versi Bob kali ini. Dirilis pada 8 tahun silam, film ini sendiri menceritakan perilaku janggal yang dilakukan oleh warga Korea.

Dalam film dengan judul asli Yeon-ga-si ini, perilaku janggal tersebut adalah warga Korea sendiri secara sukarela untuk menceburkan diri mereka ke sungai hingga akhirnya meninggal di sungai tersebut.

Di film ini, kamu akan dipertontonkan bagaimana perjuangan seorang Ibu (Moon Jeong-hee) yang menyelamatkan anaknya yang terjangkit virus dan juga perjuangan pemerintah Korea Selatan dalam mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film Keluarga untuk Mengisi Liburan

11. Quarantine

Quarantine adalah remake dari film horor Spanyol tahun 2007, berjudul Rec. Film ini bercerita tentang salah satu stasiun TV yang ingin meliput secara langsung aksi pemadam kebakaran di malam hari.

Tidak disangka ternyata misi yang mereka ikuti itu berubah menjadi tragis. Para anggota pemadam kebakaran mendapat panggilan ke sebuah apartement yang katanya mendengar suara teriakan seorang wanita.

Ternyata wanita itu mengidap penyakit misterius yang diketahui adalah rabies yang yang sangat cepat menular ke satu sama lainnya. Mereka yang terinfeksi menjadi ganas dan mereka tidak dapat keluar dari apartemen tersebut karena instruksi pemerintah untuk menyegel apartemen tersebut.

12. Rise of the Planet of the Apes

Rise of the Planet of the Apes bercerita tentang percobaan untuk menemukan obat bagi penyakit Alzheimer dan berfokus pada seekor simapnse bernama Caesar.

Nyatanya, Caesar mendapatkan kecerdesaaan otaknya dari pengobatan Alzheimer berbasis virus eksperimental, yang sayangnya bermutasi menjadi patogen mematikan yang membunuh miliaran manusia.

13. Black Death

Kita akan kembali ke abad pertengahan dimana di mana gereja-gereja menguasai daratan Eropa. Dalam cerita-cerita fiksi, abad ini juga dikenal sebagai masa ilmu hitam dan perburuan penyihir.

Film ini mengambil seting ketika Eropa diserang wabah bubonic (1348-1350), yang dibawa dari Cina melalui perdagangan sutra. Wabah ini tercatat sebagai wabah paling mematikan dalam sejarah umat manusia. Manusia-manusia di era itu meyakini wabah tersebut sebagai hukuman Tuhan atas dosa-dosa umat manusia.

14. The Invasion

The Invasion yang diperankan oleh Nicole Kidman. Di sini Kidman berperan sebagai orangtua tunggal yang menjaga anaknya dari infeksi saat tinggal bersama ayahnya yang sudah terkontaminasi.

Epidemi virus ini diduga berasa dari alien yang invasi ke bumi. Virus ini merasuki DNA tubuh manusia dan menjadikannya salah satu dari kelompok yang diduga alien tersebut.

Film ini menceritakan tentang kecelakaan pesawat luar angkasa secara misterius menyebabkan penemuan mengerikan. Sebuah benda asing terikut di dalamnya. Siapa pun yang melakukan kontak langsung dengannya berubah mengerikan dengan cara yang tak terduga.

Psikiater dari Washington, Carol Bennell dan Dr Ben Driscoll, mempelajari wabah tersebut yang semakin meluas: menyerang korbannya saat mereka tidur. Secara fisik tak berubah namun tak memiliki perasaan dan menjadi tidak manusiawi.

Saat infeksi menyebar, semakin banyak perubahan pada penduduk dan mustahil mengetahui siapa yang dapat dipercaya. Harapan Carol hanyalah agar ia dapat terjaga lebih lama supaya dapat menemukan putranya, yang mungkin mengetahui cara menghentikan serbuan mengerikan tersebut.

15. Shaun of the Dead

Shaun of the Dead menjadi satu-satunya film di daftar film kali ini yang berada di kategori komedi. Film besutan Edgar Wright ini sendiri dibintangi oleh Simon Pegg, Nick Frost, Kate Ashfield, Martin Freeman, dan masih banyak lainnya.

Film yang termasuk ke dalam trilogi Cornetto ini menceritakan Shaun (Simon Pegg) dan teman-temannya dalam menghadapi invasi zombi yang menyerang London.

Walaupun mengangkat tema virus mematikan yang direpresentasikan zombie apocalypse, kamu bisa terhibur dengan jokes yang dikemas secara apik di daftar film ini.

16. Cabin Fever

Fim ini menceritakan lima sahabat yang menyembunyikan diri ke sebuah pondok kayu di hutan terpencil untuk bersenang-senang sebelum memasuki dunia kerja.

Entah bagaimana, saat-saat membahagiakan tersebut berubah menjadi bencana ketika sebuah penyakit demam aneh yang dibawa oleh seseorang yang terluka dan berdarah menjangkiti pondok mereka.

Baca juga: 6 Film Bioskop yang Siap Menghibur 

Berada jauh di dalam hutan tanpa perlawanan terhadap infeksi tersebut, lari dari musuh yang mereka tak bisa lihat atau bunuh, rasa takut akan tertular, membuat mereka mulai saling menyerang satu sama lain.

17. Blindness

Film ini menceritakan seorang wanita yang diperankan oleh Julianne Moore yang tidak tertular dari wabah aneh yang menyebabkan kebutaan di sebuah kota.

Akibat wabah tersebut, sebagian warga kota pindah ke rumah sakit dan ditempatkan di tiap bangsal yang ada. Di sini mereka harus berjuang bertahan hidup karena perlahan pemerintah hanya dapat membantu memasok makanan dengan seadanya.

Banyak konflik yang terjadi dalam rumah sakit tersebut demi memperebutkan stok makanan yang sedikit. Film ini unik karena tidak ada satu nama yang digunakan untuk penamaan karakter.