17 Juni Liga Inggris Dimulai

SekolahNews — Kabar gembira untuk penggemar sepak bola tanah air karena kompetisi Liga Inggris Premier League rencananya akan dimulai kembali pada 17 Juni 2020 dengan berbagai kebijakan baru.

Salah satunya memindah pertandingan yang dianggap sebagai ‘magnet suporter’ ke tempat netral.

Baca juga: Kalahkan Barcelona dan Madrid, Liverpool Jadi Klub Paling Bernilai di Eropa

Hal itu diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, pada Senin (11/5/2020) waktu setempat.

Meski sudah direstui, pertandingan tetap harus berlangsung secara tertutup dan tanpa penonton demi mencegah risiko terjadinya kontak fisik.

Izin kelanjutan Liga Inggris itu tercantum dalam dokumen berjudul “Our Plan to Rebuild: The UK Government’s COVID-19 Recovery Strategy”.

Pemerintah Inggris telah menerbitkan dokumen setebal 50 halaman untuk mengizinkan acara budaya dan olahraga berlangsung. Liga Inggris berpotensi bisa kembali bergulir di tengah pandemi virus corona.

Ada 92 pertandingan yang akan dimainkan tanpa penonton di sisa musim kompetisi Liga Inggris, tetapi polisi fokus pada enam pertandingan berisiko tinggi sebagai penghimpun massa digelar di tempat netral. Berikut enam pertandingan tersebut:

1. Manchester City vs Liverpool
2. Manchester City vs Newcastle
3. Manchester United vs Sheffield United
4. Newcastle United vs Liverpool
5. Everton vs Liverpool
6. Laga penentuan gelar Liverpool

Sementara itu klub papan bawah Liga Inggris menginginkan aturan degradasi dihapuskan. Mereka menganggap tak adil jika ada klub yang terdegradasi ketika 92 laga sisa dimainkan tanpa penonton dan di tempat netral.

Baca juga: Striker Liverpool Sadio Mane Masih Pakai Ponsel Berlayar Retak

Enam klub yang berada di papan bawah, yaitu Brighton, West Ham, Watford, Bournemouth, Aston Villa, dan Norwich mengaku keberatan dengan rencana bermain di venue netral karena itu akan merugikan mereka yang bisa meraup keuntungan dari laga kandang tersisa.