17 Kunci Sukses Menjadi Pintar

Sekolahnews.com – Siapa sih yang nggak mau jadi anak pintar? Siapa yang tidak mau sukses? pasti kita semua punya keinginan yang sama.

Lantas apa saja yang kamu lakukan untuk menjadi pintar dan meraih kesuksesan?

Jika kamu sudah belajar setiap malam, mengerjakan PR terus menerus, namun belum berhasil untuk menjadi juara kelas.

“No Pain No Gain”

Tidak ada rasa sakit, tidak ada hasil besar yang akan kamu dapatkan.

Kurang lebih begitulah makna dari uangkapan di atas. Untuk menjadi juara atau yang terbaik dibutuhkan usha yang keras.

Baca juga: Bagaimana Cara Agar Lebih Mudah “Mengingat”?

Berikut ini 17 kunci sukses menjadi pintar, yang dikutip dari karyatulisku.com :

1. Tidak Menghabiskan Waktu Berjam-am Hanya Untuk Mmebaca Buku Teks Pelajaran

Jika menurut kamu membaca buku pelajaran akan membuat kamu jauh lebih pintar, itu adalah kesalahan. Para siswa pintar di Amerika tidak membaca buku berlama-lama, mereka lebih memilih untuk melakukan variasi dalam belajar. Seperti belajar dengan mencari referensi di google, menonton video youtube tentang pengetahuan yang ia pelajari dan melakukan praaktik latihan.

2. Mereka Selalu Mencari Tau : Google Adalah Segalanya

Orang pintar bukan orang yang mengerti saat di jelaskan oleh orang lain. Bukan seorang siswa yang saat dijelaskan oleh gurunya dia paham, kemudian mengerti setiap konsep yang di jelaskan guru pada papan tulis di depan kelas. Lebih dari itu para juara selalu mencari lebih. Setelah di jelaskan guru dia akan mencoba untuk mencari penjelasan lebih detail dari pada yang dijelaskan guru. Rasa ingin tau mereka kini mudah untuk di salurkan. Melalui google ia dapat tau banyak hal.

3. Mereka Menguji Diri Mereka Sendiri

Menguji diri anda akan memperkuat koneksi informasi yang ada di otak anda. Orang pinta selalu melakukan latihan tersebut untuk menjaga koneksi informasi mereka. Untuk menjadi lebih pintar dari hari-ke hari. Siswa perlu untuk emlakukan pengujian secara teratur. pengujian yang dia lakukan akan amembuat mereka memiliki pengetahuan dan ingatan yang kuat. Pengujian dapat dilakukan dengan cara elakukan latihan-latihan soal.

4. Belajar dalam waktu singkat namun teratur

orang yang cerdas tidak menghabiskan waktu sepanjang malam hanya untuk ujian di keesokan harinya. Hasil yang akan diperoleh akan kontraroduktif dengan akan yang dia kerjakan. Belajar terbaik yaitu dengan waktu yang singkat, itu akan lebih mudah untuk membantu kita dalam berkonsentrasi. Sistem alami otak kita juga menyampaikan bahwa otak dan tubuh membutuhkan istirahat untuk menjaga tingkat konsentrasi.

Baca juga: 25 Kata Kata Motivasi Jangan Pernah Menyerah dan Jangan Putus Asa

5. Mereka belajar untuk memecahkan masalah

Belajar terbaik adalah belajar untuk memecahkan masalah. Jika kamu belajar untuk memecahkan masalah otak akan bekerja dengan menyambungan satu informasi dan informasi lainnya selanjutnya otak akan menganalisis dan memberivatu solusi yang harus dilakukan. Belajar dengan memecahkan masalah memberikan kegiatan belajar yang lebih kompleks.

Dibandingkan hanya belajar tentang kapan, fungsi suatu hal, berpa jumlah, yang sifatnya mengingat. Maka belajar untuk memecahkan maslaah jauh-jauh lebih baik dan akan membuat kamu jauh lebih pintar. Selesaikan maslah-masalah seperti soal-soal: dengan pertanyaan “mengapa’.

Mengapa ini bisa begini? Mengapa nilainya bisa begini? Mengapa ada ini dan ada itu?

Bagaimana seharusnya ini dan itu bekerja sama?

Dengan menyelesaikan maslaah-masalah tersebut akan membuat otak kita bekerja dengan menghubungkan konsep-konsep. Otak kita akan belajar untuk “bekerja” ya kita sebut sebagai otak yang bekerja untuk mencari solusi. Hal tersebut adalah kunci untuk memiliki pengetahuan yang lebih dalam.

6. Mereka Tidak Menyoroti (Menstabilo) Apapun yang mereka baca

Beberapa orang mengatakan untuk dapat lebih memahami inti dari apa yang mereka baca di buku maka berikan stabilo pada bagian-bagian penting di buku tersebut. Namun hal tersebut terkadang membuat binung. Dan hanya terfokus pada hal-hal yang sedikit.

Baca juga: Ini 20 Kata Kata Motivasi Penyemangat, Tak Perlu Galau ya Gens

Menurut ahli belajar dengan menggabungkan beberapa indra dapat meningkatkan pemahaman terhadap apa yang dipelajari. Dengan membaca secara menyeluruh kemudian mencatat bagian pentingnya kamu dapat menyimpulkan hal penting pada buku tersebut.

7. Menyediakan Waktu TIdur yang Cukup

Hal ini terjadi pada bidang apapun, apakah kamu seorang pelajar yang ingin meraih prestasi tinggi, kamu seorang pekerja, kamu seorang atlet, kamu membutuhkan waktu tidur yang cukup banyak. Idealnya dala sehari kamu melakukan pekerjaan keras 4-6 jam. Sementara waktu istirahat terbaik untuk tidur yaitu 9 jam per malam.

Dengan tidur anda akan mengembalikan atau memberikan waktu kepada saraf-saraf otak untuk mengorganisasi informasi yang telah kamu dapatkan dalam sehari belajar, atau bekerja. TIdur juga akan mengembalikan kemampuan konsentrasi kamu.

8. Selalu mencoba untuk mengingat sesuatu?

Pada waktu luang mereka akan menemukan hal-hal di sekitarnya. Seperti saat menonton televisi dia melihat sebuah berita tentang letusan gunung berapi. Dia akan mencoba mengingat informasi-informasi yang ia miliki tentang gunung merapi.

Seperti : kapan terakhir kali gunung merapi meletus di Indonesia? dia akan mencoba mencari tau ingatannya.

atau berapa jumlah korban bencana gunung berapa di DIY?

Dengan mencoba untuk mengingat informasi-informais tersebut, seseorang melatih otak dia untuk meudah mengingat.

9. Mencari Jalan Terbaik Untuk Belajar Saat Bertemu Guru yang Membosankan

Akan menyebalkan jika dirimu menemukan guru yang menurut kamu cara mengajarnya membosankan, terlalu cepat, atau terlalu lambat.

Ketika menemukan guru yang tidak cocok, kamu harus mengantisipasi dengan cara belajar kamu sendiri, sehingga waktumu tidak terbuang.

Misal gurunya terlalu cepat, maka kamu langsung mencatat poin-poin pentingnya.

10. Mereka Selalu Belajar Lebih

Di kelas sudah belajar, di rumah mengerjakan PR. Apakah masih ingin belajar lebih banyak lagi? Jawaban para pelajar TOp adalah YA mereka akan belajar lebih dan lebih. Jika di sekolah di ahnya mendapatan materi A dan B, maka dia akan belajar lebih secara mandiri dengan lebih detail tentang A dan B dan C menjadi ABC, ACB, CAB.

Belajar lebih terbukti membantu untuk membentuk kerangkan berfikir yang lebih baik untuk subjek materi yang anda pelajari.

11. Belajar dengan membangun sebuah cerita

Mungkin kamu sudah belajr berulang-ulang tentang kapan jepang masuk ke Indonesia, kapan negara BPUPKI dibentuk? Siapa yang memberikan usul pancasila? jika kamu belajar dengna cara mengingat hal tersebut, bahkan anda belajr secara terus menerus. . . yang terjadi adalah bosan, terlebih belum tentu ingatan tersebut akan bertahan lama.

Coba bayangkan jika kamu mendengar sebuah cerita tentang sejaran perang dunia II, diceritakan bahwa jepang masuk ke Indonesia pada tahun 1942. . . dan seterusnya kamu tidak belajar mengingat tapi kamu hanya perlu memahami cerita. Kamu tau saat itu Bung Karno memberikan pandangannya tentang ideologi negara, dan lain sebagainya. Kamu akan merasakan cerita tersebut dan itu membuat kamu dapat mengingat informasi-informasi tersebut dengan leih mudah.

Baca juga: 11 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kecerdasan

12. Siswa TOP Belajar dari kesalahan mereka

Kalau kamu menerima lembar hasil ujian, lihat kesalahannya. Kesalahan tersebut kemudian segera dipelajari dan bertanya jika masih belum paham.

13. Mereka sibuk dengan berbagai kegiatan lainnya

Seorang yang sukses belajar, tidak menghbiskan seluruh waktunya hanya untuk belajar di depan bukunya. Mereka memiliki berbagai macam aktifitas lainnya. Seperti ikut organisasi, ekstrakulikuler yang dapat meningkatkan keaktifannya. Hal tersebut membantu anda untuk emiliki mental yang jauh leih baik.

14. Mereka mencari tau Seperti detektif apa yang guru mereka katakan

Siswa yang pintar adalah siswa yang selalu ingin tau, memiliki rasa ingin tau akan mendorong seseorang untuk belajar dan belajar. Siswa-siswa top akan memperhatikan setiap ucapan yang disampaikan oleh guru mereka, sembari mencatat konsep-konsep penting serta menemukan hal-hal yang belum ia pahami. Catatan-catatan tersebut selanjutnya sebagai sumber pada apa yang harus mereka cari tau. Layaknya detektif mereka mencari tau dengan sangat detail hal-hal tersebut.

15. Mereka tidak menunggu datangnya motivasi

Motivasi datang dan pergi, terkadang kita memiliki motivasi belajr yang tinggi, namunterkadang hilang begitu saja. Seseorang yang pintar tidak belajar dengan menunggu datangnya motivasi. mereka belajar dengan frekuensi yang teratur.

Baca juga: 20 Kata Kata Motivasi Agar Kita Selalu Semangat

16. Mereka menciptakan panduan belajar mereka sendiri

Siswa terbaik tidak belajar seperti apa yang dikatakan orang. Dia memahami cara belajar mereka sendiri. Pemahaman mereka bersumber dari rutinitas belajar yang mereka geluti. Sehinggi bagi mereka tidak ada yang lebih paham tentang cara mereka belajar dibandingkan diri mereka sendiri. Oleh sbab itu mereka akan mulai untuk membuat panduan mereka belajar.

Dimulai dari waktu, cara belajar, cara berlatih, dan bentuk ujian yang akan mereka gunakan untuk belajar.

17. DIa memahami tanggung jawab mereka untuk belaajr

Hanya siswa terbaik yang memahami bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk belajar. Dengan mehami tanggung jawabnya mereka akan mengerahkan segala upya untuk dapat belajar dengan baik dan serius. Mereka akan merasa berslah jika tidak belajar dengan baik, rasa bersalah tersebut menjadi pemacu bagi mereka untuk belajar dengan lebih baik.

Nah itu dia 17 Kunci Sukses Menjadi Pintar, semoga membantu