5 Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Munnar, India

Terletak di Kerala, Munnar merupakan kota perbukitan indah yang sebelumnya berfungsi sebagai resor untuk para elit Raj Inggris. Dengan latar air terjun yang deras, perkebunan teh, hutan lebat, lembah yang cantik, dan cuaca yang bersahabat sepanjang tahun, Munnar jadi destinasi yang ideal untuk liburan musim panas. Munnar terkenal dengan tanaman langka yang disebut Neelakurinji. Berikut lima aktivitas yang bisa dilakukan di Munnar.

1.Seru-Seruan Naik Shikara di Danau Kundala

Danau Kundala pasti akan membuat Anda terpesona dengan pemandangannya yang luar biasa dan suasananya yang tenang.
Bukit dan lembah-lembah dekat Danau Kundala tersohor dengan bunga langka dan eksotis Neelakurinji, yang mekar sekali dalam 12 tahun. Kita bisa naik perahu shikara di Danau Kundala sambil menikmati latar belakang yang menakjubkan. Di sini kita juga bisa mencoba perahu dayung atau perahu berpedal.

2.Bersafari Naik Gajah di Carmelagiri Elephant Park

Ingin merasakan asyiknya bersafari naik gajah di Munnar? Maka kunjungilah Carmelagiri Elephant Park yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Munnar, terutama bagi anak-anak. Kita bisa naik gajah selama 10-15 menit sambil melihat-lihat perkebunan teh yang luas, pohon-pohon tinggi, dan lereng asri yang melandai. Kita juga bisa berfoto ria dan memberi makan buah-buahan kepada gajah.

3.Jalan-Jalan Mengelilingi Museum Teh

Museum Teh Tata didirikan pada tahun 2005 untuk menyediakan informasi-informasi sederhana tentang pengolahan teh bagi para wisatawan. Museum ini memiliki Rotorvane, alat penggulung teh tradisional yang digunakan untuk mengolah teh CTC. Tempat tersebut juga menyimpan Mesin Kereta Api Ringan Lembah Kundale, Roda Pelton pembangkit listrik, oven besi, telepon magneto, bak mandi kayu, kalkulator manual, dan banyak lagi. Kita pun bisa mencicipi berbagai jenis teh di sini.

4.Menonton Pertunjukan Tari Kathakali di Thirumeny Cultural Center

Jika ingin merasakan esensi dan budaya India Selatan yang sebenarnya, maka Anda harus menyaksikan pertunjukan tari Kathakali saat berada di Munnar. Ragam tarian tradisional India ini tampak berbeda dengan kostum warna-warni, rias wajah, serta topeng wajah dan biasanya berfokus menceritakan kisah-kisah dari epos Hindu. Anda dapat menyambangi Thirumeny Cultural Center untuk menonton pertunjukan tari yang menjadi simbol budaya Kerala itu.

5.Mencicipi Masakan Khas Munnar

Anda wajib mencicipi masakan asli India Selatan saat berada di Munnar. Appam berkuah adalah makanan populer di sini. Panekuk mirip ketan yang lembut dengan lapisan tipis itu disajikan bersama saus kelapa yang kental. Anda juga mesti mencoba kari Puttu dan Kadala yang merupakan sarapan favorit di Munnar. Idiyappam dengan kari telur, kari udang Kerala, dan paratha Malabar juga tidak boleh dilewatkan.