5 Alasan Kenapa Kamu Harus Sekolah

Sekolahnews.com – Bersekolah adalah pintu membuka dunia yang luas tanpa batas. Alasan inilah yang sejak dulu membuat pendidikan dan sekolah diperjuangkan.

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Demikian bunyi sebuah pepatah, menggambarkan betapa pentingnya ilmu untuk dicari dan dimiliki, sampai-sampai menempuh jarak ribuan kilometer ke negeri China pun dianjurkan.

Hal yang sama berlaku juga untuk pendidikan, yang obyek utamanya sendiri adalah ilmu. Dengan pendidikan, seseorang bukan saja bisa tumbuh sebagai manusia yang baik, tetapi juga berkualitas dan memiliki intelektual.

Baca juga: Lewat Sekolah, Membangun Generasi Antihoaks

Tentu saja, disamping terhindar pula dari yang namanya “ketertinggalan”. Karenanya, tidak berlebihan jika sekolah dan mendapat pendidikan penting bagi setiap individu.

Kata sekolah atau yang dalam bahasa latin disebut “skhole”, “scola”, “scolae” atau “skhola” sendiri memiliki arti waktu luang atau waktu senggang, di mana ketika itu sekolah adalah kegiatan di waktu luang bagi anak-anak di tengah-tengah kegiatan utama mereka, yaitu bermain dan menghabiskan waktu untuk menikmati masa anak-anak dan remaja.

Kala itu, kegiatan di waktu luang itu adalah mempelajari cara berhitung, cara membaca huruf dan mengenal tentang moral (budi pekerti) dan estetika (seni).

Untuk mendampingi kegiatan scola ini anak-anak biasanya ditemani oleh orang ahli dan mengerti tentang psikologi anak, sehingga memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada anak untuk menciptakan sendiri dunianya melalui berbagai pelajaran yang diberikan.

Sepintas, tak jauh berbeda dengan sekolah yang kita temui di masa kini. Paling tidak dari segi fungsi. Namun demikian, kata sekolah saat ini berubah arti menjadi “bangunan” atau “lembaga” untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.

Baca juga: Kreatif, Tembok Mural Sebagai Media Belajar

Fungsinya pun menjadi lebih formal. Artinya, disinilah sistem pendidikan formal yang umumnya wajib bisa didapatkan oleh seseorang. Jadi bukan lagi sekedar tempat untuk mengisi waktu luang atau sebagainya.

Pergi ke sekolah kini menjadi hal yang penting, berikut ini beberapa alasannya, seperti yang dilansir dari laman kelaspintar.id :

1. Mendapatkan pendidikan dasar

Ibarat fondasi sebuah bangunan, sepenting itu jugalah pendidikan dasar bagi seorang anak. Ini bukan saja akan membawanya mengenal dasar dari semua ilmu pengetahuan, tapi juga hal-hal baik dan benar lainnya yang akan terus tertanam, bahkan sampai beranjak dewasa.

Hal-hal seperti tidak boleh mengambil barang milik orang lain, mengucap salam saat bertemu orang dan sebagai, mungkin terdengar sepele, namun ini bukannya tidak mungkin bisa menuntun seseorang menjadi manusia yang baik ke depannya.

2. Mendapat pengetahuan

Salah satu tujuan orang sekolah adalah supaya menjadi pintar. Oke, tidak harus sepintar Einstein atau B.J Habibie, tapi paling tidak menjadi tahu atau paham akan sesuatu.

Ya entah bisa menulis, bisa membaca, bisa menghitung, dan sebagainya. Dengan bersekolah seseorang bukan saja mendapatkan pengetahuan, tetapi juga wawasan.

Pikiran juga menjadi lebih terbuka, sehingga tidak lagi sempit dalam memandang sesuatu. Ini penting, apalagi di era digital seperti sekarang ini, ketika berita bohong atau hoaks begitu mudah disebarluaskan. Jika tidak pintar dalam menyikapinya, maka kita akan mudah terprovokasi.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Bersekolah secara tidak langsung mengharuskan kita untuk bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

Adakalanya dari berbagai status sosial yang berbeda. Dari sini kepribadian seseorang bisa terbentuk, apakah dia akan tumbuh sebagai pribadi yang percaya diri atau sebaliknya.

Baca juga: Belajar Berkomunikasi Efektif Lewat Kegiatan Komunikasi dan Digitalisasi Siswa

Kepercayaan diri sendiri bukanlah hal sepele yang boleh dipandang sebelah mata. Seseorang yang hidupnya percaya diri biasanya selalu yakin dengan apa yang dilakukannya.

Dalam kehidupan sosial, kepercayaan diri ini juga sangat bermanfaat. So, jika kamu berharap menjadi satu dari banyak orang yang percaya diri, yuk sekolah dan bertemu banyak orang.

Dengan sekolah, jendela ilmu dan pengetahuan kita akan semakin lebar. Ini jugalah yang nantinya akan berdampak pada kepercayaan diri.

4. Menumbuhkan rasa cinta pada bangsa dan negara

Semakin sedikit generasi muda yang mengenyam pendidikan di sekolah maka semakin sedikit pula generasi yang memiliki jiwa nasionalisme. Karena itu, mengenyam pendidikan di sekolah pun menjadi sangat penting. Salah satunya demi membentuk dan menumbuhkan jiwa nasionalisme ini.

Nasionalisme sendiri bisa diartikan sebagai rasa memiliki dan kecintaan atas bangsa dan negara.

Nah, kebayang dong, jika generasi muda tidak memiliki jiwa nasionalis terhadap bangsanya? Yang ada mereka akan menjadi cuek dan tidak peduli dengan nasib bangsa.

Bagaimana negara ini bisa maju nantinya? Untuk menjadi seseorang yang mencintai bangsa dan negara kamu tidak harus berperang kok.

Baca juga: Lewat Sekolah, Membangun Generasi Antihoaks

Disiplin, belajar dengan baik, berkarya dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, itu sudah lebih dari cukup. Membuat startup mungkin?

5. Membangun Karakter yang baik

Bukan tanpa alasan bagi pemerintah untuk menghadirkan mata pelajaran budi pekerti di sekolah-sekolah. Pendidikan ini penting demi membangun karakter generasi muda. Disini bukan saja norma kesopanan yang diajarkan, tetapi juga agama dan lainnya.

Dengan mengikuti semua norma tersebut, generasi muda akan memiliki karakter yang kuat nantinya. Satu hal yang sangat dibutuhkan untuk membangun dan memajukan bangsa.