5 buku yang layak diadaptasi ke layar lebar

Pernahkah Anda membaca buku dan bertanya-tanya seperti apakah ceritanya jika diadaptasi ke layar lebar?Ada banyak film sukses dan terkenal yang diadaptasi dari novel-novel dan masih ada sejumlah novel apik namun terabaikan yang patut diangkat ke sinema.Berikut lima buku bagus yang layak diadaptasi menjadi film.

The Institute

Ditulis oleh Stephen King, novel thriller fiksi ilmiah sekaligus horor ini berlatar di Amerika dan diterbitkan tahun 2019.Alkisah, seorang anak genius berusia 12 tahun, Luke Ellis, diculik oleh penyusup usai kedua orang tuanya dibunuh.Dia pun bangun di sebuah institut dan menemukan beberapa anak sesama korban penculikan yang memiliki kemampuan telekinesis.Kekuatan khusus anak-anak itu dimanfaatkan untuk tujuan geopolitik jahat.

The Inheritance of Loss

Karangan Kiran Desai, novel ini diterbitkan tahun 2006 dan memenangkan Man Booker Prize pada tahun yang sama.Ceritanya mengisahkan seorang anak laki-laki bernama Biju yang tinggal tanpa izin di Amerika Serikat, dan Sai, seorang gadis yatim piatu yang tinggal di Kalimpong.Biju adalah putra juru masak kakek Sai. Novel ini mengangkat dampak pascakolonialisme dan hilangnya identitas.

The Immortals of Meluha – Trilogi Shiva

Buku pertama Trilogi Shiva karya Amish Tripathi, The Immortals of Meluha rencananya bakal diadaptasi menjadi film Bollywood, tetapi sayangnya batal karena sejumlah alasan.Novel tersebut didasari dari kisah epik Dewa Siwa dan mengikuti perjalanan luar biasa seorang pria bernama Siwa yang berubah menjadi pembasmi kejahatan.

The Secret History

Terbit tahun 1992, The Secret History merupakan salah satu novel paling ikonik karya Donna Tartt yang mengeksplorasi tema rasa bersalah, iri hati, keterkucilan, kasta sosial, dan manipulasi.Narasinya berkisar pada gerombolan enam mahasiswa Sastra Klasik di Hampden College.Mengambil sudut pandang salah satu dari mereka, novel ini membawa kita melalui pembunuhan teman mereka dan bagaimana persahabatan itu perlahan mulai retak.

Shatter Me

Ditulis Taherah Mafi, Shatter Me merupakan novel thriller distopia remaja yang dipublikasikan tahun 2011.Ceritanya tentang seorang gadis 17 tahun yang mampu membunuh orang lain dengan satu sentuhan.Dia sempat dikurung di rumah sakit jiwa selama 264 hari dan sebuah organisasi pemerintah berencana memanfaatkan kekuatannya sebagai senjata untuk menyiksa para tahanan penjara.