5 Hal yang Menyehatkan Otak, Salah Satunya Tidur Nyenyak

SekolahNews — Tidur merupakan salah satu cara alami yang dapat menyehatkan otak dan membuatnya tetap awet muda dan bugar. Kurang tidur bisa membuatmu sulit mengingat seiring bertambah usia.

Ada beberapa cara lainnya untuk membantu menyehatkan otak dan mencegahmu berisiko terkena penyakit degeneratif otak, dikutip dari detik.com

Baca juga: 7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin Tajam
1. Makanan
Ilustrasi ( Image by Lubos Houska from Pixabay  )

Banyak yang menyebutkan bahwa pola makan yang baik dan sehat adalah kunci dari otak yang tetap muda dan sehat. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti apel, pisang, sayuran berdaun hijau, bawang putih, dan wortel.

Antioksidan merupakan molekul yang mudah terikat dan menetralkan elektron dalam tubuh yakni radikal bebas yang bisa berada dalam aliran darah. Radikal bebas apabila menumpuk dalam tubuh seiring bertambahnya usia, bisa membunuh sel-sel otak.

Otak juga terbuat dari lemak sehat, terutama asam lemak omega-3. Agar otak bisa berfungsi optimal dan dapat memperbaiki sendiri, maka mengonsumsi makanan kaya omega-3 sangat tepat, misal dalam ikan dan kacang. Cokelat juga bisa membantu meningkatkan memori dan kognitif otak karena mengandung flavanol, salah satu antioksidan.

2. Mengunyah permen karet
Ilustrasi mengunyah permen karet ( Image by Robin Higgins from Pixabay  )

Belum ada yang mengerti apa alasan di baliknya, namun banyak riset yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Salah satunya studi yang dilakukan di Inggris yang menemukan bahwa mereka yang suka mengunyah permen karet memiliki performa yang baik dalam tes baik memori jangka panjang maupun pendek ketimbang yang tidak.

Ada beberapa teori yang dikemukakan para pakar. Bisa jadi mengunyah permen karet bisa memperbaiki sirkulasi dengan meningkatkan denyut jantung atau berdampak pada area otak yang bernama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin untuk mempersiapkan makanan.

3. Permainan
Ilustrasi bermain (Pixabay)
Ilustrasi bermain (Pixabay)

Untuk menjaga kesehatan otak, ajaklah otak ‘berolahraga’ dengan berbagai macam permainan. Berpikir keras bisa mengasah memori dan kognitif otak, dan buktinya cukup banyak.

Permainan otak telah banyak dikembangkan belakangan ini. Beberapa bisa kamu mainkan di ponsel, dengan kemasan lebih menarik dan tentu menantang, ada juga dalam bentuk buku seperti Sudoku maupun teka-teki silang. ‘Memaksa’ otak untuk terus berpikir sehat akan membuatnya bugar.

4. Tidur
Ilustrasi tidur ( Image by 溢 徐 from Pixabay  )

Tidur merupakan salah satu cara menyehatkan otak. Saat kita tidur, otak tak ikut tertidur namun justru mengulang ingatan pada hari tersebut dan ‘menyimpannya’ di ‘gudang’ ingatan jangka panjang.

Dalam percobaan menggunakan tikus, saat tikus tidur dua area otak yakni hippocampus dan medial prefrontal cortex, area yang terkait dengan penerimaan memori dari masa lalu. Proses ini dibutuhkan untuk mengosongkan memori untuk memberi tempat bagi memori baru. Sehingga, melewati waktu tidur bisa mengacaukan ingatan dan bahkan membuat kita kesulitan mengingat.

5. Olahraga
Ilustrasi olahraga (Pixabay)

Tak cuma otak yang diajak olahraga untuk membuatnya tetap sehat, namun juga berolahraga menyehatkan fisik kita. Riset menyebutkan bahwa pusat memori di otak bernama hippocampus akan menyusut seiring kita bertambah usia, namun sebuah studi menyebutkan olahraga dapat mencegah hal tersebut terjadi.

Misalnya melakukan olahraga aerobik, seperti berlari dan bersepeda, atau berenang. Para ahli percaya bahwa olahraga menginduksi produksi faktor-faktor pertumbuhan dalam otak. Mereka juga merupakan hasil dari aliran darah yang lebih baik ke otak, sehingga dapat menghantarkan oksigen dan nutrisi yang lebih banyak.