5 Kampus Terbaik di Asia 2019

SekolahNews – Buat kamu yang ingin kuliah di luar negeri tapi tidak ingin terlalu jauh dari rumah, kamu bisa coba berkuliah di kampus-kampus terbaik di Asia.

Ya, kualitas universitas di Asia banyak yang tidak kalah bagus dengan universitas di Eropa, Amerika atau Australia, kok. Bahkan beberapa universitas terbaik di Asia ada di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

Fakultas dan jurusan yang ditawarkan beragam, bahkan banyak jurusan-jurusan yang belum banyak terdapat di Indonesia.

Berdasarkan data laman topuniversities.com, berikut 10 universitas terbaik di Asia 2019 yang cocok kamu jadikan kampus impian:

Terbaik di Asia

1. National University of Singapore (NUS)
Kampus National University of Singapore (dok. nus.edu.sg )
Baca juga: Beberapa Tips Memilih Kampus

NUS merupakan institusi pendidikan tertua di Singapura didirikan tahun 1905, dan universitas terbaik di Asia. NUS menawarkan pendidikan dan penelitian berkualitas dengan pendekatan secara global, dengan tetap fokus pada perspektif dan tenaga ahli dari Asia.

Ada lebih dari 30.000 mahasiswa dari 100 negara yang belajar di sini. 

Universitas ini memiliki 17 fakultas yang terbagi ke dalam tiga kampus. Fakultasnya mulai dari bisnis, komputer, desain, ilmu seni dan sosial, teknik, hukum kedokteran, musik, kesehatan masyarakat, dan lainnya.

2. The University of Hong Kong
Universitas Hongkong (dok. hku.hk)
Baca juga: Daftar Passing Grade Institut Pertanian Bogor di SMBTN 2019

Peringkat kedua ditempati The University of Hongkong. Merupakan universitas yang sangat fokus pada penelitian, tidak aneh jika 111 profesor di universitas ini masuk ke dalam jajaran 1% ilmuwan terbaik di dunia versi Essential Science Indicators, Thomson Reuters.

Kurikulum yang digunakan juga merupakan kurikulum kelas dunia dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. 

Universitas ini memiliki 340 universitas afiliasi yang tersebar di 43 negara. Jumlah mahasiswa internasionalnya pun mencapai 9.000 orang yang berasal dari 93 negara.

Kerennya lagi, The University of Hong Kong memiliki 99,4% employee rate, yang berarti hampir semua lulusannya selalu berhasil mendapatkan pekerjaan. 

3. Nanyang Technological University (NTU)
Nanyang Technological Universiti (ntu.edu.sg)
Baca juga: Jurusan di Universitas Indonesia Yang bisa dipilih anak-anak IPS

Kampus ini paling terkenal dengan berbagai kesuksesan penelitian di bidang digital bahkan menjadikannnya sebagai salah satu yang terbaik di dunia dalam bidang penelitian artificial intelligence

Maklum saja, visi dari NTU adalah Smart Campus yang mempunyai misi untuk lebih mengembangkan teknologi digital untuk pendidikan dan kehidupan yang lebih baik.

NTU merupakan rumah dari 33.000 mahasiswa, yang sebagian besar adalah mahasiswa internasional. 

4. Tsinghua University Cina
Tsinghua University (tsinghua.edu.cn)
Baca juga: Fakultas dan Jurusan S1 di Universitas Indonesia

Universitas ini memiliki banyak program studi, seperti sains, teknik, sastra, seni, sejarah, filsafat, ekonomi, manajemen, hukum, pendidikan dan kedokteran.

Total ada 70 program gelar yang tersedia untuk mahasiswa sarjana di Universitas Tsinghua, serta banyak lagi program magister dan doktoral. Universitas ini juga memiliki lebih dari 300 lembaga penelitian.

Area kampus ini merupakan bekas taman dari kerajaan Dinasti Qing, sehingga memiliki arsitektur tradisional yang cantik dan mewah. Tak heran banyak mahasiswa internasional berasal dari lebih dari 100 negara, dengan sebagian besar dari mereka berasal dari Asia.

5. Peking University
Peking University ® Ryan_xm [CC BY-SA 2.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)]
Baca juga: Serba Serbi Pendidikan Tinggi di Amerika

Institusi pendidikan tinggi tertua di Cina ini didirikan pada tahun 1898 sebagai pengganti sekolah Guozijian kuno (Imperial College). Universitas Peking secara konsisten mendapat peringkat sebagai institusi akademik terbaik di Tiongkok.

Selain terkenal secara akademis, tempat ini terkenal dengan lahan kampusnya yang memukau dan keindahan arsitektur tradisional Tiongkoknya. Universitas Peking telah mendidik beberapa tokoh paling terkemuka dalam sejarah Tiongkok, termasuk Mao Zedong.

Kampus utamanya berada di bekas situs taman kekaisaran Dinasti Qing dengan lansekap bergaya Cina tradisional, termasuk rumah-rumah tradisional, taman, pagoda, serta banyak bangunan bersejarah lainnya.

Bagaimana, menarik dan kece kan universitasnya? Sudah punya pilihan akan kuliah dimana?