5 Makanan Mengandung Kolagen

Sekolahnews – Kolagen protein mempengaruhi kesehatan sendi, elastisitas, kelenturan, dan kelembapan kulit. Kolagen juga diproduksi secara alami dalam tubuh dengan menggabungkan asam amino dan bahan penyusun protein yang ditemukan dalam makanan.

Dilansir Healthline, kolagen bermanfaat memperkuat, menjaga kelenturan dan kebutuhan cairan kulit. Hal ini karena, konsumsi makanan yang mengandung kolagen atau suplemen membantu memperlambat munculnya kerutan dan kekeringan kulit. Dilansir MedicineNet, kolagen terdiri atas 19 asam amino, di antaranya prolin, glisin, hidroksiprolin, lisin, dan arginin. Berikut jenis asupan makanan untuk memproduksi kolagen.

Kaldu tulang sapi

Mengutip EatingWell, kaldu tulang sapi merupakan salah satu dari empat sumber kolagen teratas di pasaran. Kaldu tulang sapi menyediakan kolagen tipe I yang berguna untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Organ hewan

Kolagen tipe I secara alami terfokus di organ hewan, seperti jantung, hati, otak. Setara seperti yang ditemukan dalam kulit, tulang, dan ligamen hewan.

Buah berry

Buah berry termasuk raspberry, stroberi, dan blackberry merupakan sumber vitamin C dan nutrisi yang membantu tubuh membangun kolagen. Takaran satu cangkir stroberi memiliki 150 persen dari target harian untuk vitamin C. Raspberry atau blackberry memiliki 50 persen dari target vitamin C harian.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung klorofil yang meningkatkan prekursor kolagen di kulit. Contoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi termasuk brokoli, bayam, kangkung.

Tomat

Tomat vitamin C yang menyediakan hampir 30 persen nutrisi penting bagi pembentukan kolagen. Tomat mengandung lycopene dalam jumlah besar yang bersifat kuat antioksidan guna mendukung kesehatan kulit.