5 Novel Fantasi Wajib Dibaca

Ketika membahas buku-buku fantasi kontemporer, kita langsung memikirkan Harry Potter, The Lord Of The Rings, dan Narnia. Sebenarnya banyak sekali novel fantasi yang menarik untuk dibaca. Walaupun beberapa di antaranya tergolong klasik, kita mungkin melewatkannya karena membaca buku-buku populer. Berikut daftar rekomendasi 5 buku fantasi terbaik.

The Arabian Nights

Awalnya, One Thousand and One Nights, The Arabian Nights merupakan kumpulan cerita rakyat Timur Tengah yang diambil dari berbagai penulis dan penerjemah di sejumlah negara Asia dan Afrika Utara. Tiap malam seorang raja yang pendendam tidur dengan wanita lalu mengeksekusinya keesokan paginya. Untuk mengakhiri hal itu, putri wazir mendongeng kepada sang raja setiap malam agar terhindar dari kematian.

The Colour of Magic

The Color of Magic adalah novel komedi fantasi yang ditulis oleh Terry Pratchett tahun 1983, dan merupakan buku pertama dalam seri Discworld. Novel tersebut menceritakan kisah seorang penyihir, seorang turis yang barang bawaannya diarak ratusan kaki kecil, dan naga-naga yang hanya muncul jika orang meyakini keberadaannya, mereka semua mengarungi dunia yang berada di atas punggung kura-kura raksasa!.

The Last Unicorn

Karya penulis Amerika Peter S. Beagle, The Last Unicorn diterbitkan tahun 1968. Setelah terjual lebih dari lima juta eksemplar sampai edisi 2007, buku itu diterjemahkan setidaknya ke dalam 20 bahasa. Ini kisah mengharukan tentang seekor unicorn, yang percaya kalau dia unicorn terakhir di dunia dan bertekad mencari tahu apa yang terjadi pada unicorn lain.

Stardust

Stardust ditulis oleh penulis Inggris Neil Gaiman pada 1999. Tristran Thorn siap membawa pulang bintang yang jatuh dari langit untuk memenangkan hati Victoria, tetapi untuk melakukannya dia harus memasuki daratan yang belum terjamah di luar tembok yang mengelilingi desa mereka.
Dia lantas mengetahui bahwa di tempat itu segala sesuatunya berbeda. Film yang diadaptasi dari novel ini dirilis tahun 2007.

Sistersong

Sistersong merupakan kisah menarik tentang sihir dan mitos karya Lucy Holland yang berlatar Inggris Abad Pertengahan, di kerajaan Dumnonia. Novel itu menceritakan kisah tiga anak raja Riva, Keyne, dan Sinne yang mengalami serangkaian pengkhianatan dan patah hati selagi mengkhawatirkan invasi dari bangsa Saxon.