5 resep enak dan sehat berbahan milet

Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang semakin memperhatikan kesehatan dan kini memilih makanan yang lebih bernutrisi dan superfood agar tetap sehat.Milet merupakan biji-bijian sehat dan bergizi dengan segudang manfaat kesehatan.Tinggi serat pangan dan antioksidan, milet tidak mengandung gluten, mudah dicerna, dan menunjang penurunan berat badan.Berikut lima resep millet yang bisa Anda kreasikan di rumah.

Bubur Milet

Kalau Anda sedang mencari menu sarapan sehat dan ringan yang akan mendukung diet penurunan berat badan, cobalah resep bubur milet yang nikmat ini jika Anda sempat.Rendam jawawut (foxtail) dalam air selama 30 menit lalu tiriskan airnya.Tambahkan milet ke dalam susu dan masak selama lima menit.Setelah matang, tambahkan irisan pisang, buah tin, biji amaranth, biji teratai, dan kacang mete, lalu sajikan.

Bhel Puri Milet Campur

Memuat kebaikan ragi dan milet, bhel puri milet campur ini rendah kalori.Campur milet, beras kembung, ragi, kacang panggang, bayam, dan namkeen beras merah.Tambahkan wijen hitam, chat masala, kentang, tomat, air jeruk nipis, bawang bombai, dan cabai hijau, lalu aduk rata.Tambahkan chatni hijau dan bubuk kelor, kemudian aduk lagi.Hiasi dengan daun ketumbar dan sajikan.

Pasta Milet

Rebus pasta milet dengan garam dan minyak lalu sisihkan.Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan minyak. Tambahkan wortel, capsicum, jagung, jamur, dan jagung baby beserta garam dan air, lalu masak selama beberapa saat.Kemudian, tambahkan pasta yang sudah dimasak dan aduk rata. Tambahkan keju parut dan aduk lagi.Selanjutnya, tambahkan lada hitam, oregano, dan irisan cabai merah, aduk rata dan sajikan selagi hangat.

Pulao Milet

Rendah kalori, pulao milet ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan bisa disajikan saat santap malam.Tumis jintan, daun salam, dan cabai hijau dengan minyak samin. Tambahkan jahe, bawang putih, bawang bombai, wortel, buncis, dan kacang polong, lalu masak hingga rata.Tambahkan garam masala, kunyit, dan dadih, aduk rata. Tambahkan milet mutiara, garam, dan air lalu masak selama 15 menit.Hiasi dengan daun ketumbar dan sajikan.

Laddoo Kelapa Ragi

Kalau Anda doyan makanan manis tetapi juga memperhatikan kesehatan, cobalah laddoo ragi berprotein ini dan nikmati tanpa rasa bersalah.Campurkan tepung milet atau ragi, garam, dan sedikit air. Tambahkan kelapa parut dan kukus campuran selama 10-15 menit.Setelah campuran dingin, tambahkan gula merah dan kacang tanah lalu aduk rata. Bentuk campuran menjadi bola-bola kecil lalu sajikan.Like