5 Tanda Kamu Perlu Melanjutkan Pendidikan

SekolahNews — Mungkin banyak dari temanmu yang setelah lulus kuliah langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Alih-alih mencari pekerjaan, mereka lebih tertarik untuk mendalami ilmu yang sudah didapatkan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi—baik S1, S2, maupun S3.

Nah, apakah kamu juga memiliki pikiran yang sama? sebaiknya perhatikan dulu lima tanda berikut ini untuk tahu apakah memang sudah saatnya kamu melanjutkan pendidikan.

1. Ingin menjadi pengajar

Jika cita-cita kamu setelah lulus kuliah adalah mengajar, maka sebelum mewujudkan impian tersebut, ada baiknya kamu melanjutkan pendidikan dahulu ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga: Daftar Passing Grade Institut Pertanian Bogor di SMBPTN 2019
Baca juga: Jurusan di Universitas Indonesia Yang bisa dipilih anak-anak IPS

Seorang pengajar membutuhkan pemantapan dan kematangan pemahaman teori atas cabang ilmu yang ingin diajarkan. Tak heran jika kemudian muncul persyaratan bagi para calon dosen untuk memiliki gelar magister.

2. Jenuh dengan rutinitas kerja

Setiap orang yang bekerja mungkin pernah mengalami masa jenuh. Ketika momen itu tiba, seseorang cenderung langsung mencari pekerjaan baru. Padahal, bisa saja kamu bukan jenuh dengan pekerjaan maupun perusahaannya, melainkan rutinitas yang kamu lalui setiap hari.

Mengambil studi lanjutan bisa menjadi salah satu pilihan jika kamu ingin mengisi waktu dengan kegiatan yang positif. Kamu bisa mengambil program kuliah kelas karyawan yang biasanya berlangsung malam hari setelah jam kerja atau akhir pekan.

Akan tetapi, tentu saja ada faktor biaya dan waktu yang harus dipikirkan. Oleh karena itu, kamu tetap harus mempertimbangkan matang-matang keputusan tersebut.

3. Mengincar jabatan atau posisi tertentu

Sejumlah perusahaan ada yang menetapkan jenjang pendidikan minimal untuk menduduki posisi tertentu. Jika kamu salah satu yang sedang mengincar kenaikan jabatan tersebut, kamu bisa segera melanjutkan pendidikan di bidang terkait.

Mulailah mencari program perkuliahan yang sesuai agar dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengajukan beasiswa ke perusahaan.

Namun, jangan lupa untuk memperkirakan waktu serta biaya kuliah yang dibutuhkan, agar pekerjaan di kantor tidak terganggu dan perencanaan kariermu menjadi lebih matang.

4. Bekerja di bidang yang berbeda

Banyak sekali lulusan program vokasi maupun sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Misalnya, lulusan teknik yang bekerja di bidang perbankan, atau sarjana hukum yang berkarier di bidang marketing.

Jika kamu salah satu yang mengalaminya, mengambil studi lanjutan yang sesuai dengan profesi yang digeluti saat ini bisa menjadi pilihan. Dengan begitu, kamu akan menerima banyak ilmu baru yang dapat diterapkan di dunia kerja. Disamping itu kamu juga bisa memberikan performa yang lebih baik sehingga perjalanan kariermu lebih melesat.

5. Ingin meningkatkan kontribusi

Jika kamu ingin memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan tempat kerjamu, mengambil jenjang pendidikan lebih tinggi adalah salah satu caranya. Dengan bekal pengetahuan pemahaman yang lebih matang, kamu bisa memberikan solusi, serta melahirkan inovasi-inovasi baru untuk memajukan perusahaan.

Bentuk kontribusi di atas secara tidak langsung menunjukkan peningkatan performa dan kinerja seorang karyawan di hadapan perusahaan. Dengan demikian, suaramu akan lebih didengar, dan peranmu juga semakin dihargai.

Apapun alasan kamu dalam melanjutkan studi, pendidikan memang sangat penting untuk keberhasilanmu di masa depan. Jika tujuan utamamu adalah ingin meningkatkan karier, maka sebaiknya pertimbangkan matang-matang bidang studi yang akan dipilih.

Jangan gegabah dalam menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Pastikan kamu menikmati perjalanan studimu, dan tentunya manfaatnya dalam peningkatan kariermu dapat dirasakan.