5 Tips Membersihkan Lemari Pakaian

Kamu termasuk orang yang kesulitan mencari jins atau atasan favorit di lemari tiap kali terburu-buru? Hal itu boleh jadi karena lemari kamu berantakan dan kurang teratur. Jadi, sekaranglah saatnya mengeluarkan semua pakaian, membersihkan lemari, dan memutuskan mana yang akan disimpan dan mana yang harus disingkirkan. Berikut lima tips membersihkan lemari pakaian.

Rencanakan Waktu Pembersihan

Kebanyakan orang merasa malas ketika memikirkan pembersihan lemari, jadi sebaiknya rencanakan dan tetapkanlah waktunya. Sisihkan waktu di akhir pekan selagi tidak ada pekerjaan penting dan tandai waktu pembersihan lemari pakaian di kalender.

Keluarkan Lalu Tumpuk Semua Pakaian

Keluarkan semua barang dari lemari termasuk pakaian, aksesori, gantungan baju, dan sepatu, lalu letakkan di lantai atau tempat tidur. Lemari kosong memungkinkan kita melihat ruang yang tersedia. Kita pun bisa mencoba-coba pakaian untuk melihat mana yang cocok dan mengecek semua barang yang kita miliki dan mana yang benar-benar kita butuhkan.

Bersihkan Debu dan Seluruh Lemari

Bersihkan debu dan seluruh lemari dengan baik selagi kosong. Lap laci-laci lemari, perlengkapan, dan rak menggunakan kain elektrostatis atau kain mikrofiber yang menyerap debu dengan cepat. Gunakan penyedot debu di dasar lemari atau sapu dan lap dengan air hangat jika lemari memiliki lantai kayu yang keras. Biarkan pintu lemari terbuka agar udara segar bisa masuk.

Tentukan Barang yang Harus Disimpan dan Disumbangkan.

Singkirkan pakaian yang tidak pas dengan kita atau terlihat kurang menarik. Barang-barang yang ketinggalan zaman juga sebaiknya dipisahkan. Kita bisa menyumbangkan pakaian yang masih dalam kondisi baik tetapi tidak terpakai kepada badan-badan amal. Kita pun bisa menjual pakaian atau aksesori melalui Internet. Simpan pakaian yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan gaya.

Atur Pakaian yang Disimpan

Setelah kita tahu pakaian yang akan disimpan, mulailah mengembalikannya ke lemari. Gantung semua pakaian berkain halus dan mahal di gantungan yang tipis untuk mencegah kerutan. Kita bisa melipat kaus, celana, dan atasan dengan mengelompokkan pakaian berdasarkan warna. Simpan pakaian olahraga dan pakaian sehari-hari di depan lemari karena kita akan membutuhkannya setiap hari.