6 Alasan Kota Yogyakarta disebut Kota Pelajar

Sekolahnews.com — Selama ini kita mengenal kota Yogyakarta sebagai kota pelajar dan budaya. Terdapat beberapa alasan Yogyakarta adalah kota pelajar yang perlu diketahui alasannya.

Dengan mengetahui alasan menganai sebutan tersebut maka kita akan lebih yakin dengan kelebihan yang di miliki oleh kota yang sangat istimewa ini.

Jika anda berkunjung ke kota Jogja, anda akan menemukan banyak sekali mahasiswa yang belajar di sini. Berikut ini alasan-alasannya tersebut sebenarnya bisa anda lihat dengan jelas.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Menarik di Surabaya

1. Memiliki kampus terbanyak

Kota Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar adalah karena ada begitu banyak kampus di kota ini. Kampus yang ada di Jogja ada sekitar 60 kampus. Hal ini membuktikan bahwa kota Jogja adalah kota dengan kampus terbanyak di Indonesia. Anda akan sangat mudah untuk menjumpi kampus di kota ini dengan jarak yang sangat berdekatan. Andatar satu kampus dengan kampus yang lainnya bahkan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

2. Kampus dengan fasilitas yang berkualitas

Kota Jogja memiliki kampus yang berkualitas dan juga memiliki fasilitas yang snagat baik. Setiap kampus yang ada di Jogja hampir semuanya sudah terakreditasi sehingga kualitasnya tidak perlu untuk diragukan laagi. Ada banyak fasilitas menarik yang ditawarkan oleh setiap kampus apalagi kampus negri atau kampus yang sudah tersohor di kota ini. Bnayk pelajar yang bangga belajar di Jogja kerena pengajarnya yang kompeten serta fasilitas yang sangat menunjang. 

3. Lulusan yang dihasilkan sangat kompeten

Karena banyaknya lulusan dari kampus Jogja yang memiliki kompetensi yang sangat baik. Lulusan dari universitas atau kampus di Jogja banyak yang sukses dan membuktikan hasil belajarnya dengan baik. banya sekali pelajar yang setelah lulus mampu bekerja diperusahaan besar, di instansi pemerintah, menjadi pengusaha bahkan bekerja di luar negeri. Dengan lulusan yang kompeten dari kampus jogja maka anda tidak akan bisa meragukan.

4. Minat tinggi dari pelajar untuk belajar di kota ini

Kota Jogja juga menjadi kota yang sangat banyak dipilihan oleh pelajar dari luar pulau. Banyak sekali pelajar luar daerah ogja yang jauh-jauh datang untuk menimba ilmu di kampus Jogja. Selain pelajar  dari luar daerah di Indonesia, banyak juga pelahar dari mancanegara yang memilih untuk belajar di Jogja. Biaya hidup di Jogja yang sangat murah juga menjadi salah satu alasan kenapa pelajar Jogja sangat senang untuk tinggald an memilih belajar di Universitas Jogja. 

5. Memiliki tempat wisata yang banyak

Selain karena banyak kampus, di Jogya banyak terdapat tempat wisata di Jogja. Jogja memang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang banyak digemari oleh kalangan muda. Hal ini juga mempengaruhi banyanya mahasiswa dari luar daerah yang memilih untuk belajar di Yogyakarta. Bagi pengunjung yang sudah pernah datang ke Kota Jogja tentu sudah pernah membuktikan keindahan kota ini. Tempat wisata yang disediakan ada banyak ragam mulai dari wisata alam, wisata edukasi, museum, dan masih banyak lagi wisata lain.

Baca juga: Kaldera Toba Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

6. Melestarikan Budaya

Budaya mungkin di Indonesia mungkin bermacam-macam dan beragam sekali di Indonesia. Mungkin salah satu budaya di Indonesia adalah budaya Jawa. Budaya tersebut masih sangat erat hubungannya dengan kota Jogja. Kota Jogja didalamnya terdapat budaya tarian tradisional, bahasa jawa “kromo alus”, tempat sangar budaya yang masih terjaga sampai saat ini dan terawat, sehingga masih bisa dilestarikan sampai saat ini. Tempat-tempat budaya juga masih banyak lagi dikota jogja, salah satunya adalah Kraton sebagai symbol budaya yang masih erat hubungannya dengan budaya tersebur sebagai ragam kebudayaan.

Oleh sebab itu tidak salah lagi jika jogja disebut kota budaya karena kelestarian dan sampai saat ini bisa dinikmati serta dilaksanakan sebagai salah satu keistimewaannya.