6 Cara Menjaga Kesehatan Mata saat WFH

Sekolahnews.com – Pandemi covid-19 sendiri memang membuat sebagian besar aktivitas masyarakat wajib dilakukan di rumah. Jika sudah begini, laptop, handphone, hingga gawai lainnya menjadi salah satu komponen utama yang diperlukan supaya tetap produktif.

Tanpa disadari seseorang melalui waktu sampai berjam-jam lamanya untuk bekerja maupun belajar secara daring. Tentunya hal ini akan membuat tubuh, khususnya mata, menjadi cepat kelelahan.

Dirangkum dari unggahan akun Instagram Satgas Covid-19 @satgascovid-19.id, berikut tips menjaga kesehatan mata saat seharian menatap laptop.

1. Pilih posisi paling nyaman

Supaya tetap nyaman dalam melihat laptop atau komputer, atur tempat duduk dan jarak dalam melihatnya. Posisikan laptop sejajar dengan pandangan mata. Ingat untuk atur jarak sekira 40 sampai 50 sentimeter antara mata dengan layar laptop.

2. Mengatur tingkat pencahayaan layar

Jangan gunakan brightness yang terlalu terang atau gelap. Sebab, mata perlu menyesuaikan cahaya yang masuk ke mata. Cahaya yang silau adalah sumber terbesar kelelahan mata saat menatap komputer.

3. Alihkan pandangan sejenak

Terapkan rumus 20-20-20. Setiap 20 menit menatap gawai, palingkan mata selama 20 detik untuk melihat objek berjarak 20 meter. Jangan lupa mengedipkan mata. Kedipan mata itu penting untuk mengurangi risiko dari mata kering dan iritasi pada mata.

4. Konsumsi makanan sehat

Kelas daring memaksa menggunakan mata secara berlebihan. Jadi seseorang harus merawat mata dengan asupan makanan yang baik, terutama makanan yang mengandung vitamin A. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, sebab makanan ini paling banyak mengandung vitamin yang bermanfaat.

5. Minum air

Mata sebagian besar dibangun dari cairan. Oleh karena itu, konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat mata kering, menyebabkan kerusakan dan kesehatan mata.

Jika Anda mengalami gejala mata kering, obat tetes dapat digunakan sebagai pertolongan pertama. Jika sakit mata atau gangguan pada mata tak membaik, segera berobat ke dokter atau layanan kesehatan terdekat.

6. Gunakan kacamata anti radiasi

Kacamata anti radiasi juga akan melindungi mata kita dari radiasi layar laptop yang kita gunakan. Karena dari radiasi itu dapat mengakibatkan mata kita minus. Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati bukan. Sebelum mata kita terlanjur rusak.