6 Fakta Unik Kota Dubrovnik

Dubrovnik adalah salah satu kota yang dikelilingi dinding paling megah di dunia dan menghadap ke Laut Adriatik. Dulu lokasi ini adalah ibu kota Republik Ragusa.

Dubrovnik adalah sebuah kota di pesisir Kroasia yang sering kita dengar sebagai lokasi syuting serial televisi terkenal Game of Thrones. Kota ini terletak di ujung selatan Kroasia, berjarak sekitar 600 Km dari Ibukota Zagreb. Wilayah Dubrovnik County juga menjadi perbatasan antara Kroasia dengan Negara Bosnia dan Herzegovina dan Negara Montenegro.

Kota Dubrovnik memiliki kota abad pertengahan yang masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Dengan dinding kota yang utuh. Selain sejarahnya yang menakjubkan, kota ini dikelilingi oleh Laut Adriatik yang indah.

Berikut fakta kota Dubrovnik :

•Salah Satu Kota Pintar Terbaik di Kroasia

Seperti tujuan wisata lainnya, Dubrovnik juga tak luput dari masalah kunjungan wisata berlebihan, khususnya wisatawan yang datang dengan kapal pesiar. Masalah ini seringkali muncul pada saat musim panas yang merupakan waktu tertinggi kunjungan wisatawan. Hal klasik yang seringkali terjadi adalah kemacetan, kurangnya lahan parkir, dan terlalu banyaknya pengunjung di dalam kota tua.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Pemerintah Kota Dubrovnik berinovasi untuk menjadikan kota tua ini menjadi kota pintar. Terobosan yang dilakukan antara lain mengembangkan sistem parkir pintar dengan 1.909 sensor di seluruh kota. Pengembangan aplikasi Dubrovnik Visitor yang dapat memonitor pergerakan wisatawan, sehingga mencegah penumpukan pengunjung di satu titik tertentu. Kota ini juga telah memiliki manajemen data spasial dalam format 3D dan 2D yang dapat diakses oleh pengunjung di laman Pemerintah Kota Dubrovnik. Berkat berbagai inovasi ini Dubrovnik dinobatkan sebagai salah satu kota pintar terbaik di Kroasia.

•Kuliner Dubrovnik juga sangat memanjakan lidah

Kuliner Dubrovnik didominasi Makanan laut yang fresh alias langsung diambil dari laut, kemudian diolah dengan sentuhan rasa dan gaya modern yang akan memanjakan lidah kamu. Dinikmati sambil melihat pemandangan laut Dubrovnik pasti membuat siapa saja terpesona.

•Pemandangan laut yang indah dan menenangkan

Selain itu, kota ini juga memiliki laut yang keindahannya menakjubkan dengan pantai berbatu yang bersih dan epik. Pantai terbaik di kota ini terletak di semenanjung Lapad, berjarak sekitar dua mil ke barat kota. Ada juga pulau kecil Lokrum dengan taman botani yang cocok untuk kamu yang suka menjelajah!

•Sering dikunjungi artis papan atas dunia

Keindahannya yang melegenda membuat kota tua ini menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahun, termasuk nama-nama glamor seperti Beyonce, Roman Abramovich, Sir Roger Moore, dan Naomi Campbell.

•Menjadi lokasi syuting salah satu film terkenal Game of Thrones

Film terkenal Game of Thrones (GoT) mengambil latar di kota tua nan ciamik ini. Saat berkunjung ke sini kamu seakan berada dalam film GoT namun dalam kehidupan nyata dengan menyambangi King’s Landing, Fort Lovrijenac (Red Keep), dan Walk of Shame. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Iron Threne yaitu museum Game of Throne

•Dijuluki Mutiara Adriatik

Kota Tua Dubrovnik dibangun sekitar abad ke-9 dan selama berabad-abad Dubrovnik bersaing ketat dengan Venesia sebagai pelabuhan perdagangan. Meskipun pernah hancur karena gempa bumi pada tahun 1667, namun kota ini berhasil dibangun kembali. Dubrovnik juga masuk dalam daftar Situs Budaya UNESCO sebagai salah satu kota tua yang paling terjaga kelestariannya di dunia.

Gedung-gedung kuno dan jalanannya yang masih terjaga dengan baik membuat kita merasa hidup di zaman abad pertengahan. Sementara tembok sepanjang 1,94 Km yang mengelilingi kota, dengan tinggi mencapai 25 meter juga masih utuh. Karena tembok inilah Dubrovnik mendapatkan julukan sebagai The Pearl of Adriatic (Mutiara Adriatik). Maka tak heran bila tembok Dubrovnik menjadi salah satu tujuan wajib para wisatawan yang berkunjung kesana.