6 Perilaku Sehari-hari yang Berakibat Buruk Pada Kesehatan Tulang

Hayo, kamu sering melakukannya gak nih?

SekolahNews – Kesehatan tulang termasuk salah satu bagian penting dari kebugaran tubuh manusia. Dengan tulang yang sehat aktivitas sehari-hari bisa berjalan dengan lancar. Asupan penting untuk menjaga tulang yang sehat dan kuat adalah kalsium, yang bisa kita dapatkan dari berbagai olahan produk susu misalnya.

Namun sadar gak sih kalau sebenarnya enam perilaku sehari-hari ini berakibat buruk lho pada kesehatan tulang. Kamu sering melakukannya gak?

1. Menghindari sinar matahari

Sinar matahari pada jam tertentu seperti di pagi hari bukan sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Justru itu dapat memberi asupan vitamin D alami yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Jika kamu terbiasa menghindari sinar matahari seharian maka risiko tulang rapuh dan penyakit osteoporosis bisa menghantui kalian. Vitamin D sendiri memiliki tugas sebagai penyerap kalsium dan meningkatkan pertumbuhan tulang.

2. Mengonsumsi alkohol terlalu banyak

Alkohol tidak henti-hentinya menimbulkan masalah saat diminum secara berlebihan. Termasuk meningkatkan kadar hormon kortisol yang dapat mengurangi kepadatan tulang. Alkohol juga berdampak pada penurunan kadar estrogen yang dapat berujung pada osteoporosis.

3. Sering mengonsumsi makanan asin

Makanan asin kaya akan kadar natrium yang tinggi, ini berkaitan dengan semakin besarnya kemungkinan terjadi patah tulang dan kerusakan tulang rapuh karena natrium ikut menyerap kalsium yang ada dalam tubuh.

4. Terlalu banyak konsumsi daging

Daging tinggi protein dan itu dapat mengganggu keberadaan kalsium sebagai asupan penting tulang yang sehat. Mengonsumsi sesuatu terlalu banyak itu memang tidak baik, kadar protein berlimpah membuat tubuh menyerap kalsium lebih banyak sehingga sisa untuk nutrisi tulang akan terkurangi secara signifikan.

5. Hidup dengan udara berpolusi

Ketika kita menghirup asap kendaraan selama di jalan secara tidak langsung ada zat-zat kimia berbahaya yang ikut terserap ke dalam tubuh. Terserapnya kandungan kimia ini dapat menyatu dengan pernafasan dan juga aliran darah yang akan terhubung dengan sel-sel tulang dan menyebabkan pengeroposan.

6. Tidak banyak berakitvitas dan bergerak

Duduk sepanjang hari atau bermalas-malasan adalah kebiasaan terakhir yang dapat menganggu kesehatan tulang. Kekuatan tulang akan meningkat seiring dengan intensitas pergerakan yang dilakukan. Kalau tubuh jarang bergerak maka penyakit tulang seperti osteoporosis dan kelainan struktur tulang dapat dengan mudah terjadi.

Setelah membaca ulasan tadi kita jadi paham nih apa saja hal yang terlihat sederhana tapi berpengaruh besar pada kesehatan tulang. Semoga informasi ini bermanfaat!

www.idntimes.com

169 thoughts on “6 Perilaku Sehari-hari yang Berakibat Buruk Pada Kesehatan Tulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *