7 Karakter yang Cocok Jadi Teman Curhat

SekolahNews — Curhat adalah kebiasaan seseorang untuk mencurahkan isi hati, mengeluh, berkabar tentang kebahagiaan hingga mengekspresikan perasaan pada orang lain. Tapi gak semua orang bisa jadi tempat curhat yang baik lho.

Berikut ini 7 karakter yang bisa dijadikan teman curhat :

1. Bisa dipercaya

Hanya orang-orang yang bisa dipercaya sajalah yang sering dijadikan tempat curhat. Apalagi lebih dari satu kali membahas topik yang sensitif dan bersifat rahasia. Jika orang itu “bocor” dan curhatannya jadi diketahui banyak orang, maka artinya orang tersebut gak bisa dipercaya. 

Baca juga: Etika Pergaulan yang Sehat di Segala Aspek

Karena itu, jika teman curhat padamu berkali-kali dan bahkan membahas masalah-masalah yang gak dia ceritakan pada orang lain selain kamu, maka selamat. Artinya kamu adalah orang yang bisa dipercaya dan bertanggung jawab.

2. Mampu jaga rahasia

Seseorang akan memilih orang yang bisa menjaga rahasia. Iya, kamu bisa menjaga rahasia dan memilih tidak menyebarluaskan kabar demi kepentingan pribadi atau demi mencari simpati orang lain terhadapmu.

3. Memiliki empati yang tinggi

Empati adalah kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Karena keberadaan empati inilah kamu jadi bisa lebih memahami masalah dari sudut pandang orang yang curhat padamu. Karenanya, kamu jadi gak cenderung nge-judge atau meremehkan masalah yang dicurhatkan padamu.

4. Pendengar yang baik

Sering kali alasan orang curhat adalah untuk didengar. Gak melulu bertujuan mencari solusi, sebagian orang curhat untuk bisa meluapkan perasaan dan pikiran yang selama ini ditahan.

Pengekspresian pribadi ini bisa saja gagal kalau yang dicurhatin bukan pendengar yang baik. Alih-alih mendengarkan curhatan, malah dia sendiri yang curhat masalah pribadinya. 

5. Punya kemampuan problem solving yang baik

Jika sebagian orang cuma butuh seseorang untuk mendengarkan masalahnya, sebagian lagi curhat untuk menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya. 

Untuk orang-orang seperti ini, keberadaan dirimu tentu sangat penting. Karena artinya, kamu dipandang sebagai seseorang yang memiliki kemampuan problem solving yang baik. Dan saran-saranmu sangat berguna bagi penyelesaian problemnya. 

6. Orang terdekat

Ada sebagian orang yang sangat tertutup dan introvert sehingga membuatnya jarang menceritakan masalahnya pada orang lain. Jika orang dengan karakter seperti ini curhat padamu, artinya kamu adalah salah satu orang yang paling dekat dengannya. Kamu juga dianggap sebagai salah satu orang yang paling dia percaya dan penting baginya.

Baca juga: 13 Peran Etika dalam Pergaulan Remaja
7. Memiliki kepribadian yang dewasa

Tolak ukuran dewasa atau kekanak-kanakan adalah ketika punya figure ngemong (Mengasuh), mempunyai pandangan yang luas, gak kaku, selalu terbuka, dan lebih banyak mendengar daripada menyela pembicaraan.

Apakah kamu masuk ke dalam karakter tersebut?