7 Menteri Termuda di Dunia, Ada yang Berusia 22 Tahun

SekolahNews — Pemerintah Indonesia terus berupaya sebaik mungkin mempersiapkan diri menghadapi era revolusi 4.0, antara lain memberikan harapan dan kesempatan kepada para anak muda Indonesia untuk berperan memajukan negara ini.

Langkah presiden Jokowi menempatkan milenial untuk duduk sebagai staff khusus kepresidenan dan menunjuk seorang menteri pendidikan dan kebudayaan yang masih berusia dibawah 40 tahun telah menunjukkan keseriusan pemerintah.

Hal yang sama dilakukan oleh menteri BUMN Erick Tohir yang mengangkat beberapa direktur dan komisaris yang juga merupakan milenial dengan usia dibawah 40 tahun di perusahaan BUMN besar.  

Baca juga: Dikabarkan Jadi Menteri, Ini Profil Nadiem Makarim

Pemerintah Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang memberikan kepercayaan kepada milenial untuk menjadi menteri. Berikut ini ada 7 milenial dunia yang diangkat sebagai menteri :

1. Nadiem Makariem – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (35 tahun)

Tampaknya tidak afdal jika kita tidak membahas salah satu menteri di Indonesia, yang sempat menghebohkan jagad raya beberapa waktu lalu, yaitu Nadiem Makarim.

Sebelum menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan RI di kabrinet Indonesia maju, Nadiem pun dikenal sebagai pembawa terobosan baru di tanah air, yaitu dengan menciptakan teknologi transportasi online, atau yang dikenal dengan Go-Jek.

Kesuksesannya menjadi CEO Go-Jek diraihnya pada saat usia 30 tahun. Kini, ia pun telah menjadi salah satu kepercayaan Presiden pada usia 35 tahun.

Nadiem pun diharapkan dapat memberikan terobosan-terobosan baru di dunia pendidikan, seperti halnya yang ia lakukan di perusahaan Go-Jek yang telah ia bangun.

2. Anupriya Patel – Menteri Kesehatan India (35 tahun)

Pada tahun 2016, Anupriya Patel dinobatkan oleh majelis parlemen India sebagai Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga.

Perempuan kelahiran Kanpur, Negara Bagian Uttar Pradesh, 28 April 1981 ketika menjabat sebagai menteri adalah 35 tahun dan pada usia 31 tahun ia terpilih menjadi anggota legislatif untuk konstituen Rohaniya.

Anupriya Patel sendiri adalah penyandang gelar S2 Psikologi dan Master in Business Administration dari Universitas Perempuan Lady Shri Ram, Universitas Amity dan Universitas Kanpur itu pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal Partai Apna Dal.

3. Sanna Marin – Menteri Transportasi Finlandia (34 tahun)

Tidak kalah dengan negara lainnya, Finlandia pun kini memiliki menteri termuda yang berusia 34 tahun, yaitu Sanna Marin.

Sanna Marin diberikan kepercayaan untuk menjadi menteri transportasi setelah perdana menteri Rinne mengundurkan diri.

Baca juga: Mengenal Sanna Marin, PM Termuda di Dunia

Dikutip dari The Guardian, selain menjadi menteritermuda di Finlandia, Sanna Marin juga menjadi perdana menteri perempuan ketiga di Finlandia.

Ibu Muda dengan satu orang putri ini dikenal mengalami peningkatan di karir politiknya sejak ia menjadi wali kota di kota asalnya, yaitu Tampere pada usia 27 tahun, dan bergabung dengan parlemen pada tahun 2015.

4. Sebastian Kurz – Menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi Austria (27 tahun)

Bisa dibilang bahwa Sebastian Kurz adalah pemimpin termuda yang pernah dimiliki Austria.

Pada saat Austria pernah membuat keputusan besar untuk menjadikan Sebastian Kurz sebagai menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi, ia masih berusia 27 tahun di tahun 2017.

Sebastian Kurz sendiri telah berpengalaman di bidang politik. Terbukti bahwa ia sudah terjun ke dunia politik sejak 2013 sebagai anggota Partai Rakyat Austria. Di usia 31 tahun, Sebastian menjabat sebagai Presiden Austria setelah partai yang dipimpinnya memenangkan pemilu.

5. Simon Harris – Menteri Kesehatan Irlandia (29 tahun)

Pada 2016, Simon Harris dipercaya untuk menjadi Menteri Kesehatan Irlandia. Saat itu, Simon Harris baru berusia 29 tahun ketika ia sedang dilantik.

Namun, sebelum menjabat sebagai menteri Kesehatan Irlandi, Simon mejabat sebagai

Menteri negara Bagian di Departemen Keuangan PER dan Taoiseach 2014-2016 serta bertanggung jawab khusus untuk pengadaan umum, dan internasional.

Kini, Simon pun telah dinobatkan menjadi menteri termuda di Irlandia, yaitu dengan usia 33 tahun.

6. Syed Saddiq – Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia (25 tahun)

Selain dikenal karena menjadi menteri termuda dalam sejarah di Malaysia, Syed Saddiq pun menjadi viral dikarenakan parasnya yang rupawan.

Syed Saddiq adalah Menteri Pemuda dan Olahraga di Malaysia, yang mana pada saat menerima jabatan tersebut ia masih berusia 25 tahun.

Salah satu menteri yang ngefans sama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini adalah lulusan dari International Islamic University Malaysia jurusan hukum.

7. Shamma Al-Mazrui – Menteri Urusan Kepemudaan UAE (22 tahun)

Saat ini, Shamma Al Mazrui telah diberikan kepercayaan untuk menjabat sebagai Menteri Urusan Kepemudaan Uni Emirat Arab. Shamma menjabat sebegai menteri pada saat usianya 22 tahun di tahun 2016.

Baca juga: Ketika Menteri Erick Memilih Milenial

Selain handal di bidang politik, Shamma juga dikenal pintar di bidang pendidikan lho. Ia telah menamatkan gelar sarjana bidang ekonomi di New York University Abu Dhabi dan melanjutkan gelar magister kebijakan publik dari Oxford University.

Dengan ditunjuknya milenial menjadi menteri, komisaris, dan direksi saat ini secara tidak langsung memberikan perubahan pola pikir kaum muda. Mereka mulai tertarik terhadap politik,  

Dengan begitu, anggapan bahwa untuk menjadi menteri hanya bagi mereka yang berusia 40 tahun keatas tampaknya tidak lagi berlaku. Karena siapa pun bisa menempati posisi tersebut, meskipun ia berusia 25 tahun ataupun seorang wanita.