7 Negara dengan Biaya Kuliah Terjangkau

Sekolahnews.com – Banyak orang ingin kuliah di luar negeri. Alasannya bermacam-macam, seperti sistem pendidikannya yang lebih bagus, dosen-dosennya yang lebih profesional, atau suasana kampus yang sangat nyaman dengan sederet fasilitas baik.

Tapi tidak semua orang mampu kuliah di luar negeri, terutama masalah biaya, baik biaya kuliah maupun biaya hidup.

Sebenarnya biaya kuliah di luar negerti tidak semuanya mahal.

Baca juga: 3 Tips Kuliah di Luar Negeri Tanpa TOEFL

Berikut ini 7 negara yang menawarkan pendidikan terbaik, namun dengan harga yang relatif murah atau terjangkau, seperti dilansir dari suneducationgroup.com.

1. Norwegia

Norwegia adalah salah satu destinasi studi di Eropa yang meraih banyak apresiasi. Universitas di Norwegia menawarkan program studi berbahasa Inggris yang bervariasi, pengajaran berfokus pada interaksi siswa, proyek independen, dan fasilitas teknologi terkini. Norwegia dijuluki sebagai negara yang memiliki biaya kuliah termurah! Mengapa? Karena pemerintah negara ini menerapkan pendidikan gratis di tingkat apapun dan bagi siapa saja. 

Bagian terbaiknya, hal tersebut pun berlaku untuk mahasiswa internasional, dimana kamu hanya perlu membayar uang administrasi sebesar 600 NOK atau setara dengan Rp 1 juta per semester. Universitas swasta di Norwegia juga termasuk memiliki harga yang terjangkau, yaitu berkisar antara 7.000 – 19.000 EUR/tahun atau 123 hingga 334 juta rupiah per tahun. 

2. Jerman

Jerman dikenal memiliki kualitas pendidikan dan universitas-universitas terbaik dunia. Sama seperti halnya Norwegia, biaya kuliah di negara ini terhitung murah dan bahkan ada yang gratis! Hal tersebut dilatarbelakangi oleh filosofi Jerman yang meyakini bahwa pendidikan tinggi harus terjangkau dan mudah diakses.

Pemerintah Jerman menawarkan biaya pendidikan yang sangat terjangkau sekitar 7 hingga 8,5 juta rupiah per tahun. Biaya terjangkau tersebut diperuntukkan baik bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Bahkan, beberapa universitas menawarkan program kuliah gratis khusus mahasiswa undergraduate atau S1.

3. Spanyol

Pelajar internasional dari seluruh dunia juga banyak yang mengincar negara ini. Sistem pendidikan Spanyol diatur dan dilaksanakan dengan baik serta dirancang untuk memberikan kesempatan belajar yang maksimal kepada siswa dari seluruh tingkatan. Selain itu, iklim Mediterania, destinasi indah, dan budaya lokal membuat berkuliah di negara ini menjadi menyenangkan dan disenangi oleh para mahasiswa internasional.

Mahasiswa internasional dapat belajar di Spanyol dengan mengeluarkan biaya cukup terjangkau sekitar 700 hingga 1,500 USD (10 hingga 22 juta rupiah) per tahun. Biaya dibebankan pada ‘per kredit’ dasar dan bisa lebih tinggi di tingkat pascasarjana. Meskipun begitu, kamu bisa mudah mendapatkan bantuan finansial berupa berbagai jenis beasiswa dengan persyaratan yang berlaku.

4. Belanda

Belanda adalah negara dengan kualitas pendidikan tinggi berkelas dunia. Termasuk sebagai negara dengan biaya kuliah yang terjangkau, beberapa kota seperti Den Haag—salah satunya, merupakan destinasi yang baik untuk bidang studi seperti keadilan, politik internasional, dan ekologi.

Karena biaya kuliah di Belanda tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara berbahasa Inggris lainnya, kamu bisa mengeluarkan sekitar 1900 hingga EUR 15.000 atau 33 hingga 264 juta setiap tahunnya, tergantung pada universitas dan program studi.

5. Rusia

Seiring kualitas pendidikan di Rusia yang terus meningkat, semakin banyak siswa internasional memilih negara ini sebagai tujuan studi. Banyak universitas Rusia menyediakan pendidikan bernilai tinggi dan biaya hidup di sebagian besar kota Rusia cukup rendah, menjadikan Rusia salah satu negara paling terjangkau bagi siswa internasional. 

Pendidikan tinggi di Rusia juga relatif terjangkau karena biaya masuknya dapat dikatakan murah. Kamu dapat merogoh kocek hanya sekitar 5 hingga 17 juta per tahun. Selain itu, kamu bisa mendapatkan kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Rusia seperti beasiswa maupun pertukaran pelajar bagi masyarakat dunia yang ingin mempelajari budaya Rusia.

6. Perancis

Kamu juga pasti sudah sering mendengar kalau Perancis dikenal memiliki sejarah yang kuat sebagai penyedia pendidikan terbaik dunia. Negara ini menjadi salah satu destinasi populer untuk kuliah di luar negeri karena salah satu halnya yang menawarkan biaya kuliah yang murah jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Untuk universitas negeri, rata-rata biaya kuliah S1 dapat berkisar antara 3 juta rupiah dan 4,5 juta rupiah untuk S2 pertahunnya. 

Baca juga: Catat! Ini Kisaran Biaya Kuliah di Benua Eropa

7. Malaysia

Malaysia adalah salah satu negara di Asia yang sering dipilih sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan tinggi. Negara ini menjadi favorit karena reputasi pendidikan dan biaya studi yang terjangkau bagi para pelajar. Dikenal sebagai pelopor dalam program twinning pada tahun 1980an, Malaysia bekerjasama dengan universitas luar negeri baik Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jerman, Perancis, Selandia Baru, dan lainnya.

Biaya yang dikeluarkan untuk kuliah sekitar RM 20.000 hingga RM 25.000 (67 juta rupiah) per tahun. Biasanya biaya tersebut sudah mencakup banyak hal seperti biaya pendaftaran, uang pendidikan, premi kesehatan, biaya laboratorium, serta biaya lainnya. Meskipun begitu, tetap ada beberapa program jurusan yang menawarkan biaya yang lebih murah.