7 Rekomendasi Novel Tahun 2019 Yang Layak Untuk Dibaca

SekolahNews — Bingung menghabiskan waktu selama liburan kali ini? Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan. Salah satunya dengan membaca novel.

Berikut beberapa novel yang bisa menemani liburan kamu, Yuks lah!

Baca juga: 10 Film Biografi Indonesia yang Layak Ditonton
1. Orang-orang Biasa
sumber Shopee

Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi, kembali menulis dengan karya terbarunya di tahun 2019 berjudul Orang-Orang Biasa.

Di novelnya kita bertemu sepuluh sekawan yang bernasib sial sejak kecil. Mereka murid-murid terbodoh di kelas sekaligus datang dari keluarga miskin. Lantaran bodoh dan miskin, mereka jadi sasaran empuk penindasan.

Di novel ini para pem-bully itu adalah Trio Bastardin dan Duo Boron. Nasib buruk itu berlangsung hingga mereka dewasa. Mereka tak bisa keluar dari lingkaran kemiskinan seperti sekawan di Laskar Pelangi. Ada yang jadi orangtua tunggal, membesarkan anak-anaknya sambil berjualan mainan. Ada yang menjadi supir dan pegawai rendahan. Ada yang membuka kios buku tapi sepi pembeli. Ada yang menjadi guru honorer bergaji kecil tapi punya banyak anak.

Jika membaca buku Laskar Pelangi, kita diajak merasakan bagaimana perjuangan seorang anak desa meraih cita-citanya. Nah di buku Orang Biasa justru sebaliknya. Tema besar Laskar Pelangi  adalah from zero to hero, bagaimana orang kecil yang miskin dan bukan siapa-siapa pada akhirnya bisa meraih kesuksesan hidup. Jalannya lewat pendidikan.

Pendek kata, di Laskar Pelangi kita bersua dengan intan-intan yang menyembul dari bebatuan hitam kemiskinan. Orang-orang Biasa tak memiliki intan-intan semacam Ikal, Lintang atau Mahar. Yang dipunya justru arang-arang hitam, mereka yang dipermainkan nasib: jadi orang miskin sekaligus bodoh. Lewat novel antitesa ini, sang penulis, Andrea Hirata, seolah hendak bilang apa yang diceritakannya di Laskar Pelangi sebuah anomali.

2. Kami Bukan Sarjana Kertas
Sumber: cdn.idntimes

Buku karya J.S. Khairen ini tepat sekali dibaca bagi Anda yang sedang diujung tanduk alias hampir putis asa. Buku ini berisikan kisah tujuh mahasiswa yang sedang kuliah di perguruan tinggi swasta di tengah ibu kota. Dengan kemampuan pas-pas an mereka, tujuh mahasiswa yang terjebak di kampusnya sendiri atau disebut dengan kampus UDEL. Menceritakan alasannya yang terungkap dari mereka masuk ke kampus UDEL ini dengan bermacam-macam, ada yang tak bisa masuk negeri, ada yang orang tuanya tak cukup masuk swasta unggul, ada pula yang karena biar kuliah saja.

Dinamika perjalanan ke tujuh mahasiswa dengan beragam konflik masing-masing dari mereka adalah poin cerita di buku best seller 2019 ini. Di sini Anda akan diajak untuk merasakan dan berpikir seberapa penting sebuah ijazah dan nilai IPK yang bagus untuk masa depan? Anda juga akan diajak menjelajahi serunya persahabatan diantara mereka, dan dosen nyentrik yang punya cara mengajar yang berbeda dari dosen-dosen biasanya.

3. Komet Minor
sumber Shopee

Hasil karya penulis terkenal Tere Liye ini menjadi buku terakhir dari seri Bumi yang secara resmi dirilis pada 11 Maret 2019. Novel Komet Minor menceritakan tentang petualangan Raib, Ali dan Seli dalam berpetualang mencari tiga potongan benda pusaka yang sedang diincar oleh si Tanpa Mahkota. Mereka berpetualang menyusuri tiga tempat untuk mencari potongan potongan benda tersebut.

Kisah petualangannya terasa lebih seru berkat kecerdikan Batozar. Petualangan mencari potongan tombak pusaka memang terdengar mainstream, tapi Tere Liye berhasil menyampaikannya dengan baik. Pertarungan yang mereka lalui melawan si Tanpa Mahkota dan orang-orang kuat yang berusaha melindungi potongan-potongan tombak juga menawan. Secara pribadi aku suka karena kemampuan mereka bertiga meningkat, termasuk Seli.

Pesan moral dari buku best seller 2019 yang didapatkan dalam buku ini, bahwa sehebat apa pun kekuatan kejahatan hingga tak ada yang menandinginya, selalu saja bisa dikalahkan dengan kebaikan. Lihat saja, meskipun si Tanpa Mahkota telah berlatih dua ribu tahun, tak ada lawan yang bisa menandinginya, pada akhirnya ia kalah, karena kebodohannya sendiri yang awalnya dia pikir hebat dan pintar.

Dari buku ini kita diajarkan  bahwa persahabatan itu selalu indah dan menyenangkan. Lihat saja tiga sekawan: Raib, Seli, dan Ali, rintangan apa pun yang mereka hadapi, selalu bisa mereka hadapi dan selesaikan, kekompakan mereka dalam menjaga persahabatan, meskipun mereka sering bertengkar, namun saat harus menyelesaikan satu demi satu pertarungan, mereka selalu kompak.  Salut banget dengan persahabatan sejati yang mereka jalin.  Selain itu juga tentang pengorbanan para petarung dalam melawan  kejahatan si Tanpa Mahkota, dan yang lebih penting lagi adalah kisah di buku ini adalah tentang memaafkan.  Kejahatan sebesar apa pun yang telah dilakukan oleh penjahat, hanya dengan memaafkanlah maka kisah si Tanpa Mahkota akan berakhir dengan elegan, dan tak perlu mengulangi sejarah yang sama para pendahulunya.

Baca juga: Deretan Film Bioskop yang akan Tayang di Akhir Tahun 2019
4. Dhirga
sumber Shopee

Novel karya penulis Natalia Tan ini menceritakan kisah cowok blasteran Indonesia-Inggris, bernama Dhirga Alpha Pratama, Sang Berlian SMA Angkasa. Sekiranya itulah julukan untuk si Ketua OSIS SMA Angkasa yang selalu berekspresi datar, dan selalu berikap dingin, disiplin, juga tegas pada siapapun. Kehidupan Dhirga yang semulanya terarah sesuai rencana, kini harus lari dari jalur itu karena satu cewek yang bernama Alexa Adelia Tanuwijaya penasaran padanya hingga terus ikut campur dalam setiap tindakan Dhirga.

Dan semakin lama Alexa mendekati Dhirga, semakin ia tahu bahwa kehidupan cowok itu tidak pernah terbayang di benaknya sebelumnya. Dhirga sangat berbeda dari apa yang ia lihat di sekolahnya. Terlibat tawuran, balapan motor, dan berkawan dengan geng nakal. Dari sanalah gadis itu yakin bahwa yang dianggap baik belum tentu benar-benar baik.

SMA Angkasa punya tawa saat remaja yang akan dirindukan kembali saat dewasa kelak.

 5. About Life

Buku yang ditulis oleh Tere Liye ini berisi kumpulan quotes tentang kehidupan dan

cinta yang dikemas dengan typografi yang menarik. Setiap halaman ada satu quote.

Jatuh cinta adalah salah satu anugerah terbaik. Cinta memberi kita kesempatan untuk memahami banyak hal. Cinta juga menjadikan kita lebih dewasa, lebih berani, dan bertanggung jawab. Cinta pula yang menjadikan manusia sebagai manusia. Cocok dibaca bagi mereka yang sedang dilanda gundah gulana, galau tanpa titik, atau kerinduan yang sunyi
Masing-masing dari kita memiliki kutipan favorit tentang cinta. Satu, sepuluh, atau bahkan seratus kutipan seperti yang ada dalam buku ini bisa menjadi pegangan kita dalam mencinta.

6. Kata
sumber medium

Kata merupakan novel karya Rintik Sedu alias Nadhifa Allya Tsana. Penulis muda ini merupakan novel romance yang terdapat banyak kata puitis dan gombal layaknya Novel Dilan.

Kata menceritakan tentang Binta, Nugraha dan Biru. Binta atau Senjani memiliki kisah masa lalu bersama Biru. Sayangnya, Biru tak pernah mengungkapkan atau memberi tahu tentang perasaannya pada Binta. Setamat SMA, Biru pergi dan menghilang entah kemana. Membuat Binta semakin tak percaya akan cinta sejati. Semenjak kejadian itu, ditambah lagi dengan keadaan keluarganya sekarang, Binta menjadi sosok yang pendiam dan penyendiri. Binta dikenal sebagai invisible woman di kampusnya.

Novel ini sangat aku rekomendasikan untuk dibaca oleh orang yang saat ini sedang terjebak dalam masa lalunya. Orang orang yang sampai saat ini sedang menunggu kepastian akan masa lalunya. Orang orang yang bingung untuk memilih; bertahan pada masa lalu atau bangkit dan mencoba dengan yang baru.

Meski novel ini adalah novel tentang kisah percintaan dan banyak adegan seperti ftv, aku tetap suka. Novel ini secara tak langsung mengajariku untuk bangkit dari masa lalu dan beranjak menatap masa depan dengan orang yang baru. Penggunaan bahasanya  mudah dipahami, ringan dan cukup puitis. Serta pesan dalam novel ini disampaikan dengan baik.

7. Senja & Pagi
sumber Shopee

Dikenal sebagai Youtuber Sukses, kini Alffy Rev melebarkan sayapnya menjadi salah satu penulis dengan meluncurkan buku yang berjudul Senja & Pagi. Novel tersebut memiliki judul yang sama seperti salah satu yang dia ciptakan. Menurutnya, kisah dalam novel Pagi & Senja bukanlah kisah fiktif belaka. Namun terdapat kisah nyata dirinya bersama Linka Angelia, sang istri yang dicintainya.

Baca juga: 8 Film Motivasi Indonesia yang Terbaik

Novel ini membawa kita menelusuri kisah singkat alfy dan linka sejak bertemu hingga menjadi sah. Ditambah dengan beberapa gambar yang ditampilkan oleh alfy sejak kecil, bertemu dgn papa linka hingga akhirnya menikah.

buku ini cukup menjadi motivasi buat anak muda untuk tetap mengejar cita-cita tanpa menduakan kisah cinta. Seiring berjalan beriringan dan tetap selalu berkarya walaupun status telah berubah.  Justru buku ini menggambarkan bahwa pernikahan tidaklah menjadi penghalang untuk berhenti berkarya, apalagi ketika pasangan mempunyai frekuensi yang sama dengan yang diharapkan.