8 Bahaya Tidur di Sofa

Sekolahnews.com –– Ketika bersantai, tak jarang seseorang memilih untuk berbaring di kursi atau sofa dengan alas dan tidak akan tidur dalam jangka waktu lama. Kalau kamu sering melakukannya, sebaiknya hindari kebiasaan tidur di kursi.

Meski tidur menjadi kegiatan yang penting bagi tubuh, tapi kamu harus berpikir ulang jika kamu sering tertidur di sofa.

Jangan disepelekan! Kalau kamu sekadar berbaring di sofa untuk bersantai sebentar, nampaknya tak akan menjadi masalah besar. Hal yang menjadi masalah adalah kalau kamu sering tidur di kursi.

Baca juga: Bagaimanakah Cara Tidur yang Baik untuk Kesehatan?

Berikut beberapa akibat tidur di sofa yang membuat kamu berpikir dua kali untuk melakukannya lagi:

1. Tidak Bisa Tidur Berkualitas

Jangan harap bisa mendapatkan tidur berkualitas ketika tidur di sofa. Meski kamu tidur dengan nyenyak dan dalam jangka waktu cukup lama, dapat dipastikan kalau kamu tidak akan mendapatkan tidur berkualitas.

Selain pegal-pegal, akibat tidur di kursi juga bisa membuat kamu mengalami gangguan tidur. Hal ini bsia terjadi kalau kamu adalah tipe orang yang mudah terlelap dengan nyenyak di sofa saat siang hari. Jangan heran kalau kamu jadi lebih mudah bangun saat tidur malam.

2. Sakit Punggung Berkepanjangan

Sakit punggung saat bangun tidur bukan hanya disebabkan oleh tempat tidur yang tidak nyaman. Faktanya, nyeri tulang punggung juga bisa disebabkan oleh kebiasaan tidur di sofa. Beberapa orang tidak akan mengalami efek samping tidur di kursi secara langsung, kebanyakan setelah melakukan hal ini berkali-kali.

Sakit punggung disebabkan oleh tekanan yang diterima cukup besar ketika kamu sering tidur di sofa dalam kurun waktu yang cukup lama. Tekanan yang cukup besar, namun permukaan tidur tidak empuk lah yang jadi faktor penyebabnya.

3. Jadi Mudah Sakit

Sangat disarankan untuk menghindari salah satu penyebab gampang sakit yaitu tidur di atas kursi. Disadari atau tidak, kebanyakan orang tentu lebih malas untuk membersihkan kursi atau sofa. Belum lagi area ini digunakan untuk menyambut tamu. Tak heran kalau akan ada banyak kotoran dan kuman.

Baca juga: 7 Masalah Tidur Umum Ini Ternyata Indikasi Gangguan Kesehatan Serius

Berbeda halnya dengan kasur. Ketika malas membersihkan kasur, setidaknya kamu akan mengganti sprei, sehingga jumlah kuman dan kotoran akan lebih sedikit. Melihat fakta ini, tentu saja salah satu akibat tidur di sofa adalah ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh kamu.

4. Posisi Tidur Salah

Meski sudah dibuat senyaman mungkin, posisi tidur di sofa tetap tidak akan nyaman bagi tubuh. Jangan disepelekan karena efek jangka panjangnya cukup berbahaya bagi tubuh. Bagian tubuh yang akan terkena dampaknya yaitu otot leher dan tulang.

5. Memengaruhi Struktur Tulang Belakang

Bukan hanya memberikan rasa tidak nyaman dan mendatangkan berbagai penyakit, bahaya tidur di sofa juga bisa memengaruhi struktur tulang belakang. Seperti yang kita tahu, sofa tentu dirancang untuk memberikan kenyamanan saat duduk, bukan untuk tidur.

Oleh karena itu, tidur di kursi akan berdampak buruk pada struktur tulang belakang kamu. Bagian permukaan dan isinya memang tidak diracang untuk berbaring. Gejala awalnya bisa terlihat dari rasa tidak nyaman saat bangun tidur di sofa.

6. Susah Tidur Nyenyak

Penempatan sofa di rumah biasanya ada di ruang tamu yang mendapatkan cukup cahaya dari luar rumah. Tak jarang juga ada banyak lampur di ruangan tersebut. Kalau kamu tidur di sofa, maka jangan harap bisa tidur nyenyak. Kamu bisa saja akan terbangun karena ada gangguan cahaya lampu.

7. Tubuh Bisa Kepanasan

Ketika tidur di sofa, tak jarang seseorang akan merasa kepanasan atau mungkin kedinginan. Hal ini dipengaruhi oleh material sofa yang pastinya berbeda dengan kasur. Sebenarnya hal ini juga bisa dialami ketika memilih kasur yang salah karena ada beberapa produsen kasur yang menggunakan material cukup panas.

Baca juga: 5 Hal yang Menyehatkan Otak, Salah Satunya Tidur Nyenyak

Itu dia beberapa akibat tidur di sofa yang jarang diketahui, namun perlu diwaspadai. Melihat beberapa efek samping yang ada di atas, sebaiknya tidurlah di kasur yang nyaman agar terhindar dari berbagai bahaya di atas.

8. Sofa Cepat Rusak

Jika kamu sering menggunakan sofa sebagai tempat tidur, hal ini tak hanya membuatmu mengalami gangguan tidur dan nyeri punggung. Sofa juga menjadi mudah mengalami rusak karena sering digunakan.