9 Sekolah Ikatan Dinas, Setelah Lulus Langsung Kerja

SekolahNews – Mau langsumg kerja di instansi atau lembaga milik pemerintah setelah lulus sekolah? Hal ini sangat mungkin jika kita sekolah ikatan dinas yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Selain menempuh pendidikan, siswa juga diberikan beberapa fasilitas, misalnya uang saku, hingga tempat tinggal asrama. Cuma untuk dapat masuk calon siswa harus memenuhi persyaratan sehingga bisa daftar dan lulus tes.

Baca: Daftar kampus kedinasan dibawah Kementerian dan Lembaga

Berikut sekolah ikatan dinas yang dilansir dari detikcom:

1. PKN-STAN
dok.PKN-STAN

Sekolah ikatan dinas yang pertama adalah Politeknik Keuangan Negara STAN. Sekolah ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan.

2. STIN
dok.STIN

Sekolah yang dinaungi oleh Badan Intelijen Negara ini terletak di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Saat bersekolah di sini, siswa akan belajar mengenai ilmu intelijen.

3. STIS
dok.STIS

Bila menyukai ilmu statistik dan ilmu matematika, kamu bisa mendaftar di STIS. Sekolah ikatan dinas ini dikelola oleh Badan Pusat Statistik.

4. STSN
dok. STSN

Sekolah ikatan dinas yang berkaitan dengan keamanan data dan internet adalah STSN. Sekolah ini dinaungi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

5. STPI
do. STPI Curug

Bidang penerbangan juga ada di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Ada empat jurusan di sekolah ikatan dinas ini, yakni Penerbangan, Teknik Penerbangan, Keselamatan Penerbangan, dan Manajemen Penerbangan.

6. IPDN
dok.IPDN

Bagi siswa yang ingin terjun dalam persoalan dalam negeri bisa mencoba sekolah ikatan dinas IPDN. Sekolah ini terletak di Sumedang, Jawa Barat

7. AKPOL
dok. Sick Freak The People Jr

Untuk menjadi polisi juga ada sekolah ikatan dinasnya lho. Di sini, siswa akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dan lulus dengan gelar Ipda (Inspektur Polisi Dua) dan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

8. STTD
dok. STTD

Kementerian Perhubungan juga membawahi sekolah ikatan dinas STTD. Awalnya sekolah ini bernama Akademi Lalu Lintas namun sejak tahun 2000 berubah menjadi STTD.

9. AKMIL

Sekolah ikatan dinas yang lain adalah akademi militer yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Lulus dari sini, siswa akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pertahanan.

Mari mulai persiapkan diri kalian jika ingin sekolah di sekolah ikatan dinas tersebut dari sekarang. Semangat ya…