9 Tips Agar Bisa Santai Menghadapi Ujian

Sekolahnews.com – Siapapun yang pernah sekolah pasti pernah dibuat panik oleh ujian. Dan ini sah-sah saja. Pasalnya, ujian memang tak bisa dipungkiri akan menguras banyak tenaga.

Ada banyak ujian tulis yang akan dilalui seseorang sepanjang hidupnya, termasuk Anda. Syarat agar Anda berhasil dalam ujian adalah santai dan tenang.

Namun saat waktu ujian makin dekat, mayoritas orang justru panik dan cemas. “Seperti apa soal-soalnya?” atau “Apakah nanti aku akan berhasil?” atau parahnya “Bagaimana kalau saya gagal?”

Baca juga: Yuk…Siap-Siap Mau Ujian Akhir Semester

Pikiran seperti itu justru bisa jadi bumerang, karena banyak penelitian menunjukkan bahwa mereka yang santai dan tenang selama ujian justru berhasil.

Nah, kamu yang tidak ingin terus-menerus dilanda perasaan ini, coba beberapa tips berikut :

1. Kenali diri sendiri dan pilih metode belajar yang sesuai

Semua orang belajar dengan cara yang berbeda. Mulai dari yang sukanya belajar kelompok, belajar sendiri, belajar dari mendengarkan cerita orang lain, belajar melalui video, mendengarkan musik, berdiskusi dan sebagainya.

Dengan memahami apa yang lebih kamu sukai dan inginkan – terkait metode belajar ini – dijamin proses belajar pun akan  lebih produktif. Dijamin proses belajar jadi lebih asik dan menyenangkan. Materi pelajaran pun jadi lebih mudah untuk kamu pahami.

2. Pelajari Teknik Rileksasi Diri

Tips tenang dan fokus saat ujian selanjutnya adalah dengan belajar rileksasi diri. Mempelajari teknik merileksasikan diri kiranya cukup berguna agar dapat menenangkan pikiranmu menjelang ujian. Dengan melakukannya, kamu bisa lebih tenang dan rileks sehingga segala ketakutanmu saat akan menghadapi ujian bisa sirna.

Kenali dulu hal apa saja yang bisa membuat dirimu rileks. Untuk dapat mengenalinya, kamu cukup mengingat kebiasaanmu saat sedang panik. Ada beberapa teknik umum yang bisa kamu terapkan saat akan panik. Teknik tersebut seperti menarik napas panjang, memejamkan mata, dan berhenti berpikir sejenak.

3. Practice Makes Perfect

Berlatih adalah salah satu cara untuk menguji pemahaman terhadap materi pelajaran yang kamu pelajari. Jangan melakukan belajar dengan “sistem kebut semalam” alias SKS. Sebab, hal itu hanya akan membuatmu kekurangan waktu istirahat. Kekurangan waktu istirahat pastinya akan berdampak saat esok harinya kamu mengerjakan soal-soal.

Mulai diganggu rasa kantuk hingga kehilangan fokus akan kamu rasakan saat ujian. Bahkan, tubuh yang kurang istirahat akan membuatmu cepat panik sehingga ketika menghadapi soal-soal yang mudah akan terasa sulit.

4. Istirahat yang Cukup

Belajar memang penting. Tetapi belajar tanpa kenal lelah, apalagi sampai tidak tidur tentu saja bukan pilihan terbaik. Bagaimanapun, istirahat juga penting. Dengan beristirahat, khususnya tidur cukup, kamu bisa membuat otak lebih mudah dalam  mengasimilasi pengetahuan baru ke ingatan jangka panjang. Jadi tidak gampang lupa.

Usahakan, seminggu sebelum ujian, kamu sudah memiliki pola tidur yang benar. Cobalah untuk tidur dan bangun tepat waktu.

5. Olahraga

Berolahraga untuk melepaskan stress, mungkin terdengar sangat serius. Tapi percayalah, ini patut untuk dicoba. Dengan berolahraga secara rutin, entah itu sekedar jalan cepat ataupun jalan santai, kamu bisa membuat aliran darah di tubuh lebih lancar. Ini membantu dalam membakar efek negatif dari hormon stres.

6. Makan & Minum yang Cukup Sebelum Ujian

Sebelum kamu menghadapi ujian, jangan sampai lupa sarapan. Dengan asupan makanan dan minuman yang cukup, kamu jadi punya cukup energi untuk mengerjakan soal ujian. Saat perut kenyang dan rasa haus hilang, konsentrasi jadi lebih baik, lho.

Tapi ingat jangan berlebihan juga ya. Kalau kondisimu kekenyangan, bukannya mengerjakan soal dengan optimal malah kamu jadi mengantuk. Jangan pula minum berlebihan kalau kamu nggak mau bolak-balik ke kamar kecil.

7. Persiapkan Segala Keperluan Ujian Jauh-Jauh Hari

Siapkanlah semua perlengkapan ujian, mulai dari alat tulis hingga kartu ujian dan jangan sampai tertinggal. Pastikan segala keperluanmu sudah lengkap dan berada di dalam tasmu.

Akan lebih baik, segala perlengkapan ini sudah kamu siapkan di dalam tas seminggu sebelum ujian. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mencari-cari di mana letak benda-benda penting tersebut. Ketika pagi hari menjelang ujian, kamu hanya cukup mengambil tas dan langsung berangkat ke sekolah dengan tenang.

8. Tandai bagian yang ingin dihapalkan

Saat sudah kembali menekuni buku catatan dan diktatmu, kamu bisa menandai bagian yang penting dan ingin dihapalkan dengan menggunakan stabilo berwarna cerah seperti kuning, orange, hijau, atau biru muda.

Warna-warna cerah juga terbukti bisa menstimulasi ingatan dan memori yang masuk ke otak. Bila perlu kamu bisa menyalin catatanmu kembali dengan bahasamu sendiri yang lebih ringan dan gampang dimengerti.

Menuliskan ulang catatan bisa menjadi cara ampuh untuk sekedar membaca dan mengingat saja. Jika kamu menganggap menyalin ulang hanya membuang waktu, kamu bisa membaca dan menciptakan jembatan keledai yang akan mempermudahmu dalam proses mengingat materi yang masuk di kepala.

9. Berdoa

Saat semua sudah dipersiapkan, selalu berdoa dan pasrahkan hasilnya kepada Tuhan YME. Ketika Anda sudah memasrahkan semuanya, lakukan yang terbaik. Apapun hasilnya nanti, itu menjadi pilihan terbaik dari Tuhan untuk Anda. Selama Anda berpikir positif, semua akan dilancarkan.

Baca juga: Tips Menghadapi Ujian

Nah, walaupun usaha sudah maksimal, berdoa juga sudah, tapi ada kalanya memang gagal juga. Memang, hasil tidak mengkhianati usaha. Namun, kegagalan setelah usaha maksimal itu benar terjadi.

Kalau ini terjadi pada diri, jangan menyerah. Ada pelajaran berharga dibalik kegagalan tersebut. Mungkin, memang untuk saat ini, hasil ujian memuaskan tidak yang terbaik untuk diri. Mungkin ada skenario yang terbaik menanti.

Jadi, jangan pernah menyerah. Bersedih boleh. Siapa sih yang tidak sedih, ketika usaha sudah maksimal ternyata hasil yang didapat sungguh mengecewakan. Tapi jangan larut dalam kesedihan. Bangkit dan jadilah pribadi yang lebih baik lagi.