9 Tips Memilih Tempat Bimbel

Sekolahnews.com – Bimbingan belajar sepertinya sudah menjadi salah satu alternatif terbaik dalam meningkatkan kemampuan belajar. Setiap bimbingan belajar tentu memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Meski begitu, tidak semua anak merasa cocok dengan fasilitas yang ditawarkan. Agar kamu nggak salah pilih, kamu bisa membaca beberapa tips memilih bimbingan belajar terbaik di bawah ini :

1. Pilih tempat bimbel yang banyak “mencetak” bibit unggul

Mencetak disini maksudnya menghasilkan bibit unggul. Seperti saat tes masuk perguruan tinggi, misalnya, apakah anak-anak yang bimbel di tempat tersebut berhasil masuk atau tidak. Lihat berapa banyak jumlahnya, lalu bandingkan dengan total anak yang bimbel di sana.

Tempat bimbel seperti inilah yang bisa dikatakan bagus karena kelihatan hasilnya. Tidak rugi juga rasanya karena telah mengeluarkan uang sekian juta untuk membayar bimbel anak.

Sebab, ada beberapa tempat bimbel yang cuma menang nama saja karena mereka menggunakan teknik promosinya yang bagus. Padahal kualitas anak yang belajar di sana biasa-biasa saja. Inilah yang harus dijadikan bahan pertimbangan.

2. Dimentori oleh tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman

Dari banyak tidaknya bibit unggul yang berhasil “dicetak” oleh tempat bimbel, Anda bisa lihat kualitas tenaga pengajar atau guru bimbelnya. Sebab, pintar atau tidaknya anak tidak lepas dari guru mengajar di kelas. Apakah materi yang diajarkan bisa disampaikan dengan baik atau tidak.

Di samping kualitas, Anda juga wajib mempertimbangkan pengalaman guru bimbel yang bekerja disana. Guru yang berpengalaman biasanya akan lebih tahu cara mengajar anak-anak, khususnya yang memasuki semester akhir. 

Terkait pengalaman ini, Anda bisa tanyakan langsung ke bagian administrasi saat mendaftarkan anak. Alhasil, anak ditempatkan di tempat bimbel yang pas dengan kebutuhannya.

3. Rata-rata jumlah murid yang diajar

Kualitas merupakan hal yang penting saat memilih tempat bimbel, tapi kuantitas juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Kuantitas anak murid yang diajar juga perlu dipertimbangkan. Semakin sedikit, biasanya anak-anak bisa lebih fokus belajar.

Kuantitas gurunya juga perlu disesuaikan dengan jumlah anak. Jika satu guru mengajari 50 anak sekaligus, pasti kewalahan dan anak-anak tidak bisa berinteraksi dengan efektif dengan guru.

Sebab dalam belajar, komunikasi dua arah itu sangat penting dan akan mempengaruhi hasil belajar anak. Sebagai orang tua, Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk anak, kan?

4. Tempat Strategis dan Nyaman

Selain fasilitas dan kualitas, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan faktor lokasi Jangan sampai kamu merasa lelah duluan karena harus menempuh perjalanan jauh dari rumah ke tempat bimbingan belajar. Bisa-bisa nanti kamu malah jadi tidak fokus saat mentor menerangkan materi. Hal tersebut tentu akan sangat merugikanmu. Kamu tentu tidak mau, kan, datang sia-sia ke tempat bimbingan belajar?

Jadi, cari bimbingan belajar yang lokasinya cukup dekat dari rumah. Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa memilih bimbingan belajar yang dekat dari sekolah. Umumnya, waktu bimbingan belajar baru dimulai pada sore hari. Jadi, setelah pulang sekolah, kamu bisa langsung mendatangi bimbingan belajar. Kamu bahkan bisa sekalian membahas materi yang kamu dapatkan di sekolah pada hari itu.

5. Tidak cuma sekedar janji

Sebelum memilih satu tempat bimbel, sebaiknya lihat kinerjanya terlebih dahulu. Tidak sedikit tempat bimbel cuma janji-janji semata, tapi hasilnya nihil. Anak tidak tambah pintar, tapi uang habis membayar biaya bimbel setiap bulan.

Selain itu, jangan mudah termakan iklan atau promosi. Keduanya tidak jadi jaminan kalau suatu tempat bimbel bagus. Sebab, tempat bimbel akan melakukan upaya terbaik mereka untuk memikat hati anak maupun orang tua. 

Selidiki dan kenalilah lebih dalam tentang tempat bimbel anak. Bila perlu, tanya teman atau kolega yang juga memasukkan anaknya bimbel. Sekedar referensi, mengapa tidak?

 

6. Metode Pembelajaran Setiap bimbingan belajar memiliki metode pembelajaran tersendiri yang menjadi ciri khas mereka. Tapi tentu tidak semua metode akan cocok dengan kita. Sama halnya seperti mentor, kamu bisa mengetes metode pembelajaran suatu bimbingan belajar dengan mengikuti kelas percobaan yang diadakan. Ada pula metode bimbingan belajar online yang tidak kalah efektifnya dengan metode konvensional