Apa Daring dan Luring? Ini Penjelasannya

Sekolahnews.com – Tahukah kamu apa itu daring dan luring?

Di masa pandemi ini, istilah daring sering terdengar. Namun, apa sebenarnya daring itu? Lalu, apa bedanya daring dengan luring?

Arti daring menurut KBBI adalah terhubung melalui jejaring komputer, internet dan sebagainya. Daring adalah singkatan atau kronim dari ‘dalam jaringan’. Dalam bahasa Inggris, kita mengenalnya dengan istilah online.

Kata ‘jaringan’ di sini mengacu pada jaringan internet. Artinya, daring adalah sesuatu yang terhubung melalui jaringan internet.

Aktivitas daring terjadi saat perangkat elektronik seperti komputer, laptop, maupun ponsel terhubung ke internet.

Saat ini, semua pembelajaran dilakukan dengan daring.

Nah, pembelajaran ini adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS), seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan sebagainya.

Jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Media

1. Komunikasi Sinkron Video Call. Salah satu jenis komunikasi daring sinkron ialah video call. Seperti namanya, komunikasi jenis ini pun menggunakan cara video call untuk saling terhubung. Sehingga kamu akan tetap mengetahui keadaan lawan bicaramu melalui layar smartphone ataupun layar komputer.

2. Komunikasi Sinkron Chat. Jenis komunikasi sinkron ini tentu saja dilakukan dengan cara berbagi chat ataupun obrolan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicara. Saat ini pun berbagai platform menyediakan jasa komunikasi via chat, antara lain WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan lain sebagainya.

3. Komunikasi Sinkron Call. Jenis komunikasi ini merupakan komunikasi yang bisa dilakukan dengan cara telepon. Jadi kamu bisa menelpon seseorang yang jauh dengan menggunakan fitur yang ada pada sebuah aplikasi.

4. Komunikasi Asinkron Video. Berbeda dengan jenis komunikasi sinkron video call, pada komunikasi asinkron video ini, kamu hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Jadi bisa diartikan bahwa komunikasi asinkron video ini kamu tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lawan bicara kamu.

4. Komunikasi Asinkron Chat. Meskipun jenis komunikasi ini dilakukan dengan menggunakan komputer ataupun smartphone dan juga jaringan internet, akan tetapi sifatnya sama dengan komunikasi asinkron video. Kamu bisa berbagi pesan singkat menggunakan beberapa platform yang ada, akan tetapi komunikasi yang terjalin merupakan komunikasi tunda.

Merinci kegiatan-kegiatan daring, di antaranya ada sekolah online, webinar, kelas online, KKN online, sampai kuliah online. Seluruh kegiatan yang dilakukan menggunakan jaringan internet dan komputer.

Lalu, apa itu luring?

kebalikan dari daring.

Luring merupakan singkatan atau akronim dari ‘luar jaringan’, atau kita mengenalnya dengan offline dalam bahasa Inggris.

Sama seperti daring, ‘jaringan’ di sini masih mengarah pada internet.

Sedangkan sistem pembelajaran luring merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka dan enggak memerlukan jaringan internet.

Jenis kegiatan yang dilakukan luring lainnya yaitu menonton acara TVRI sebagai pembelajaran siswa sekolah, atau juga mengumpulkan karya berupa kliping.

Kegiatan luring enggak menggunakan jaringan internet dan komputer, melainkan media lainnya seperti TV dan dokumen.

Nah, itulah pengertian dan perbedaan dari daring dan luring.