Apa Sih Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan?

Sekolahnews.com – Pernah melakukan donor darah? Kamu mungkin belum pernah membayangkan sebelumnya bahwa beberapa tetes darah yang kamu sumbangkan bisa menjadi sangat berarti bagi orang lain.

Menurut Palang Merah Amerika, satu sumbangan darah dapat menyelamatkan sebanyak tiga nyawa dan setidaknya ada satu orang di Amerika Serikat yang membutuhkan darah setiap dua detik.

Manfaat donor darah ternyata tidak hanya menguntungkan bagi si penerima saja lho, tetapi juga bagi para pendonor. Berikut manfaat donor darah untuk kesehatan yang disandur dari blodsky melalui sodimi :.

1. Donor darah bisa menyeimbangkan kadar besi

Bedasarkan sebuah studi, karena konsumsi makanan tidak sedikit orang yang kadar zat besi dalam tubuh mereka berlebihan. Jadi donor darah yang perlu sekali dilakukan untuk menyeimbangkan darah mereka. Perlu diketahui bahwa darah yang memiliki kadar zat besi tinggi tidak baik bagi kesehatan jantung.

Bagi wanita, secara alami telah menyeimbangkan kadar zat besi pada tubuh ketika mengalami menstruasi. Sementara itu pria tidak mengalami menstruasi, jadi melakukan donor darah sangat baik sekali untuk dilakukan. Donor darah sangat baik baik pria muapun wanita

2. Mengetahui kondisi kesehatan.

Pada umumnya, ketika akan melakukan donor darah, terlebih dahulu pendonor darah akan dites atau dicek kesehatannya. Ini penting sekali dilakan karena untuk mengetahui apakah pendonor menderita penyakit tertentu yang dapat ditularkan melalui darah atau tidak.

Setelah dites kita bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita secara gratis. Dengan mengetahui kondisi kesehatan tubuh, kita menentukan tindakan apa yang perlu kita lakukan nantinya.

3. Mengurangi resiko kanker.

Siapa yang ingin terkena kanker, pastinya tidak ada yang ingin memiliki penyakit ganas tersebut. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa dengan mendonor darah maka kadar zat besi dalam tubuh kita akan berkurang. Nah ketika kadar zat besi bekrurang, maka berkurang juga resiko tubuh kita terkena kanker. Seperti kanker usus besar, paru, hati, tenggorokan dan lain-lain.

4. Jauh dari tekanan darah tinggi.

Ketika kita melakukan donor darah, maka volume darah pada tubuh kita akan seimbang. Dengan volume darah yang seimbang memungkinkan kita terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.

5. Dapat Mengurangi kolesterol

Kolesterol juga terdapat pada sel darah merah, entah itu kolesterol jahat maupun baik. Dengan melakukan donor darah, maka jumlah kolesterol juga akan ikut berkurang bersama darah yang didonorkan tersebut. Setelah mengetahui beberapa manfaat donor darah di atas, apakah berminat untuk donor darah? ya, kenapa tidak? Lakukan saja donor darah.

Jangan takut dengan jarumnya, sakitnya hanya sebentar ketika ditusukkan ke kulit, setelah darah mengalir tidak terasa sakitnya. namun pastikan dulu bahwa kondisi tubuh kamu dalam konsisi yang sehat. Selamat mendonor.

6. Membantu Menyelamatkan Nyawa

Sudah jelas jika tujuan dari mendonorkan darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Darah yang telah didonorkan bisa diberikan pada orang yang membutuhkan pertolongan, seperti korban kecelakaan, pengidap kanker atau kelainan darah, bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu, dan orang yang menjalani operasi besar.