Arti di Balik Lambang Pramuka, Tunas Kelapa

Sekolahnews– Pernah lihat lambing tunas kelapa atau nyiur yang ada di baju seragam Pramuka ? Apa maknanya?

Kata Pramuka berasal dari singkatan Praja Muda Karana. Artinya orang muda yang suka berkarya. Di Indonesia Pramuka memiliki lambang khas berupa silhouette Tunas Kelapa. Awal mulanya, lambang Gerakan Pramuka berupa gambar siluet tunas kelapa yang diciptakan oleh seorang Pembina Pramuka, yaitu Bapak Sumardjo Armodipuro. Beliau juga aktif bekerja sebagai Pegawai Tinggi Departemen Pertanian.

Tunas kelapa digunakan sebagai lambang Pramuka sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.Sejak saat itulah, lambang tunas kelapa ini digunakan pada benda-benda Pramuka, seperti bendera, papan nama, panji, lencana, dan lain-lain.

Kenapa lambang Pramuka Indonesia tunas kelapa ? Lalu apa arti tunas kelapa pada gerakan Pramuka? Berikut penjelasannya:

1. Pohon kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal

Istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah kelapa yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2. Pohon kelapa dapat bertahan lama dalam keadaan apapun

Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet. Selain itu besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian, serta kesukaran untuk mengabdi pada Tanah Air dan bangsa Indonesia.

3. Pohon kelapa dapat tumbuh di mana saja

Makna ini diidentikan anggota pramuka bisa membuktikan bahwa bisa menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

4. Pohon kelapa tumbuh menjulang lurus ke atas

Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5. Akar kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah

Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

6. Kelapa adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya

Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri kegunaannya kepada kepentingan Tanah Air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.