Baterai Ponsel Boros Karena Whatsapp, Benarkah?

SekolahNews — Dijagat maya warganet ramai membicarakan soal aplikasi perpesanan Whatsapp dikeluhkan penggunanya. Para pengguna banyak yang mengeluhkan baterai smartphone mereka menjadi lebih boros gegara Whatsapp.

Dikutip dari Detik.com, keluhan itu juga dikeluhkan pengguna Whatsapp di laman Reddit yang mengaku menggunakan smartphone One Plus 6.

“Seminggu lalu, saya menyadari kalau baterai One Plus 6 saya mendadak menjadi lebih boros dari biasanya. Hal ini terjadi setelah pembaruan Whatsapp yang saya instal di ponsel saya,” tulisnya.

Baca juga: Gimana Agar Tak di-Invite ke Grup WhatsApp Aneh? Ikuti Cara Ini

Menurutnya, ponselnya itu menunjukkan kalau Whatsapp tersebut digunakan secara aktif selama 1,5 jam. Padahal ia hanya menggunakan aplikasi itu selama satu menit.

Keluhan serupa juga ditemukan di Google Play Store yang menyebut dalam keterangan penggunaan baterai di ponsel tertulis jika aktivitas di background Whatsapp selama dua jam mengkonsumsi 25% baterai One Plus-nya.

“Hal itu tetap terjadi meski saya sudah mematikan aktivitas background [WhatsApp]. Hal ini menyebalkan. Tolong perbaiki aplikasinya,” tulis si pengguna itu.

Belum terungkap apa yang menyebabkan masalah meningkatkan penggunaan daya baterai ini, ataupun berapa banyak pengguna yang terdampak dari masalah ini. Namun Detik.com menyebut masalahnya terlihat terjadi setelah pembaruan WhatsApp di Android.

Baca juga: Fitur Unlock dengan Sidik Jari Kini Hadir di WhatsApp Android

Pembaruan yang dimaksud adalah penambahan fitur di mana pengguna bisa mengunci akses ke WhatsApp meskipun ponsel itu sedang tidak terkunci. Untuk membuka WhatsAppnya pengguna bisa menggunakan sensor sidik jari di ponsel mereka.

Jadi benarkah akibat pembaruan belakangan ini baterai ponsel terkuras lebih cepat karena atau ada sebab lain, kita tunggu respon pengelola Whatsapp.