Beberapa Minuman Penghilang Capek, Dijamin Segar

Sekolahnews.com – Semakin banyaknya pilihan minuman kesehatan, namun jamu masih mendapat tempat di hati penikmatnya, bahkan kini jamu disajikan dalam kemasan yang menarik. Khasiat jamu memang tidak diragukan lagi, seperti jenis minuman jamu berikut ini yang dipercaya bisa menghilangkan capek dan pastinya segar.

1. Beras kencur

Kencur adalah tanaman yang biasa dijadikan bahan rempah untuk makanan dan juga minuman. Salah satunya, jamu. Penyajiannya dicampur dengan beras serta yang lainnya. Rasanya cenderung manis. Kencur ini memiliki kandungan analgesik yang dapat meringankan rasa lelah.

2. Kunyit asam

Sesuai namanya, jamu yang satu ini memang sedikit asam. Namun, Anda tetap merasakan rasa manis begitu mengonsumsinya. Kunyit asam mengandung kurkumin yang dapat meredakan rasa sakit dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Jamu ini juga populer di kalangan wanita yang tengah nyeri haid.

3. Susu jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang mampu meredakan nyeri otot, terutama rematik. Ditambahkan susu dalam penyajiannya adalah agar tubuh Anda menjadi lebih kuat. Susu mengandung banyak kalsium yang baik untuk tulang. Selain itu, rasa pedas yang terkandung di dalam jahe juga dapat menghangatkan tubuhmu.

4. Temulawak

Temulawak memiliki kandungan yang sama dengan kunyit, yaitu kurkumin. Namun, yang membedakan adalah rasanya. Jamu ini lebih pahit. Biasanya, setelah meminum temulawak dilanjutkan dengan air jahe yang ditambahkan dengan gula. Gunanya, untuk menetralisir rasa pahit di dalam mulut.

5. Wedang Uwuh

Jika dilihat dari penampilannya memang kurang menarik karena seperti sampah. Namun, khasiatnya itulah yang terpenting. Wedang Uwuh terbuat dari beberapa rempah, seperti jahe, pala, serai, kayu manis, dan secang yang membuatnya berwarna merah. Rasanya sendiri cenderung pedas dan manis. Kehangatan yang didapat akan menghilangkan kelelahan yang Anda alami.(rri.co.id).