Bentang Alam di Bumi

Bumi adalah gambar yang indah. Dalam gambar ini, ada dataran tak berujung dan pegunungan bergulir, ada sungai dan danau tak berujung, ada gurun dan gletser yang Tembus Kristal …

Bumi terus berubah penampilannya dengan sendiri dalam miliaran tahun. Di bawah pengaruh dan dari banyak faktor seperti gerakan kerak di dalam bumi dan sinar matahari eksternal, hujan, dan angin, banyak lingkungan bentuk lahan yang indah dan banyak lanskap geologi juga lahir.

Ada enam bentang alam utama di bumi: bentang alam gletser, bentang alam pesisir, bentang alam Danxia, bentang alam karst, bentang alam vulkanik, dan bentang alam Yadan. Tiga jenis pertama diperkenalkan di bawah ini.

Bentuk lahan gletser adalah bentuk lahan yang dibentuk oleh gletser, yang termasuk dalam bentang alam iklim. Sekitar 11% dari permukaan bumi ditutupi oleh gletser. Ini terutama didistribusikan di pegunungan dan dataran tinggi kutub, sedang dan rendah.

Bentang alam pesisir adalah nama umum yang dibentuk di bawah aksi umum pergerakan kerak dan faktor iklim. Perubahan periode es yang terus menerus selama periode keempat menyebabkan kenaikan dan penurunan permukaan laut yang tajam, yang mengakibatkan perubahan terus menerus di pantai. 6000 hingga 7000 tahun yang lalu, permukaan laut naik ke ketinggian yang setara dengan permukaan laut modern, membentuk garis dasar pantai modern, dan membentuk berbagai bentang alam pesisir.

Danxia landform: Danxia adalah istilah yang sangat penting dalam geografi. Ini mengacu pada pelapukan jangka panjang dan erosi aliran batu pasir merah, membentuk puncak gunung yang terisolasi dan bebatuan aneh yang curam. Ini adalah nama umum dari berbagai puncak aneh yang dikembangkan di sepanjang bagian vertikal batu pasir merah. Bentang alam Danxia terutama dikembangkan di tingkat Jurassic untuk periode ketiga.

Dalam proses pertumbuhan yang berkelanjutan, bumi juga menghasilkan serangkaian gerakan struktur geologi. Kita dapat secara langsung memahami struktur geologi sebagai deformasi atau perpindahannya di bawah aksi kerak. Justru karena struktur geologisnya, bentang alam yang berbeda disajikan. Karena ini, akan ada dataran dan gunung dan sungai di bumi. Dalam keluarga struktur geologi ini, dua hal berikut lebih umum:

1. Struktur fraktur: tegangan batuan terjepit dan berubah bentuk. Ketika batuan terjepit oleh kekuatan tertentu, batuan pecah menyebabkan kontinuitas lapisan batuan hancur. Struktur terobosan utama dibagi menjadi sendi dan kesalahan.

2. Struktur kemiringan: struktur kemiringan mengacu pada kemiringan lapisan batuan setelah gerakan cangkang tanah, sehingga sudut tertentu (5 derajat-85 derajat) muncul di lapisan batuan dan bidang horizontal. Ketika formasi batuan atas dari konstruksi kemiringan tunggal lebih sulit, bentuk lahan yang khas terbentuk.