Berapa Waktu Terlama Manusia Hidup di Luar Angkasa?

Sekolahnews.com – Ide untuk hidup di luar angkasa memang menjadi ide yang berkembang di antara para ilmuwan. Sejauh ini, manusia hanya mampu mengeksplorasinya dalam waktu yang singkat.

Tahukah kamu waktu terlama yang pernah dihabiskan manusia di luar angkasa?

Astronaut terlama di luar angkasa

Astronaut terlama di luar angkasa adalah Valery Polyakov asal Rusia. Ia menghabiskan waktu 438 hari di luar angkasa dari Januari 1994 hingga Maret 1995. Ia bekerja di Stasiun Luar Angkasa Mir sebagai astronaut pertama yang memiliki kemampuan di bidang medis.

Selama bertugas, ia bertanggung jawab memonitor kesehatan kru yang datang ke stasiun tersebut. Tidak hanya itu, Valery juga melakukan studi dampak mikrogravitasi terhadap tubuh. Selain itu, ia juga meneliti bagaimana pengaruh hilangnya gravitasi di luar angkasa terhadap keseimbangan pada telinga bagian dalam dan sistem saraf pusat. Inilah yang menyebabkan astronaut mengalami kelelahan yang luar biasa pada akhir penerbangan luar angkasa.

Astronaut terlama di luar angkasa secara kumulatif

Jika Valery mengalami misi terlama di luar angkasa dalam satu misi, ada astronaut lainnya yang juga mengalami hidup terlama di luar angkasa, namun ditempuh dalam beberapa kali misi.

Gennady Padalka adalah astronaut dengan waktu terlama di luar angkasa, yaitu 878 hari yang terbagi ke dalam lima penerbangan luar angkasa. Gennady menghabiskan waktunya untuk melakukan misi di dua stasiun luar angkasa, yaitu Stasiun Luar Angkasa Mir dan International Space Station (ISS).

Ia merupakan pilot senior dari Russian Air Force dan bukan orang medis seperti Valery.

Wanita terlama di luar angkasa

Astronaut wanita yang memegang rekor hidup di luar angkasa dengan durasi terlama adalah Christina Koch asal Amerika.

Christina melakukan penerbangan luar angkasa selama 328 hari dari Maret 2019 sampai Februari 2020. Christina merupakan ahli teknik mesin. Misi ini menjadi satu-satunya misi luar angkasa yang pernah ia jalani.

Astronaut wanita lainnya yang juga memegang rekor terlama di luar angkasa dalam akumulasi beberapa misi adalah Peggy Whitson asal Amerika Serikat. Ia menghabiskan total 665 hari di stasiun luas angkasa yang terbagi ke dalam beberapa misi. Bahkan pada usia 57 tahun, ia juga melakukan terbang ke luar angkasa dan menjadi astronaut tertua yang melakukan misi. Itu dia waktu terlama manusia berada di luar angkasa beserta namanya. Menurutmu, apakah mungkin manusia bisa tinggal di luar angkasa suatu hari nanti?(kompas.com).