Bosch Ciptakan Visor Mobil Berteknologi AI

SekolahNews — Ajang pamer elektronik sejagad Consumer Electronic Show (CES) selalu penuh kejutan. Salah satu produk yang mendapat mendapat penghargaan sebagai Best of Innovation dalam CES 2020 Innovation Awards adalah Bosch Virtual Visor, Ini adalah visor pelidung matahari versi abad ini.

Seperti klakson, pelindung sinar matahari (sun visor) adalah fitur mobil yang nyaris tak tersentuh inovasi dalam seratus tahun sejarah mobil.

Baca juga: Perkenalkan ELANG HITAM, Drone buatan Indonesia

Bentuk dan fungsinya sama seperti puluhan tahun lalu. Virtual Visor memiliki ukuran dan bentuk yang sama dengan pelindung sinar matahari standar. Bedanya Virtual Visor adalah panel LCD Transparan.

Virtual Visor ini dilengkapi kamera yang memonitor wajah pengemudi. Selain menganalisa kontur wajah pengemudi juga memantau secara presisi bagaimana sinar matahari mengenai wajah pengemudi.

Bosch Virtual Visor (Dok. Bosch)

Kecerdasan buatan kemudian menganalisa dan mengindentifikasi dimana posisi mata pengemudi dan secara otomatis memberi warna pada segi enam di Virtual Visor untuk menciptakan bayangan yang melindungi mata dari sinar matahari yang menyilaukan.

Baca juga: Toyota Luncurkan Kendaraan Otonom

Pergerakan mobil, pergerakan lokasi dan pergerakan sinar matahari akan mengubah-ubah jatuhnya sinar matahari di mata pengemudi. Dan Virtual Visor secara kontinu mengubah posisi segi enam pelindungnya. Proses ini terjadi secara real time; Virtual Visor menyesuaikan dirinya dengan perubahan kondisi cahaya.

Virtual Visor yang tidak tertimpa sinar matahari tetap transparan sehingga tidak mengganggu visibilitas. Bosch mengklaim bahwa Virtual Visor sangat efektif pada waktu fajar dan senja. (Business Insider)