Cara Mencegah Menu Konteks Windows 11 Lambat, Item Hilang, dan Tidak Berfungsi

Dok. The Verge

Sekolahnews – Sebagai sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 11 telah menerima banyak pujian untuk fitur penggunanya yang baru. Namun demikian, tetap ada saja masalahnya, dan satu keluhan yang sering terjadi adalah menu konteks yang lambat atau hilang. Berikut beberapa kemungkinan perbaikan untuk menu konteks Windows 11 yang lambat atau tidak berfungsi :

Apa itu Menu Konteks?

Kamu dapat mengakses menu konteks dengan mengklik kanan item seperti file, folder, atau desktop. Kamu juga dapat menyebutnya sebagai menu klik kanan atau menu pintasan. Pengguna dapat membuka, menghapus, menyalin, mengganti nama, dan menyalin file dari menu konteks, serta mengakses opsi khusus untuk aplikasi pihak ketiga.

Menu konteks Windows 11 mungkin lambat atau hilang karena berbagai alasan. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya :

1. Driver kadaluarsa atau rusak : Driver perangkatmu dapat mempengaruhi kinerja menu konteks jika kadaluarsa atau rusak.

2. Aplikasi pihak ketiga : Perangkat lunak tambahan, seperti antivirus atau perangkat lunak pengoptimalan sistem, dapat bertentangan dengan menu konteks.

3. Sumber daya sistem tidak mencukupi : Jika kamu tidak memiliki cukup CPU, memori, atau penyimpanan, menu konteks mungkin tidak muncul.

4. Masalah registry : Kunci registri yang rusak atau kesalahan dalam registri juga dapat menghambat kinerja menu konteks.

Perbaikan Menu Konteks Windows 11 lambat, item hilang :

1. Update driver
Driver perangkat adalah program perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi berkomunikasi dengan perangkat keras. Ini dapat mempengaruhi kinerja perangkat keras, serta menu konteks, jika driver sudah usang, hilang, atau rusak

1. Driver perangkat Windows 11 dapat diperbarui dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

2. Dari menu, pilih “Device Manager” menggunakan tombol “Win + X”.

3. Arahkan ke jendela Device Manager dan temukan perangkat yang menyebabkan masalah menu konteks. Kamu mungkin perlu memperbarui mouse atau driver touchpad jika mengalami masalah dengan menu klik kanan.

2. Update windows

Kamu harus memeriksa apakah pembaruan Windows tersedia untuk sistemmu, jika mengalami bug atau masalah kinerja, periksa pembaruan dengan mengikuti langkah berikut :

1. Menggunakan tombol “Win + I”, buka aplikasi Pengaturan.

2. Pilih “Perbarui dan Keamanan.”

3. Kemudian klik “Pembaruan Windows.”

4. Klik “Periksa Pembaruan.”update windows

3. Restart File Explorer
Memulai ulang File Explorer, yang mengelola desktop Windows dan sistem file, adalah solusi pertama yang dapat dicoba. Menu konteks di File Explorer bisa menjadi lambat atau tidak responsif karena kesalahan. Ikuti langkah berikut :

1. Di taskbar, klik kanan dan pilih “Pengelola Tugas.”

2. Gulir ke bawah tab “Proses” untuk menemukan “Windows Explorer.”

3. Klik kanan ikon Windows Explorer dan pilih “Restart.”