Coba Yuks…Beasiswa Kuliah Seni S1 – S2 Korea AMA Scholarship

Bagi kamu yang sedang mencari beasiswa kuliah seni dengan beasiswa penuh, ada tawaran menarik dari salah satu universitas di Korea Selatan berikut ini. Korea National University of Arts (K-Arts) merupakan universitas seni terkemuka di Korea Selatan dan saat ini sedang menawarkan Program Art Major Asian (AMA) Scholarship bagi pelamar internasional (termasuk Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1 atau S2 Seni dengan beasiswa penuh, seperti yang dilansir dari laman indbeasiswa.com

Beasiswa Kuliah Seni S1 – S2 di Korea Selatan AMA Scholarship

Program studi yang ditawarkan cukup banyak, diantaranya: Vocal Music, Instrumental Music, Composition, Conduction, Acting, Directing, Stage Design, Theatre Studies, Film Making, Broadcasting, Multimedia, Animation, Cinema Studies, Dance Performance, Choreography, Dance Theory, Fine Arts, Design, Art Theory, Architecture, dan banyak lagi.

CAKUPAN BEASISWA:

  1. Gratis biaya perkuliahan S1 atau S2 (full tuition fee)
  2. Tiket pesawat PP Indonesia – Korea Selatan pada saat awal dan akhir penerimaan beasiswa
  3. Tunjangan bulanan senilai 800.000 won (±Rp 9,2juta) setiap bulan
  4. Gratis kursus bahasa Korea selama 4 bulan sebelum masa perkuliahan
  5. Asuransi kesehatan standard
  6. Pengalaman kebudayaan

PERSYARATAN:

  1. Merupakan warga negara yang telah ditentukan (termasuk Indonesia).
  2. – Untuk pelamar program S1: Merupakan lulusan atau akan lulus dari SMA/SMK/Sederajat/Universitas paling lambat tanggal 28 Februari 2021.
    – Pelamar program Master harus telah menyelesaikan studi S1/D4.
    – Pelamar yang akan lulus pada tanggal 28 Februari 2021 harus menyertakan Surat Kelulusan Sementara pada saat pendaftaran beasiswa, kemudian menyerahkan salinan resmi ijazah ke pihak K’Arts paling lambat tanggal 28 Februari 2021.
  3. Memiliki kondisi kesehatan yang baik (secara fisik maupun mental).
  4. Tidak memiliki batasan dalam bepergian ke luar negeri.
  5. Memiliki bakat seni, talenta, dan catatan akademik yang memuaskan.
  6. Pelamar melampirkan minimal 3 (tiga) Surat Rekomendasi disertai kontak dan tanda tangan asli dari para pemberi rekomendasi. Bagi yang mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah, Kementerian, Kedutaan Besar Korea Selatan di negara asal, Rektor Perguruan Tinggi/Institusi asal dan/atau kepala pemerintahan yang telah disetujui akan mendapatkan poin seleksi tambahan.
  7. Kandidat yang terpilih menjadi penerima beasiswa harus tiba di Korea sebelum November 2020 dan mengikuti Kursus Bahasa Korea.
  8. Memenuhi persyaratan khusus, ketentuan, dan portofolio yang dibutuhkan oleh masing-masing jurusan/program studi yang dituju (Pastikan anda mengecek persyaratan khusus pada jurusan/program studi yang dituju).

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. Formulir Pendaftaran [Form 1]
  2. Pengenalan Diri [Form 2]
  3. Rencana Studi [Form 3]
  4. Penilaian Kesehatan [Form 4]
  5. Tiga (3) buah Surat Rekomendasi [Form 5]
  6. Salinan resmi ijazah dari tingkatan yang sebelumnya dan telah dilegalisasi. Untuk pelamar S2, harus menyertakan ijazah S1. Untuk pelamar S1, harus menyertakan ijazah SMA/SMK/sederajat atau Surat/Sertifikat Kelulusan Sementara
  7. Salinan resmi transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  8. Salinan Paspor (halaman penuh)
  9. Salinan Sertifikat Kemampuan Bahasa Korea atau Bahasa Inggris (TOPIK/TOEFL/IELTS)
  10. Sertifikat pengalaman kerja yang relevan, penghargaaan dan/atau prestasi lainnya (opsional)
  11. Portofolio (beri nama pada setiap halaman/portofolio yang anda serahkan)

NOTE:

  1. Untuk Form 1 s/d Form 5 dapat anda temukan pada link berikut: http://www.karts.ac.kr/en/news/notice_view.do?BB_SEQ=187&RNUM=1. Klik tulisan “2021 AMA+ Scholarship Application Form & Guideline.doc”.
  2. Seluruh dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Korea menggunakan jasa penerjemah tersumpah (misal: Ijazah atau Transkrip Nilai). Kemudian sertakan salinan dalam bahasa asli (Indonesia) bersama dengan dokumen hasil terjemahan.
  3. Seluruh dokumen harus menggunakan kertas A4, urutkan dokumen berdasarkan isian data Form 1.
  4. Pengisian format tanggal: YYYY.MM.DD.

CARA MENDAFTAR:

Untuk mendaftar Beasiswa Kuliah Seni Program S1 – S2 di Korea Selatan oleh AMA Scholarship, pelamar dapat melengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas. Kemudian kirimkan via pos ditujukan kepada:
Attn. AMA Manager
M505, Office of External Affairs 146-37, 32gil, Hwarang-ro, Seongbuk-gu, Seoul
Postal Code : 02789
Republic of Korea

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 30 MEI 2020. Pengumuman akhir para penerima beasiswa dilaksanakan pada Juli 2020. Para kandidat terpilih harus sudah tiba di Korea Selatan pada 31 Oktober 2020 dan mengikuti Kursus Bahasa Korea dari bulan November 2020 s/d Februari 2021.

Apabila ada informasi yang kurang jelas atau hal yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Kuliah Seni di Korea Selatan, kirimkan email kepada: global@karts.ac.kr (tuliskan pada judul email: [AMA 2020]). Selain itu anda juga dapat mengunjungi sumber website resminya: Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga bermanfaat!