Daftar Tempat Terbaik Ice Climbing

Ice climbing atau panjat es, merupakan aktivitas memanjat gundukan es yang ada di tebing.

Ice climbing atau memanjat di permukaan es mungkin kurang familier bagi masyarakat Indonesia. Namun bagi pecinta kegiatan ekstrem, aktivitas ini terlalu sayang buat dilewatkan dalam wishlist. Agar kegiatan ini berjalan lancar, kalian perlu melakukan persiapan matang. Berikut ini lokasi ice climbing terbaik:

Helmcken Falls, Kanada

Pada tahun 2011, dua legenda ice climbing yaitu Will Gadd dan Tim Emmett menjadi orang pertama di dunia yang berhasil mendaki air terjun setinggi 137 meter yang tertutup es di Air Terjun Helmcken, di Taman Provinsi Wells Gray, Kanada.

Duo ini mencapai prestasi dengan menantang empat jam paling mengancam dalam hidup mereka, termasuk suhu rendah -13 derajat Fahrenheit atau -25 derajat Celcius. Nggak hanya itu, ada juga semprotan es yang mematikan dan bongkahan es yang nggak stabil yang bisa meledak kapan aja.

Ouray Ice Park, Colorado

Ouray Ice Park di Colorado ini menawarkan 200 tanjakan dan lebih dari 1,6 km medan vertikal, dan menjadi lokasi yang dikunjungi oleh semua pemanjat profesional yang menyeimbangkan bobot mereka dengan kapak es.

Dengan banyaknya medan, banyak pendakian Ouray ditujukan buat pemanjat pemula dan menengah. Tapi, banyak juga beberapa lokasi WI6 dan WI7 kalau lo siap menghadapi salah satu area yang paling menantang di dunia.

The Secret, Skotlandia

Di Skotlandia, ternyata terdapat lokasi ice climbing yang disebut sebagai salah satu jalur es paling parah. Dikenal dengan nama “The Secret”, lokasi ini punya tingkat kesulitan di luar grafik 9. Pada tingkat ini, cedera parah atau kematian pun hampir pasti bagi semua pemanjat, kecuali yang udah paling berpengalaman.

Pemanjat profesional seperti Andy Turner pun udah pernah menjajal lokasi ini. Dalam sebuah videonya, Turner yang hanya bergerak beberapa langkah itu menjadi bukti kalau lokasi tersebut adalah tantangan ekstrem yang ditimbulkan dari rintangan vertikal sepenuhnya.

Mont Blanc, Pegunungan Alpen

Lokasi satu ini pastinya udah terkenal banget ya. Dengan keindahannya, tapi lokasi ini juga diiringi sama bahaya besar yang bisa mengintai. Itulah yang membuat Mont Blanc di Pegunungan Alpen Prancis, menjadi lokasi ice climbing paling ekstrem.

Faktanya, banyak insiden terkait longsoran salju yang menewaskan para  pendaki. Kejadian yang terlalu umum di permukaan gunung, di mana beberapa penopang batu dan perubahan suhu sering mengakibatkan longsoran es yang berbahaya.